Pemberontak Syiah Hautsi Klaim Tembak Jatuh Jet Maroko

KIBLAT.NET, Saada – Kelompok pemberontak Syiah Hautsi melalui saluran berita resminya, Houthi Al-Masirah, mengklaim telah menembak jatuh pesawat jet tempur Maroko F-16 yang menyerang Yaman.

Sejumlah pengikut Syiah Hautsi memamerkan puing pesawat jet tempur Maroko itu sembari meneriakkan slogan ‘Matilah Amerika’.

Menurut kelompok pemberontak Hautsi di Yaman, pesawat jet tempur F-16 Maroko yang hilang misterius saat menggempur Yaman, sejatinya telah mereka tembak dengan rudal anti-pesawat. Lokasi penembakan itu terjadi di Wadi Nashour di Provinsi Saada barat laut.

Saluran berita Syiah Hautsi itu menunjukkan para anggota suku memikul senjata di atas bukit berbatu dan mengepalkan tangan mereka sembari meneriakkan, “Matilah Amerika!”.

Sedangkan, satu orang tampak memegang sepotong puing pesawat yang mereka klaim pesawat jet tempur F-16 Maroko.

”Meskipun senjata kami biasa dan sederhana, kami akan menembak jatuh semua pesawat mereka, Insya Allah,” kata salah satu anggota Hautsi.

Namun, Hautsi tidak menjelaskan nasib pilot pesawat tempur Maroko. Sedangkan Koalisi Teluk telah mengakui bahwa pesawat jet tempur F-16 Maroko yang hilang misterius saat menyerang Yaman, telah jatuh.

”Sekarang ada konfirmasi bahwa pesawat itu jatuh. Lokasi telah ditentukan,” kata juru bicara koalisi, Brigadir Jenderal Ahmed Asseri, Selasa (12/5/2015), seperti dilansir Reuters. ”Nasib pilot tetap tidak diketahui, tetapi kita memastikan bahwa, milisi Houthi dan sekutu mereka bertanggung jawa untuk keselamatan pilot.”

 

Sumber: Intelijen.co.id

Penulis: Fajar Shadiq

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat