Ratusan Pengungsi Suriah Terombang-ambing di Atas Kapal Tak Berawak

KIBLAT.NET, Roma – Sebuah kapal kargo tanpa awak berisi ratusan pengungsi Suriah ditemukan terombang-ambing di Italia Selatan pada Jumat (02/12). Akhirnya kapal itu ditarik untuk berlabuh di pantai Corigliano Calabro, Italia.

Menurut komandan penjaga pantai Corigliano Calabro, kapal tanpa awak itu mengangkut pengungsi Suriah yang berjumlah antara 360 sampai 450 orang. Setiap penumpang telah diminta untuk membayar 4.000 sampai 6.000 dolar oleh orang yang menyelundupkan mereka, sebelum memulai perjalanan laut yang berbahaya dari Turki ke Italia.

“Kami sendiri dan kita tidak ada seorang pun yang menolong kami,” kata salah seorang penumpang kapal kepada petugas Italia.

“Kami tanpa awak. Kami menuju pantai Italia, dan kami tidak memiliki seorang pun untuk mengarahkan,” kata penumpang lain di kapal itu kepada penjaga pantai Italia, sebelum perahu diselamatkan.

Kapal Ezadeen adalah kapal yang mengangkut para pengungsi Suriah itu, dan berlayar dengan bendera Sierra Leone. Kapal itu ditemukan terombang ambing 40 mil laut di lepas pantai Italia pada Jumat. Para penumpang kini telah dibawa wilayah lain di Italia untuk mendapatkan perawatan medis.

Kapal Ezadeen adalah kapal migran kedua dalam seminggu, yang ditinggalkan di lepas pantai Italia. Pada tanggal 31 Desember lalu kapal Blue Sky M yang membawa sekitar 800 warga Suriah dan Eritrea, ditarik ke tempat yang aman setelah ditemukan tanpa awak lima mil dari pantai.

BACA JUGA  Yuk, Ikuti! Serial Webinar: Kiat Selamat Meski Hirup Udara Hoaks

Leonard Doyle, juru bicara Organisasi Migran Internasional (IOM), mengatakan cara baru dengan meninggalkan kapal penuh pengungsi di laut adalah perkembangan mengkhawatirkan.

“Ditinggalkannya kapal di laut lepas adalah tindakan sangat berbahaya yang dilakukan di saat terbaik. Dan menjadikan permainan penyelundupan ke tingkat baru yang belum pernah kita lihat sebelumnya,” katanya.

 

Sumber : middleeasteye

Penulis : Imam S.

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat