... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

IDC Apresiasi Langkah Tabayun JITU Soal Penyaluran Bantuan

Foto: Silaturahim JITU dengan IDC pada Sabtu malam (07/02).

KIBLAT.NET, Bekasi – Dalam forum silaturahmi antara pengurus Jurnalis Islam Bersatu (JITU) dengan Infaq Dakwah Center (IDC) pada Sabtu malam (07/02), ialah terkait konflik antarmujahidin yang akhir-akhir ini kian melebar.

Perselisihan antar pendukung dua kubu mujahidin di Timur Tengah, ternyata berdampak cukup besar terhadap iklim pergerakan aktivis Islam di Indonesia.

JITU pun melakukan tabayun terkait adanya surat elektronik dari pembaca yang masuk ke redaksi sejumlah media Islam yang menuduh IDC melakukan diskriminasi dalam menyalurkan bantuan.

“Ada e-mail yang masuk ke media-media Islam yang tergabung dalam JITU menyoal kebijakan IDC. Katanya IDC tidak mau membantu keluarga mujahid yang tidak pro-ISIS,” ujar Zainal Muttaqin tanpa mau menyebutkan identitas pengirim surat tersebut.

Menyikapi hal itu, IDC mengapresiasi sikap wartawan JITU dari sejumlah media yang sudah bersikap bijak, untuk melakukan tabayun sebelum menaikkan berita tersebut. Dengan santai Direktur IDC menampik tudingan tersebut.

“Saya sudah tahu oknumnya, seorang ikhwan asal Solo yang sekarang di sijn Nusakambangan. Info itu sudah disebarkan ke sosial media. IDC sudah beritikad baik minta klarifikasi dari penulisnya, tapi dengan ketus dia bilang, ‘Urus saja urusan ente!’ Belakangan mereka mengirim utusan untuk menemui saya agar segera menemui mereka di Nusakambangan. Tapi saya tidak bisa memenuhi permintaan mereka karena IDC sangat padat,” papar Abu Mumtaz.

“Lha terus bagaimana sikap IDC menanggapi opini yang berkembang seperti itu?” timpal Zainal.

BACA JUGA  HNW Khawatir Pelibatan BNPT dan BPIP dalam Sertifikasi Dai

“Kalau ada donatur IDC yang menghentikan bantuannya kepada keluarga mujahidin setelah membaca fitnah itu, mereka harus bertanggungjawab di hadapan Allah di akhirat nanti,” sela Ahmed Widad.

“Ya biar saja ikhwan di sijn bilang apa aja tentang IDC. Para keluarga mujahid yang dibantu IDC semua tahu kok, kalau kita bantu semua pihak, tidak ada kaitannya dukung-mendukung kubu A atau B. Kita ini independen, insya Allah,” ujar Abu Mumtaz sembari memaparkan data-data keluarga mujahidin tidak pro ISIS yang dibantu IDC.

“IDC bikin wisma keluarga syuhada dan mujahidin, penghuninya terdiri dari berbagai macam kubu. Kita bikin berbagai event nasional untuk keluarga mujahidin, pesertanya juga dari berbagai macam kubu,” tambahnya.

Menyikapi email yang menuduh penyaluran bantuan IDC tidak merata, Abu Mumtaz mempersilahkan untuk menghubungi IDC, tidak malah mengumbar fitnah di media.

“Nomor HP direktur IDC tersebar luas di media. Silahkan aja lapor kalau ada ummahat yang butuh bantuan. Nanti kita survey langsung. Saya jamin dalam survey tidak akan ada pertanyaan ‘Anda pro A atau pro B?” jelasnya berkelakar.

Usai bincang-bincang santai soal pengalaman kerja jurnalistik di lapangan dan banyak hal yang bisa dikerjasamakan, acara ditutup sekira pukul 23.00 WIB. Semoga silaturrahim ini bisa menjadi persaudaraan yang berkah dan bermanfaat untuk Izzul Islam wal Muslimin.

 

Penulis: Ahmed Widad (Rilis IDC)

BACA JUGA  Komisi III DPR: Preman untuk Pendisiplinan Protokol Kesehatan Bisa Repot

Editor: Fajar Shadiq


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Yordania

Koalisi AS Umumkan Serangan Darat Besar-Besaran dalam Waktu Dekat

KIBLAT.NET, Amman – Koalisi internasional bentukan Amerika Serikat untuk memerangi Daulah Islamiyah, Ahad (08/02), mengumumkan...

Senin, 09/02/2015 12:00 0

Lebanon

Bantu Militer Lebanon, AS: Kami Memerangi Musuh yang Sama

KIBLAT.NET, Beirut – Amerika Serikat menyerahkan bantuan militer senilai $25 juta (316 miliar rupiah lebih)...

Senin, 09/02/2015 10:47 0

Tarbiyah Jihadiyah

Wejangan Abu Hafs Al-Maqdisi: Bekal Umat Meraih Kemenangan (1/2)

Runtuhnya Khilafah Utsmaniyah menjadi titik tonggak hilangnya supremasi Islam. Umat Islam sedunia memasuki babak baru...

Senin, 09/02/2015 10:10 0

Irak

Mullah Krekar: Perang Selanjutnya adalah Antara Syiah dan Sunni

Selama sekitar seperempat abad menjadi pengungsi politik di Norwegia, pendiri Ansharul Islam di Irak Kurdistan...

Senin, 09/02/2015 07:38 0

Philipina

Puluhan Anggotanya Tewas di Tangan Mujahidin Moro, Kepala Polisi Filipina Mundur

KIBLAT.NET, Manila – Presiden Benigno S. Aquino menerima surat pengunduran diri Kepala Kepolisian Filipina pada...

Senin, 09/02/2015 06:23 0

Yaman

Militan Tak Dikenal Bunuh Seorang Tentara Yaman

KIBLAT.NET, Baidha – Seorang tentara Yaman tewas pada Ahad, (08/02) dalam serangan di pusat provinsi Al-Baydaa Yaman,...

Senin, 09/02/2015 06:18 0

Yaman

Pemberontak Syiah Houtsi Culik 3 Aktivis HAM di Kota Al-Hudaydah

KIBLAT.NET, Al-Hudaydah – Pemberontak Syiah Houtsi menculik tiga aktivis HAM di bagian barat provinsi Al-Hudaydah Yaman...

Senin, 09/02/2015 05:12 0

Palestina

Seberangi Perbatasan Israel, Pemuda Palestina Ditangkap

KIBLAT.NET, Gaza – Tentara Israel pada hari Ahad, (08/02) menahan seorang pemuda Palestina dari Jalur Gaza...

Senin, 09/02/2015 00:56 0

Afrika

Tunisia Tangkap Puluhan Orang yang Baru Kembali dari Jihad Suriah

KIBLAT.NET, Tunis – Tunisia menangkap 32 orang yang sebagian di antara mereka baru kembali dari...

Ahad, 08/02/2015 21:00 0

Afrika

Aksi Balas, Mujahidin Al-Shabaab Serang Kediaman Pejabat Polisi Somalia

KIBLAT.NET, Moghadisu – Setidaknya dua orang tewas ketika mujahidin Al-Shabaab menyerang rumah seorang pejabat senior...

Ahad, 08/02/2015 20:24 0

Close