Meski Ditolak, Palestina Kembali Kirimkan Usulan Resolusi ke DK PBB

KIBLAT.NET, Ramallah – Kegagalan Dewan Keamanan PBB menyetujui resolusi untuk kemerdekaan Palestina rupanya tak menyurutkan langkah Otoritas Palestina. Presiden Palestina menyatakan akan kembali mengirimkan usulan resolusi ke PBB.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada Ahad (04/12) mengatakan bahwa dia telah berdiskusi dengan Yordania, dan berencana untuk mengirimkan kembali resolusi kemerdekaan Palestina ke Dewan Keamanan PBB. Resolusi serupa gagal disetujui dalam voting yang dilakukan pada 31 Desember lalu.

Yordania, pendukung utama resolusi Palestina, masih menjadi anggota Dewan Keamanan setelah pergantian tahun. Sementara, sejumlah negara yang sebelumnya tergabung dalam Dewan Keamanan keanggotaannya digantikan oleh negara lain.

Palestina berharap negara-negara itu akan lebih bersimpati pada resolusi yang menuntut penarikan mundur Israel dari wilayah pendudukan, dan Palestina akan merdeka pada 2017. Meskipun, bisa dipastikan Amerika Serikat akan kembali menolak dengan menggunakan vetonya.

Pernyataan itu disampaikan oleh Abbas pada sebuah konferensi budaya yang digelar di kota Ramallah, Tepi Barat.

 

Sumber : Al Arabiya/Reuters

Penulis : Imam S.

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat