... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Sudah 4 Tahun Pindah 4 Kali, BNPT Mengeluh Tak Punya Kantor Permanen

Foto: Kepala BNPT, Saud Usman Nasution. Foto: Kiblat.net

KIBLAT.NET, Jakarta – Kepala BNPT, Komjen Saud Usman Nasution mengeluh kepada anggota DPR. Pasalnya, sudah sekian tahun Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) berdiri, namun tak juga memiliki gedung atau kantor secara permanen.

Saud menuturkan, kantor tempat bekerja BNPT dalam kurun waktu empat tahun sudah berpindah sebanyak empat kali. Hal tersebut diungkapkan Kepala BNPT, Komjen Saud Usman Nasution dalam rapat kerja dengan Komisi III di Gedung DPR, Kamis (29/1). “Dalam kurun waktu empat tahun, kami sudah pindah kantor empat kali,” ujarnya.

Dalam paparannya, Saud mengatakan dengan tidak memiliki gedung atau kantor secara permanen, berdampak tak dapatnya memasang peralatan dan perangkat secara permanen. Padahal sebagai badan penanggulangan tindak pidana terorisme, diperlukan perangkat yang terpasang di kantor BNPT. Hal itu pula menjadi keluhan Saud kepada Komisi III.

Saud mengakui untuk sewa gedung amatlah mahal. Apalagi permintaan penambahan anggaran BNPT oleh DPR kala itu tak juga diamini Komisi III.

Menurutnya, kantor dengan menyewa gedung yang ditempati terakhir dinilai tak nyaman. Soalnya, BNPT berkantor berdekatan dengan sebuah lembaga swadaya masyarakat. Terlebih, selain harga sewa yang meroket, juga telah memasuki habisnya masa kontrak sewa bangunan.

Alhasil, BNPT memutuskan angkat kaki dan kini berkantor di bilangan Sentul Bogor. Dikatakan jenderal polisi bintang tiga itu, kini BNPT dapat memasang sejumlah peralatan secara permanen. Namun dengan melihat anggaran yang minim, Saud tetap berharap agar Komisi III dapat memenuhi permintaan agar BNPT memiliki gedung atau kantor secara permanen.

BACA JUGA  Kashmir yang Terdampar

Mantan Wakabreskrim itu lebih jauh mengatakan sudah pernah berbicara dengan Menkopolhukam agar gedung BUMN yang rencananya akan dijual dapat digunakan BNPT, atau setidaknya dipinjamkan.

Sekalipun tidak gratis, BNPT siap menyewa sebagian gedung BUMN untuk dijadikan kantor. Namun kata Saud, pemerintah tak mungkin menyewakan gedung bagi lembaga negara.

Saud juga mengeluhkan minimnya personil yang dimiliki BNPT. Padahal lembaga yang bertanggungungjawab langsung kepada presiden ini justru minim infrastruktur dan sumber daya manusia. Bahkan, Saud sudah mengusullkan penambahan personil kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan).

Terhadap sejumlah keluhan itulah, Saud berharap Komisi III dapat memenuhi kekurangan insfrastruktur dan anggaran dalam rangka menjalankan tugas dan fungsi BNPT.

“Kami tolong dipenuhi penambahan personil. Kami lembaga baru dan learning by doing. BNPT belum punya sumber daya memadai, apalagi belum punya gedung,” ujar mantan Kadiv Humas Mabes Polri itu.

Menanggapi keluhan BNPT, Ketua Komisi III Aziz Syamsuddin mengatakan akan menjadi perhatian bagi komisinya. Termasuk, kurangnya anggaran yang menjadi kebutuhan dalam menjalankan tugas dan fungsi BNPT. “ Ini akan menjadi perhatian kita Komisi III khususnya,” ujarnya.

Anggota Komisi III Akbar Faisal menambahkan komisinya berupaya mendorong agar BNPT mendapatkan gedung atau kantor baru secara permanen. Namun Akbar berpandangan gedung seharga Rp210 miliar yang dulu pernah dijanjikan DPR periode lalu belum juga terwujud. Ia berharap periode ini, BNPT dapat segera memiliki gedung permanen.

BACA JUGA  Baru! Tradisi Ngambek dalam Dunia Literasi Indonesia

“Tapi saya kaget persoalan BNPT masih seperti ini. Saya mendukung BNPT memiliki kantor di luar Jakarta. Sentul juga bagus,” ujar politisi Nasdem itu.

Anggota Komisi III lainnya, Erma Suryani Ranik turut memberikan dukungannya agar BNPT segera memiliki gedung permanen. Menurutnya, BNPT pun mesti mengidentifikasi terhadap gedung yang bakal dijual oleh pihak lain. Ia pun berharap BNPT dapat menggunakan sebagian gedung BUMN yang banyak lowong.

“Kenapa tidak gedung itu (BUMN), red) saja buat BNPT, sehingga bisa pasang perangkat alat secara permanen untuk keamanan,” pungkas politisi Partai Demokrat itu.

Sumber: Hukum Online

Penulis: Fajar Shadiq

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afrika

Innalillah, Amir Anshar Syariah Libya Gugur

KIBLAT.NET, Benghazi – Gerakan Anshar Syariah Libya beberapa waktu lalu mengumumkan secara resmi gugurnya pemimpin...

Sabtu, 31/01/2015 12:57 0

Suriah

Lagi, Operasi Terowongan Mujahidin Luluh Lantakkan Markas Tentara Suriah

KIBALT.NET, Idlib – Mujahidin Suriah kembali melancarkan operasi peledakan gedung yang dijadikan markas tentara Suriah....

Sabtu, 31/01/2015 10:31 0

Artikel

Inilah Tantangan Penerapan Syariah

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا ادْخُلُوا فِي السِّلْمِ كَافَّةً وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ...

Sabtu, 31/01/2015 10:17 0

Info Event

Hadirilah! Tabligh Akbar Suriah dan Penggalangan Dana di Masjid Al-Husna Tanah Abang

KIBLAT.NET – Hadirilah! Tabligh Akbar Suriah dan penggalangan dana untuk kaum Muslimin di Bumi Syam. Dengan tema...

Jum'at, 30/01/2015 21:00 0

Irak

Tentara Iraq Hanya Bergeming saat Milisi Syiah Bantai 72 Warga Muslim di Diyala

KIBLAT.NET, Diyala – Milisi Syiah dilaporkan telah membantai sedikitnya 72 warga Muslim Sunni tak bersenjata...

Jum'at, 30/01/2015 20:08 0

Wilayah Lain

Boko Haram Mengancam, Uni Afrika Seru Pengerahan 7.500 Tentara

KIBLAT.NET, Abuja – Uni Afrika menyerukan pengerahan 7.500 pasukan tambahan dari lima negara anggotanya untuk...

Jum'at, 30/01/2015 11:55 0

Prancis

Dukung Penyerang Charlie Hebdo, Bocah Berusia 8 Tahun Ini Diinterogasi Polisi Perancis

KIBLAT.NET, Nice – Peristiwa baru-baru ini kembali memicu ketegangan di Perancis usai adanya laporan berita terbaru dari...

Jum'at, 30/01/2015 08:31 0

Turki

Pengadilan Kriminal Internasional Hentikan Penyelidikan Mavi Marmara, IHH Ajukan Banding

KIBLAT.NET, Ankara – Sebuah organisasi non-pemerintah (LSM) Turki mengajukan banding atas putusan Pengadilan Kriminal Internasional...

Jum'at, 30/01/2015 08:00 0

Afrika

Republik Afrika Tengah Tolak Kesepakatan Gencatan Senjata Antar Milisi Muslim-Kristen

KIBLAT.NET, Bangui – Pemerintah Republik Afrika Tengah (CAR) pada hari Kamis (29/1) menolak kesepakatan gencatan...

Jum'at, 30/01/2015 06:34 0

Mesir

Dua Orang Terluka dalam Pengeboman di Port Said, Mesir

KIBLAT.NET, Port Said – Dua orang terluka dalam pengeboman terbatas di provinsi timur laut, Port...

Jum'at, 30/01/2015 06:15 0

Close