Ketua MUI Pusat Hadiri Konferensi Internasional Tentang Ekstremisme Agama

KIBLAT.NET, Jakarta – Sejumlah pemimpin agama terkemuka di dunia berkumpul di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada 12-13 Desember 2014 lalu untuk membahas tantangan ekstremisme dan kekerasan dalam agama.

Konferensi ini diselenggarakan oleh Forum untuk Mempromosikan Perdamaian di Masyarakat Muslim dan diselenggarakan bekerjasama dengan Religion for Peace. Dalam pertemuan itu hadir pula Ketua MUI Pusat, Din Syamsuddin sebagai perwakilan dari Indonesia.

Forum ini mengumpulkan intelektual dan pemikir terkemuka dari seluruh dunia untuk menjelaskan bahwa Islam adalah agama damai dan mendamaikan perselisihan antar agama. Religion for Peace adalah koalisi multi-agama terbesar dan paling representatif di dunia dengan kehadirannya di lebih dari 90 negara.

“Pertemuan dua hari ini sangat intensif membahas fenomena kekerasan keagamaan. Dari pertemuan tersebut memerlukan pendekatan pembangunan manusia dan masing-masing agama sangat vokal menolak ekstrimis,” tegas Din dalam konferensi pers di Kantor MUI, Menteng, Jakarta, Rabu (17/12).

Konferensi ini menampilkan lima panel menjelajahi tantangan ekstremisme agama kekerasan dari berbagai sisi di antaranya tradisi keagamaan, perspektif antar-pemerintah dan kemanusiaan dan pendekatan multi-agama.

 

Reporter: Fajar Shadiq

Editor: Hamdan

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat