... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Gerombolan Pemabuk Batalkan Tabligh Akbar Tolak Syiah, Begini Kronologinya

Foto: Masjid As-Saadah Sentul

KIBLAT.NET, Bogor – Sejumlah orang yang mengaku berasal dari Forum Betawi Rempug (FBR) merangsek ke dalam Masjid Jami’ As Sa’adah Perum Mutiara Sentul, Cibinong, Bogor. Mereka memaksa pembatalan acara Tabligh Akbar Umat Islam Bersatu Menolak Syiah yang sedianya akan digelar di masjid itu pada Ahad (01/02) pagi.

Suasana tenang di kompleks Perumahan Mutiara Sentul pada Sabtu (31/01) mendadak berubah menjadi riuh. Pasalnya, sejumlah orang yang sebagian dalam kondisi mabuk, memaksa masuk kompleks perumahan tersebut.

Aparat keamanan kompleks tak dapat mencegah orang-orang yang mengaku berasal dari Forum Betawi Rempug (FBR) itu.

Para pemabuk itu memasuki Masjid Jami’ As-Sa’adah yang ada di dalam kompleks Perum Mutiara Sentul. Jumlah mereka awalnya hanya 6 orang, namun orang-orang yang rupanya satu komplotan dengan mereka terus berdatangan.

Keheningan di Perum Mutiara Sentul seketika pecah saat orang-orang FBR itu mencabut paksa spanduk acara Tabligh Akbar “Umat Islam Bersatu Menolak Syiah” yang rencananya akan digelar keesokan harinya. Tak cukup sampai disitu, mereka juga melontarkan kata-kata kasar kepada panitia acara itu. Mereka menuntut acara tersebut dibatalkan.

Menurut pantauan reporter Kiblat.net yang saat itu berada di lokasi, ketika takmir dan warga sekitar masjid mencoba mengajak mereka berbicara mereka justru melontarkan kata-kata bernada ancaman.

Mereka juga menyatakan tidak akan membubarkan diri sebelum panitia dan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Jami’ Assa’adah menandatangai perjanjian yang menjadi tuntutan mereka.

BACA JUGA  ACT Usulkan Lumbung Pangan Wakaf untuk Atasi Kemiskinan

Mereka memaksa acara itu dibatalkan dengan alasan yang konyol, yaitu tabligh akbar itu bertentangan dengan UUD 1945. Melihat massa yang semakin arogan menggangu ketentraman dengan berterik-teriak dan tidak mau diajak berdiskusi, panitia acara Tabligh Akbar dan DKM Jami’ Assa’adah akkhirnya menuruti tuntutan mereka.

Dalam perjanjian itu mereka menuntut Tabligh Akbar “Umat Islam Bersatu Menolak Syiah” acara harus dibatalkan. Panitia dan DKM juga tidak boleh menyelenggarakan acara serupa dan seterusnya.

Pamflet Tabligh Akbar Tolak Syiah di Sentul.

Pamflet Tabligh Akbar Tolak Syiah di Sentul.

 

Perwakilan Babinsa dan Polres Bogor yang saat itu datang ke lokasi tak dapat berbuat banyak, dan turut serta dalam pembuatan perjanjian tersebut.

Setelah tuntutannya dipenuhi, orang-orang yang mengaku dari FBR itu kemudian membubarkan diri. Sementara panitia Tabligh Akbar “Umat Islam Bersatu Menolak Syiah” segera menggelar rapat.

Akhirnya, disepakati bahwa acara tabligh akbar tetap digelar keesokan harinya dan KH Habib Achmad bin Zein Alkaf sebagai salah satu pematerinya. Namun lokasi acara dipindahkan ke Masjid Al Musyaddad Komplek LIPI Cibinong, Bogor.

Di tempat terpisah, dalam ceramahnya di Masjid Al-Falah Yasmin sektor 6 Kota Bogor Sabtu (31/01) malam, KH Habib Achmad bin Zein Alkaf memberikan motivasi kepada panitia tabligh akbar tersebut. Ulama yang juga Pengurus Wilayah NU Jawa Timur ini juga mengajak umat Islam menggalang persatuan melawan Syiah.

BACA JUGA  Sebut Agama Musuh Pancasila, KAMMI Anggap BPIP Bikin Gaduh

“Tidak usah takut sama Syiah,” kata Ketua Front Anti Aliran Sesat itu.

Setelah mendapatkan dukungan dari masyarakat dan pihak keamanan, acara Tabligh Akbar “Umat Islam Bersatu Menolak Syiah” akhirnya tetap digelar Ahad (01/02) pagi ini. Bertempat di Masjid Al Musyaddad Komplek LIPI CSC Cibinong, Bogor acara tersebut dimulai sekitar pukul 08.30, dan ramai dihadiri kaum muslimin.

 

Reporter : Ali Azmi, Imam Suroso

Editor : Fajar Shadiq

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Inggris

Aktivis Islam Inggris Tolak RUU Kontra-Terorisme

KIBLAT.NET, London – Gabungan aktivis Islam dari berbagai latar belakang etnis dan profesi menggelar kampanye...

Ahad, 01/02/2015 19:25 0

Amerika

Mantan Menhan AS: Akhirnya, Pasukan Darat AS Perlu Terjun ke Iraq

KIBLAT.NET, Washington- Mantan menteri Pertahanan Amerika Serikat Chuck Hagel mengatakan bahwa pada akhirnya, AS mungkin...

Ahad, 01/02/2015 19:04 0

Artikel

Karakter Kebenaran dan Kebatilan, dan Inilah Takdir Masing-Masing

KIBLAT.NET – Sebuah pertanyaan dilontarkan kepada tokoh pergerakan jihad asal Yordania, Abu Qatadah Al-Falistini: Saya...

Ahad, 01/02/2015 11:53 0

Suriah

Video ISIS Tampilkan Pemenggalan Sandera Jepang Kenji Goto

KIBLAT.NET – Sebuah video dirilis pada hari Sabtu, 31 Januari 2015, yang dimaksudkan untuk menunjukkan...

Ahad, 01/02/2015 08:37 0

Amerika

Masjid Khusus Perempuan di Amerika, Ini Komentar Netizen

KIBLAT.NET – Lebih dari seratus wanita, Jumat 30 Januari 2015, berkumpul di interfaith Pico-Union Project...

Ahad, 01/02/2015 08:08 0

Lebanon

Nasrallah Ancam Mundur Bila Iran Tidak Segera Kirim Bantuan Keuangan

KIBLAT.NET – Sekretaris Jenderal Hizbullah Hassan Nasrallah mengirim pesan kepada Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei,...

Ahad, 01/02/2015 06:53 0

Lebanon

Iran Ingin Hubungannya dengan Arab Saudi Berjalan Baik

KIBLAT.NET, Beirut – Salah seorang pejabat Iran mengatakan pada Jumat, (30/01) bahwa negaranya menginginkan hubungan baik...

Sabtu, 31/01/2015 20:27 0

Yaman

Partai Ali Abdullah Saleh Turut Gabung Pertemuan Syiah Houtsi

KIBLAT.NET, Sanaa – Pemberontak Syiah Houtsi menggelar pertemuan yang mereka klaim dilakukan untuk mengakhiri krisis...

Sabtu, 31/01/2015 20:04 0

Analisis

Pudarnya Imperium AS (4/4): Tanda-tanda Imperium Amerika Serikat Akan Runtuh

Layaknya sebuah sistem, imperium juga mengalami siklus hidup. Mulai dari benih, hingga masa gugur atau...

Sabtu, 31/01/2015 20:00 0

Tarbiyah Jihadiyah

Serial Tazkiyatun Nafs Mujahid (7/7): Nasehat Syaikh Ibnul Qayyim Al-Jauziyah

Nasihat-nasihat yang terurai dari Syaikh DR. Muhammad Bin Faishal Al-Ahdal ditujukan kepada semua harakah-harakah jihad...

Sabtu, 31/01/2015 16:00 0

Close