... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Titian

Serial Tazkiyatun Nafs Mujahid (7/7): Nasehat Syaikh Ibnul Qayyim Al-Jauziyah

Foto: I'lamul Muwaqi'in, Kitab karya Syaikh Ibnul Qayyim Al Jauziyah Rahimahullah

Nasihat-nasihat yang terurai dari Syaikh DR. Muhammad Bin Faishal Al-Ahdal ditujukan kepada semua harakah-harakah jihad yang ada. Untaian kata ini beliau tulis sebagai upaya menjaga perjalanan gerakan jihad.

Karena terkadang, hal itu tidak terlepas dari klaim hukum dan aqidah yang menyelisihi manhaj Ahlus Sunnah wal Jamaah. Demikian juga, dalam rangka menjaga kebersihan hasil dan tujuan dari gerakan jihad itu sendiri.

Dr Faishal Al-Ahdal tergerak hatinya untuk menggoreskan tinta, guna membela para mujahidin di front terdepan (tsughur) dalam menghadapi orang-orang yang memusuhi Islam. Sekaligus menjaga persatuan dan kesatuan mujahidin dalam satu barisan, serta membela kehormatan mereka.

Selain itu, ulama Yaman ini memberikan nasihat dan peringatan bagi mujahidin agar mewaspadai hal-hal yang menjadikan amalan jihad sia-sia dan hasilnya percuma. Padahal, tidak semua muslim diberi kesempatan Allah untuk mengamalkan amalan tertinggi dalam Islam ini.

Sungguh suatu kerugian yang sangat besar manakala kesempatan langka yang diberikan Allah tetapi tidak dapat dimaksimalkan dengan sempurna. Sekali lagi, inilah bentuk pembelaan tersendiri dari Dr Faishal terhadap jihad dan mujahidin.

Beberapa kajian yang termaktub dalam seri-seri sebelumnya, bukanlah sekedar teori kosong. Semua yang tertulis adalah sebuah perjalanan melewati berbagai derita dan penelitian terhadap isu-isu tentang jihad dan mujahidin.

Pengalaman mereka –baik yang manis maupun pahit—pun juga ikut dijadikan landasan. Kajian-kajian yang tertulis didasari oleh Al-Quran dan Sunnah, serta pemahaman waqi’ dengan dilengkapi data-data dokumentatif. Selain itu, sebisa mungkin diberikan penilaian yang adil dan berimbang.

BACA JUGA  Akhirnya, Fahri Hamzah Dirikan Partai Politik

Awal Inspirasi

Sejatinya, penulisan nasihat-nasehat ini berawal dari kaidah yang disebutkan Ibnul Qayyim Al-Jauziyah tentang pilar-pilar datangnya kemenangan dan taufik, yakni ucapan beliau:

“Jika seorang hamba melaksanakan kebenaran terhadap orang lain dan sebelumnya kepada dirinya sendiri, lalu pelaksanaannya itu dengan (memohon pertolongan) kepada Allah dan (Ikhlas) karena Allah, maka tak akan ada sesuatu pun yang sanggup mengalahkannya. Seandainya langit, bumi dan gunung bersekongkol memusuhinya, Allah pasti mengalahkan mereka untuknya dan memberikan jalan keluar baginya. Hanyasanya seorang hamba itu dikalahkan tak lain adalah karena sikap meremehkan dan tidak sempurnanya dia dalam memenuhi tiga unsur ini, atau dua darinya atau salah satu darinya.” (I’lamul Muwaqqi’in : 2/178)

Jadi, penyusunan dan isi nasihat Dr Faishal disesuaikan dengan perkataan Syaikh Ibnul Qoyyim Al-Jauziyah di atas. Jika kita membuka lembaran awal pembahasan, maka akan kita jumpai pembahasan masalah hati dan tanda-tandanya. Kemudian selanjutnya adalah permasalahan Ikhlas dan penjabaran tawakal secara gamblang.

Semua dikemas dalam bahasa yang mengena dan tidak menghakimi kelompok mana pun. Niat beliau hanyalah meluruskan apa yang bengkok, dan mengokohkan apa yang telah tegak di jalannya.

Akhirnya pada lembaran terakhir Dr Muhammad bin Faishal Al-Ahdal menutup dengan ucapan Ibnul Qoyyim Al-Jauziyah ketika menutup kitabnya yang berharga, Madarijus Salikin, “Wahai pembaca, jika ada untungnya anda yang menikmati. Namun, jika ada ruginya penulis yang menanggung. Buahnya untuk anda dan resikonya untuk penulis.”

Penulis : Dhani El_Ashim

BACA JUGA  Komunitas Yaman Indonesia Mengecam Aksi Penyerangan UEA Terhadap Yaman

Disarikan dari kitab Tazkiyatun Nafs Mujahid karya DR Muhammad bin Faishal Al-Ahdhal (Wakil Ketua Majelis Ulama Ahlussunnah Wal Jamaah, Hadramaut, Yaman)

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Duh, Akun Facebook Jokowi Tipu Media Sekelas Time

KIBLAT.NET, Jakarta – Selama ini, masyarakat du dalam dan luar negeri banyak yang mengira bahwa akun...

Sabtu, 31/01/2015 15:09 0

Indonesia

MUI Jatim Kembali Menghimbau Umat Islam Tak Usah Ikuti Valentine Day

KIBLAT.NET, Surabaya – Sekretaris MUI Jawa Timur, Muhammad Yunus menghimbau kembali agar umat Islam tidak...

Sabtu, 31/01/2015 14:12 0

Foto

Ini Aksi Patroli Polisi Syariah di Libya

KIBLAT.NET, Benghazi – Gerakan Anshar Syariah Libya baru-baru ini merilis sejumlah foto yang menunjukkan kekuatan...

Sabtu, 31/01/2015 14:03 0

Indonesia

Iklan Kontroversial Hotel di Batu, MUI Jatim: Ini Adalah Promosi Perzinahan

KIBLAT.NET, Batu – Menjelang datangnya perayaan Valentine Day, masyarakat di Jawa Timur dibuat terkejut oleh...

Sabtu, 31/01/2015 13:47 1

Indonesia

Sudah 4 Tahun Pindah 4 Kali, BNPT Mengeluh Tak Punya Kantor Permanen

KIBLAT.NET, Jakarta – Kepala BNPT, Komjen Saud Usman Nasution mengeluh kepada anggota DPR. Pasalnya, sudah...

Sabtu, 31/01/2015 13:25 0

Afrika

Innalillah, Amir Anshar Syariah Libya Gugur

KIBLAT.NET, Benghazi – Gerakan Anshar Syariah Libya beberapa waktu lalu mengumumkan secara resmi gugurnya pemimpin...

Sabtu, 31/01/2015 12:57 0

Indonesia

Kapolres Poso Minta Tenggat Waktu Amankan Desa Tangkura

KIBLAT. NET, Poso – Pasca meningkatnya instabilitas keamanan di daerah Kabupaten Poso Propinsi Sulawesi Tengah, DPRD...

Sabtu, 31/01/2015 12:52 0

Suriah

Lagi, Operasi Terowongan Mujahidin Luluh Lantakkan Markas Tentara Suriah

KIBALT.NET, Idlib – Mujahidin Suriah kembali melancarkan operasi peledakan gedung yang dijadikan markas tentara Suriah....

Sabtu, 31/01/2015 10:31 0

Artikel

Inilah Tantangan Penerapan Syariah

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا ادْخُلُوا فِي السِّلْمِ كَافَّةً وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ...

Sabtu, 31/01/2015 10:17 0

Indonesia

Ini Kritikan Sejumlah Anggota DPRD Soal Situasi Keamanan di Poso

KIBLAT.NET, Poso – Sejumlah anggota DPRD Poso memberikan kritikan dan sarannya terkait penanganan persoalan keamanan di...

Jum'at, 30/01/2015 22:32 0

Close