... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

Islamophobia dan Muslim Barat yang Kena Getah Taqiyah

Foto: Syaikh Hamza Yusuf (kiri).

KIBLAT.NET – Istilah Islamophobia diketahui pertama kali digukan oleh Alphonse Étienne Dinet dan Sliman ben Ibrahim dalam sebuah buku biografi Nabi Muhammad berbahasa Prancis yang terbit tahun 1918. Istilah ini mendapatkan elaborasi yang lebih jauh di dalam laporan Runnymede Trust pada tahun 1997.

Laporan tersebut menggambarkan adanya sikap antipati, benci, dan pada tahap tertentu takut yang tidak rasional kepada agama Islam dan komunitas Muslim di kalangan masyarakat Inggris. Ketakutan tak beralasan itu melahirkan tindakan diskriminasi dan perlakuan buruk lainnya kepada orang-orang Islam, khususnya mereka yang bermukim di negeri-negeri barat.

Dampak dari Islamophobia di Barat tidaklah main-main, nyawa muslim tak berdosa adalah harga yang harus dibayarkan. Sederet nama para martir yang jadi korban bisa kita sebut. Mulai dari Marwa Al-Sherbini yang meninggal ditikam dalam keadaan hamil hanya karena jilbabnya di Jerman. Hingga tiga mahasiswa muslim yang ditembak mati di Chapel Hill, awal tahun ini.

Sungguh sebuah penyakit sosial yang menakutkan, lalu apa hubungannya dengan taqiyah? Berikut akan dijelaskan uraiannya.

Tidak semua orang Barat mengidap penyakit ini. Banyak dari mereka yang menyadari betul kesalahan fatal di balik generalisasi bahwa setiap muslim adalah teroris. Namun demikian, elemen-elemen anti Islam tidak lelah-lelahnya membesar-besarkan api Islamophobia. Mereka menempuh segala cara, salah satu yang kerap menjadi senajata para Islamophob adalah propoganda tentang taqiyah.

BACA JUGA  Polisi "Salah Tembak" 3 Warga Sipil, DPRD Akan Gelar RDP dengan Kapolda Sulteng

Seperti yang telah kita ketahui, taqiyah adalah doktrin Syiah yang membolehkan berbohong demi menutupi identitas kesyiahan. Ketika mendapati adanya ajaran ini, kaum anti Islam sangat senang. Mereka menjadikannya sebagai dalih bahwa setiap pembelaan yang diberikan oleh ulama-ulama dan para tokoh Muslim di Barat hanyalah taqiyah.

Parahnya, mereka tidak mau tahu tentang perbedaan Sunni dan Syiah. Mereka secara serampangan menuduh setiap muslim yang berbuat baik sesungguhnya sedang bertaqiyah.

Propaganda taqiyah menjadi salah satu duri penghalang bagi para ulama di Barat. Setiap mereka mencoba menyajikan kecantikan Islam, kaum Islamophob akan berteriak, “he is practising taqiya”. Ulama kenamaan di Barat yang sempat mengalaminya adalah Syaikh Hamza Yusuf dan Dr. Tim Winter.

Syaikh Hamza, muallaf yang belajar Islam langsung kepada ulama-ulama Syinqit ini mengeluhkan propoganda taqiyah yang telah membuat dirinya dan Dr. Tim Winter kerepotan. Ketika itu, Dr. Winter dipojokkan sebab dituding mengeluarkan pernyataan yang mengancam kelompok masyarakat tertentu.

Ketika Syaikh Hamza dan Dr. Winter hendak memberikan klarifikasi untuk menjernihkan persoalan, keduanya langsung dituding sedang bertaqiyah. Padahal kedua tokoh ini adalah ulama Ahlussunnah.

Dengan merujuk kepada Imam al-Juwaini, akhirnya Syaikh Hamza menuliskan artikel khusus di situs pribadinya bahwa berdusta ala taqiyah adalah kebiasaan Syiah, bukan Ahlussunnah. Entahlah apakah kelompok anti-Islam mau menerima penjelasan tersebut, yang pasti hingga detik ini kita masih bisa membaca propoganda taqiyah di situs-situs mereka.

BACA JUGA  Generasi Pendahulu: Generasi yang Unik

Akhirnya, Islamophobia adalah cobaan berat yang harus dialami terutama oleh saudara-saudara muslim kita di Barat sana. Cobaan ini diperberat oleh propoganda taqiyah. Kaum anti-Islam sering menjadikannya dalih untuk mementahkan semua penjelasan komunitas muslim di Barat. Sungguh, taqiyah tidak mendatangkan apa-apa kecuali keburukan.

 

Ditulis oleh : Ayub, Penulis Bina Qalam Indonesia


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Jika Melanggar HAM, Polisi Harus Berikan Hak Remidi pada Korban

KIBLAT.NET, Jakarta – Komisioner Komnas HAM, Muhammad Nurkhoiron menyatakan bahwa penindakan yang dilakukan aparat kepolisian khususnya...

Sabtu, 28/03/2015 19:10 0

Indonesia

Komnas HAM Mulai Kumpulkan Bukti-bukti Pelanggaran Densus 88

KIBLAT.NET, Jakarta – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) akan mulai melakukan pengumpulan bukti-bukti...

Sabtu, 28/03/2015 18:25 0

Info Event

Jurnalis Islam Bersatu (JITU) Buka Rekrutmen Anggota Baru, Ayo Gabung!

KIBLAT.NET – Jurnalis Islam Bersatu (JITU), sebuah organisasi jurnalis Muslim untuk menghasilkan karya jurnalistik yang...

Sabtu, 28/03/2015 18:03 0

Indonesia

Heboh Berita ISIS di Indonesia, Sebuah Untold Story (Bag 2)

Lanjutan dari berita sebelumnya: Ketika  Musim  Proyek  Baru  Tiba Polisi  masih  bersikukuh  untuk  menahan  12 ...

Sabtu, 28/03/2015 17:18 0

Indonesia

Heboh Berita ISIS di Indonesia, Sebuah Untold Story (Bag 1)

KIBLAT.NET, Jakarta – Masyarakat Indonesia beberapa waktu terakhir dihebohkan dengan berita hilangnya 16 warga Indonesia...

Sabtu, 28/03/2015 15:05 0

Profil

Mengenal Salafi Jihadi

Seiring meredupnya cahaya Islam di muka bumi, keadilan dan kebenaran seolah semakin sulit dicari. Ketika...

Sabtu, 28/03/2015 13:12 1

Indonesia

Begini Cara Densus 88 Lacak “Jaringan Teroris” Melalui Rekening

KIBLAT.NET, Jakarta – Selain informasi intelijen, Detasemen Khusus 88 Antiteror atau yang lebih dikenal Densus...

Sabtu, 28/03/2015 10:30 0

Amerika

Bertato ISIS, Pria Ini Dipecat dari Pekerjaannya

KIBLAT.NET, Long Island – Anomali pemberitaan ISIS ternyata bukan hanya terjadi di Indonesia. Di negara...

Sabtu, 28/03/2015 09:01 0

Suriah

Warga Suriah Turun ke Jalan Dukung Operasi di Idlib

KIBLAT.NET, Idlib – Warga Suriah di sejumlah kota yang dikontrol pejuang, Jumat (27/03), turun ke...

Sabtu, 28/03/2015 08:40 0

Video Kajian

Tabligh: Mengapa Kita Harus Bersaudara?

KIBLAT.NET- Pada zaman sekarang ini, banyak terjadi perselisihan dan pertengkaran diantara kaum muslimin. Tidakkah mereka...

Sabtu, 28/03/2015 08:20 0

Close