AS Tegaskan Melindungi Israel

KIBLAT.NET, Washington – Wakil Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, menyatakan antara negaranya dan Israel saling mencintai dan melindungi. Hal itu diungkapkannya saat menghadiri perayaan Hari Kemerdekaan Israel di Washington, Kamis (23/04).

“Sudah sewajarnya bagi dua negara demokrasi seperti kita berdebat. Tapi kita saling mencintai, dan kita saling melindungi,” kata Biden, dalam acara yang digelar oleh Kedutaan Besar Israel di Amerika itu.

Pernyataan Biden tersebut diduga sebagai bagian dari upaya meredam suasana yang memanas setelah langkah Obama dalam mencari kesepakatan nuklir dengan Iran. Bulan lalu perdana menteri Benjamin Netanyahu mencerca langkah Obama tersebut saat berbicara di Kongres Amerika Serikat, atas undangan partai Republik.

Dalam kesempatan tersebut, Biden menyatakan bahwa pemerintahan Obama akan tetap komitmen terhadap upaya kesepakatan nuklir dengan Iran, yang akan menjaga keamanan Israel. Dia mengatakan kemungkinan opsi militer untuk menangani Iran masih tetap ada.

Wakil Presiden Amerika Serikat itu juga mengatakan bahwa negaranya akan mengirimkan jet tempur F-35 baru ke Israel mulai tahun depan. Hal itu dilakukan untuk mempertahankan keunggulan militer sekutu zionisnya tersebut di Timur Tengah.

“Itu pesawat terbaik kami, yang akan membuat Israel satu-satunya negara di Timur Tengah yang memiliki pesawat tempur generasi kelima ini,” kata Biden.

“Tahun depan kami akan mengirimkan F-35 ke Israel,” ujarnya.

Sumber: jpost.com
Penulis: Imam Suroso

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat