[Video] Wawancara Eksklusif Ust. Abu Rusydan : HARBUL ISHOBAH AS-SIYASIYAH; JAMAAH JIHAD KOK BERPOLITIK?

KIBLAT.NET- Jagat pemikiran jihad di dunia maya sedang ramai memperbincangkan sebuah gagasan baru dari Abdullah bin Muhammad. Kali ini, pemilik [email protected] tersebut mengusung sebuah ide perlawanan politik (siyasi) dalam serial tulisan yang ia beri judul: Harbul Ishobah As-Siyasiyah.

Ide tersebut didasari fenomena perjuangan umat Islam di Libya pasca Gadhafi. Di mana sekelompok jihadis tetap fokus dan konsentrasi pada perlawanan senjata, sementara sekelompok jihadis lainnya mulai merambah ke gedung parlemen negeri tersebut, dengan alasan semaksimal mungkin mencegah alat negara menjadi predator gerakan jihad.

Sebagai sebuah ide baru, apalagi terlanjur ada dogma tertentu terkait istilah politik (siyasi), tentu saja mengundang pro dan kontra di kalangan para pemikir jihad lainnya. Namun, sebenarnya apa gagasan Abdullah bin Muhammad dengan Harbul Ishobah As-Siyasiyah-nya itu? Apakah ia mengajak gerakan jihad untuk meletakkan senjata dan membaur dalam parlemen di sebuah system demokrasi sebagaimana yang dilakukan oleh sebagian aktivis?

Wawancara Abu Rusydan ini sebagai pembukaan bagi diskusi tentang Harbul Ishobah As-Siyasiyah. Di dalamnya, narasumber yang juga dikenal sebagai pengamat gerakan jihad internasional memberikan pandangannya terhadap ide tersebut. Selain juga menyinggung bagaimana seharusnya kelompok dan tokoh jihad mensikapi sebuah ide baru layaknya pemikiran Abdullah bin Muhammad ini.

Video ini dapat diunduh dan dilihat di sini.

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat