... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Refleksi Ekonomi Akhir Tahun 2014 Tegaskan Sistem Ekonomi Islam Jadi Solusi

Foto: Tausiah Ahad HTI Bandung Barat.

KIBLAT.NET, Bandung – Momentum akhir tahun 2014 (28/12), HTI Kab. Bandung Barat (KBB) menyelenggarakan acara Refleksi Ekonomi Akhir Tahun 2014. Acara yang bertempat di masjid Al-Irsyad Kota Baru Parahyangan Padalarang KBB tersebut menegaskan sistem ekonomi Islam sebagai solusi. Acara tersebut juga dihadiri lebih dari 50 orang dari masyarakat sekitar.

Acara tersebut diawali dengan penyampaian materi oleh Salman Iskandar, S.S. (HTI KBB) yang memaparkan sejarah perjalanan ekonomi Indonesia dari masa ke masa.

“Indonesia merupakan negeri yang subur dan kaya namun faktanya negeri ini tidak berdaya melawan cengkeraman gurita kapitalisme global yang telah dilakukan beberapa ribu tahun lalu melalui kerjasama busuk antara penjajah dengan para cendikawan pribumi” tegasnya.

“Pengkhianatan tersebut di awali pada saat KMB (Konferensi Meja Bundar) tahun 1949, saat Indonesia dipaksa berhutang kepada Amerika yang berada di bawah lembaga IMF dan World Bank untuk membayar hutang yang dimiliki oleh penjajah Belanda yang ditukar dengan kemerdekaan semu,” lanjutnya.

Beliau juga menegaskan bahwa melalui kerjasama tersebut rakyat Indonesia memiliki beban hutang hingga kini sebesar Rp. 3.042,751 Trilyun. Tidak hanya itu, kekayaan alam yg dimiliki oleh rakyat Indonesia habis digadaikan kepada pihak asing melalui kebijakan politik, sehingga mengakibatkan kondisi rakyat Indonesia semakin terpuruk dan sengsara.

Hal tersebut dipertegas oleh Dr. Arim Nasim, M.Si.,Ak. selaku pembicara kedua. Beliau mengatakan bahwa dampak dari kebijakan ekonomi kapitalisme tidak hanya dirasakan oleh masyarakat Indonesia tetapi juga dunia.

BACA JUGA  Pakar Hukum: Revisi Aturan Kartu Prakerja Belum Cegah Potensi Penyelewengan

Laporan Global Hunger Index (GHI) yang dibuat oleh International Food Policy Research Institute menyatakan bahwa sepanjang 2010 terdapat 1 Miliar penduduk dunia yang mengalami kelaparan.

“Tingkat kelaparan di 25 negara bahkan sudah mencapai level ekstrem (extremely alarming), sementara untuk negara lainnya masuk level serius (serious alarming)” katanya mencontohkan.

Beliau menegaskan kembali bahwa Indonesia telah gagal dalam memberikan kesejahteraan bagi rakyatnya. Hingga kini terdapat 96 juta jiwa berada digaris kemiskinan, sebesar 7,39 juta orang dari 118,19 juta menganggur tidak punya pekerjaan.

Beliau juga mengutip pernyataan Mantan Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa bahwa, bahwa ada 13 juta masyarakat yang belum punya rumah dan ada 4 juta lebih yang rumahnya perlu diperbaiki. Bahkan di akhir tahun 2014 pemerintah telah memberikan kado pahit kepada rakyatnya dengan menaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang disusul dengan kenaikan yang lainnya seperti tarif angkot, harga sembako, dan lain-lain.

Diskusi berjalan dengan khidmat, mulai pukul 09.00 hingga pukul 11.45 WIB. Para peserta antusias menyimak materi yang disampaikan oleh kedua pembicara, bahkan beberapa peserta terlihat marah dan kesal terhadap pemerintah yang abai terhadap rakyatnya.

Di akhir acara, kedua pembicara menegaskan kembali bahwa kapitalisme merupakan sistem ekonomi rusak yang berasal dari buah pemikiran manusia yang serba lemah dan terbatas. Mereka juga mengimbau kepada para peserta untuk meninggalkan dan mencampakan ide tersebut dan kembali kepada sistem ekonomi Islam. Namun sistem ini tidak dapat berdiri sendiri melainkan harus ada institusi yang menerapkannya yakni sistem khilafah yang berdiri di atas manhaj kenabian.

BACA JUGA  Menhan Rasa Mentan, PKS: Salah Kaprah Penerapan Ketahanan Pangan

 

Reporter: Bunyanun Marsus

Editor: Fajar Shadiq


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Palestina

Israel Puas DK PBB Gagal Sepakati Resolusi Palestina

KIBLAT.NET, Yerusalem – Kepuasan menyeruak di pihak Israel menyusul kegagalan Dewan Keamanan PBB menyepakati resolusi...

Kamis, 01/01/2015 14:40 0

Manhaj

Memahami Manhaj Al-Qaidah (3/5): Perubahan Umat Secara Bertahap

KIBLAT.NET – Penjelasan manhaj dan strategi Al-Qaidah kali ini tidak disampaikan dalam poin-poin secara urut,...

Kamis, 01/01/2015 12:57 0

Analisis

Membaca Kesaksian dari Dalam tentang Al-Qaidah (1/2)

KIBLAT.NET –  Daulah Islam telah merilis Majalah Dabiq edisi keenam,[1] mengangkat tema utama Al-Qaidah dari...

Kamis, 01/01/2015 09:46 0

Yaman

Lagi, Bom Hantam Upacara Keagamaan Syiah Houtsi

KIBLAT.NET, Serangan bom kembali menghantam para pengikut Syiah Houtsi yang mencoba merebut pemerintahan Yaman. Kali...

Kamis, 01/01/2015 09:25 0

Amerika

Diveto AS, Resolusi Dewan Keamanan PBB untuk Palestina Gagal Disetujui

KIBLAT.NET, New York – Dewan Keamanan PBB gagal menyetujui rancangan resolusi yang memerintahkan penarikan Israel...

Kamis, 01/01/2015 08:34 0

Afghanistan

Perancis Pulangkan Tentara Terakhirnya dari Afghanistan

KIBLAT.NET, Kabul – Perancis memulangkan pasukan terakhirnya dari Afghanistan pada Rabu, (31/12). Pemulangan itu menyusul...

Kamis, 01/01/2015 07:26 0

Suriah

Lagi, Operasi Terowongan Tewaskan 30 Tentara di Aleppo

KIBLAT.NET, Aleppo – Sedikitnya 30 tentara Suriah tewas setelah pejuang Jabhah Syamiyah meledakkan empat gedung...

Rabu, 31/12/2014 20:03 0

Asia

Bangladesh Kembali Jatuhkan Hukuman Mati kepada Petinggi Jamaat-e-Islami

KIBLAT.NET, Dhaka – Seorang pemimpin Partai Jamaat-e-Islami Bangladesh telah dijatuhi hukuman mati pada hari Selasa...

Rabu, 31/12/2014 19:25 0

Afrika

Somalia Serahkan Kepala Intelijen Al-Shabab pada Kenya

KIBLAT.NET, Mogadhisu – Somalia menyerahkan mantan kepala intelijen Al-Shabab Zakariya Ismail Hersi yang belum lama...

Rabu, 31/12/2014 18:17 0

Palestina

Israel Tahan lebih dari 1.000 Bocah Palestina Sepanjang 2014

KIBLAT.NET, Ramallah – Pasukan Israel telah menahan 1.000 lebih bocah Palestina di wilayah pendudukan Tepi Barat...

Rabu, 31/12/2014 17:08 0

Close