Cerita Lucu saat Sa’i

Mengerjakan Sa’i adalah salah satu rukun dari ibadah Haji atau Umrah. Layaknya sebuah ibadah, pasti memiliki ketentuan-ketentuan tersendiri dalam melakukannya. Namun, apa jadinya kalau ternyata ada kesalahan dalam mengerjakannya. Satu sisi nampak lucu, di sisi lain terlihat kasihan.

Silahkan dibaca! Anda boleh tersenyum, boleh juga kasihan.

Seseorang mengerjakan Sa’i antara Safa dan Marwah. Entah karena tidak sadar atau belum tahu, ia melakukannya sebanyak 8 kali. Temannya mengetahui hal itu lalu menegurnya, “Bukankah Sa’i itu sebanyak 7 kali?” Ia pun sadar kalau salah. Tanpa berfikir lama, ia pun berlari mundur –berharap Sa’i-nya genap 7 kali setelah dikurangi mundur 1 kali.

Kisah pengalaman Sa’i yang satu ini berasal dari Syaikh Abdul Aziz Ibrahim Al-Qasim. Diceritakan bahwa ada seorang awam lanjut usia mengerjakan ibadah umrah. Tibalah saatnya ia melakukan Sa’i dari Safa ke Marwah. Karena tidak tahu, ia bolak balik antara keduanya sampai 14 kali. Ia berfikir bahwa satu kali bolak balik, dihitung satu kali lari-lari kecil. Setelah selesai ia baru sadar, ternyata ia belum Taharah saat mengerjakannya. Akhirnya, ia pun kemudian berwudhu dan mengulanginya hingga 14 kali. Silahkan berfikir sendiri, gimana nasib orang tua tadi…

Editor: Rudy

Sumber: salaf-stories

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat