Bom Bunuh Diri Tewaskan Jenderal Saudi di Perbatasan Iraq

KIBLAT.NET, Riyadh – Setidaknya dua tentara Saudi tewas dan satu lainnya luka-luka dalam serangan mematikan di perbatasan Iraq pada Senin pagi (05/01). Belum diketahui kelompok yang melancarkan serangan tersebut.

“Pada Senin pagi pukul 04.30 (waktu setempat) sebuah patroli penjaga perbatasan di markaz Suaif di distrik Ur’ur di daerah perbatasan utara mengalami serangan dari anggota teroris,” kata juru bicara keamanan di Departemen Dalam Negeri Saudi, seperti dilansir Sky News Arabia.

Menurut jubir tersebut, para penyerang berhasil didesak dan terkepung. Salah satu dari mereka tewas dan satu lainnya tertangkap. Akan tetapi, penyerang yang tertangkap itu meledakkan sabuk bom yang dikenakannya sehingga menewaskan seorang tentara dan melukai satu lainnya.

Salah seorang tentara yang tewas adalah perwira senior, namun jubir Departemen Dalam Negeri menolak menyebutkan namanya. Akan tetapi media lokal, seperti situs berita Sabq, mengatakan perwira itu adalah Jenderal Oudah al-Belawi.

Perbatasan Arab Saudi dengan Irak sangat dijaga ketat dengan lampu sorot dan pagar serta diawasi dengan kamera pengintai dan radar.

Daerah ini sebelumnya selalu diserang dari kejauhan melalui bom mortir, tetapi serangan dengan sasaran tertentu jarang dilakukan.

Arab Saudi meningkatkan keamanan di garis perbatasan pada Juli lalu, dengan menambah jumlah pasukan untuk mendukung pasukan penjaga perdamaian, setelah kelompok ISIS berhasil merebut sejumlah besar wilayah Irak seperti provinsi Anbar yang berbatasan dengan Arab Saudi.

BACA JUGA  Yuk, Ikuti! Serial Webinar: Kiat Selamat Meski Hirup Udara Hoaks

Pasukan Arab Saudi telah bergabung dengan serangan udara koalisi pimpinan AS dalam menyerang ISIS di Suriah. Sementara itu belum diketahui kelompok yang melakukan serangan tersebut.
Sumber: Sky News Arabia, Reuters, CNN
Penulis: Hunef

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat