... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Wakaf Produktif Upaya Dukung Dakwah di Kampung Mualaf Dayak

KIBLAT.NET – Setelah dari Jakarta melintasi jalan udara selama 2 jam, laut 1 jam, dan jalan darat 6 jam, akhirnya Tim Program Pecinta Qur’an LAZIS Dewan Dakwah tiba di Desa Tanjung Soke, pedalaman Kalimantan Timur, Kamis (4/12) sore.

Tim LAZIS Dewan Dakwah didampingi Ketua Yayasan Arrahman Balikpapan Ustadz Thamrin dan duapengurus lainnya yaitu Ustadz Sareh dan Tri. Yayasan Arrahman inilah yang menempatkan da’i bernama Ahmad Jamaluddin untuk membina warga Tanjung Soke.

Desa sunyi ini terhampar di kaki Gunung Meritus, Kecamatan Bongan, di tepi Sungai Bongan yang berhilir ke Sungai Mahakam. Di sini belum ada aliran listrik, apalagi tiada sinyal ponsel. Orang harus naik ke lereng gunung yang lebih tinggi, untuk berburu sekadar satu strip sinyal.

‘’Alhamdulillah, akhirnya tiba juga di sini,’’ sambut H Asrani, Pjs Kepala Desa Tanjung Soke. ‘’Kami sempat ragu, apakah bapak-bapak jadi datang. Soalnya komunikasi kita tiga hari lalu terputus karena sinyal hilang,’’ imbuh Saman, Sekretaris Desa.

Walau tanpa kepastian jadi atau tidak tamunya datang, jam berapa akan tiba, Pak Kades bersiaga. Ia menangkap dua ekor rusa hutan (puyauh), untuk digulai sebagai hidangan makan tamu. ‘’Maaf tak sempat memancing ikan baung, karena lama menangkap puyauh,’’ katanya sambil mempersilakan tetamunya bersantap di louh (rumah panggung panjang).

Tanjung Soke dihuni warga suku Dayak. Konon, orang-orang Dayak di pulau Kalimantan berasal dari daratan Cina Selatan. Sekitar tahun 3000-1500 SM, orang-orang dari Yunan (Cina Selatan) melakukan migrasi besar-besaran. Awalnya mereka masuk ke Tumasik dan Semenanjung Melayu, kemudian ke Kalimantan, dan berbagai pulau di Indonesia. Sebagian orang Yunan itu juga masuk ke Kalimantan melalui Hainan, Taiwan, dan Filipina.

Menurut Widjono (1998), para migran “gelombang pertama” yang masuk ke Kalimantan adalah kelompok Negrid dan Weddid (bangsa Proto Melayu). Sedangkan migrant “gelombang kedua” yang jumlahnya lebih besar disebut bangsa Deutro Melayu. Kelompok kedua itu lebih memilih tinggal di kawasan pesisir Kalimantan.

BACA JUGA  Polisi Tangkap Tiga Penjual Surat Keterangan Bebas Covid-19 Palsu

Menurut Tjilik Riwut (1958), Dayak terdiri dari belasan suku yang terbagi-bagi lagi ke dalam 403 sampai 450 sub suku. Salah satunya adalah Dayak Luangan yang berdiam di Tanjung Soke.

Sudah lama dakwah Islam menyentuh Tanjung Soke. Salah satu jejaknya adalah legenda Mida. Perempuan Dayak kelahiran Tanjung Soke ini wafat pada tahun 1960 dalam usia 60 tahun. Tiga bulan sebelum meninggal, Mida telah memeluk Islam.

H Zailani Idris, ketua LPKK ( Lembaga Pengembangan Kesenian Kutai ) yang juga telah meneliti tentang Mida tahun 1994 lalu, melalui buku laporan perjalanannya menyatakan, Mida semasa hidupnya dikenal sebagai wanita yang sangat mandiri. Dia juga wanita alim yang baik hati. Suka menolong kesusahan orang lain.

Sebelum wafat, Mida berpesan kepada anak-anaknya untuk memperlakukan dan menguburkan jasadnya sesuai ajaran Islam.

Namun karena waktu itu belum ada warga yang memahami syariat Islam, tubuh Mida akhirnya hanya disimpan di dalam peti (lungun) sesuai adat Kaharingan. Lungun Mida disimpan dalam pondok yang disebut sandung.

Duapuluh tahun kemudian, sesuai amanat almarhumah, jasad Mida dibuka untuk dikubur. Masya Allah, ternyata kondisinya masih relatif utuh. Hanya tubuhnya mengkerut jadi kecil. Rambut dan kukunya masih utuh. Oleh keluarganya, jasad Mida lalu dibungkus kain kafan dan diletakkan kembali dalam lungun.

Tujuhbelas tahun kemudian, ketika dibuka lagi, jasad Mida relatif tetap kondisinya. Bahkan rambut dan kukunya konon tumbuh. Keajaiban ini membuat Kepala Adat meminta agar jasad Mida disimpan di pondoknya.

Tokoh muslim Dayak berikutnya adalah Pa Antung. Lelaki berusia sekitar 54 tahun ini menyambut kedatangan Tim LAZIS Dewan Dakwah dengan suara gagu. ‘’Pa Antung kecelakaan sewaktu naik motor, yang membuatnya gagu,’’ terang Ustadz Ahmad.

BACA JUGA  New Normal Tanpa Pengendalian Dinilai Berpotensi Timbulkan Bencana Lebih Besar

Pada 1991, warga tiga kampung di Tanjung Soke mengucapkan ikrar syahadat secara massal. Prosesi hijrah ini dibimbing da’i Dewan Dakwah Ustadz Mas’ud serta Syuhada Bahri yang kini Ketua Umum Dewan Dakwah.

‘’Saat itu, Ustadz Syuhada tidak berani makan yang disajikan penduduk, karena di rumah penduduk biasa berkeliaran babi dan anjing. Untung Ustadz Syuhada membawa sedikit bekal dari kota,’’ kenang Ustadz Tri yang mengkoordinasi da’i Yayasan Arrahman di Bongan.

Namun setelah itu, tidak ada da’i yang mendampingi muslim Tanjung Soke. Akibatnya, mereka tetap mualaf, belum meninggalkan sepenuhnya adat Kaharingan.

Alhamdulillah, mulai Ramadhan tahun lalu, Yayasan Arrahman menempatkan Ustadz Ahmad di Tanjung Soke. Da’i muda alumnus Kulliyatul Mubalighin ini berasal dari Makassar.

Jelang maghrib, tim tamu dan tuan rumah menuju Masjid Arrahman yang dibangun dari kayu. Sebelum sholat, LAZIS Dewan Dakwah menyerahkan secara simbolik wakaf Al Qur’an dari para donatur. Sekadar bantuan uang saku juga diberikan kepada Ustadz Ahmad.

Dalam dialog seusai sholat berjamaah, Ustadz Ahmad menyampaikan bahwa dari 40-an keluarga mualaf setempat, yang masih bermukim di desa hanya belasan saja. ‘’Keluarga lainnya banyak yang merintis di hutan,’’ terangnya. Merintis adalah membuka ladang baru di lokasi yang berjarak puluhan kilometer dari Tanjung Soke.

Untuk itu, Ketua DKM Arrahman H Asrani berharap agar kaum muslimin melalui LAZIS Dewan Dakwah dan Yayasan Arrahman membantu pengembangan ekonomi warga desanya. Ia siap memberikan lahan untuk ditanami sawit, karet, cabai, merica, maupun untuk budidaya lele atau patin.

‘’Kalau usaha ini berhasil, maka warga akan menirunya sehingga tidak lagi merintis,’’ ujar H Asrani.

 

Berita Kiriman dari: Nurbowo (LAZIS DDII)


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Amerika

Ekspor Perangkat Produksi Nuklir ke Iran, Alex Cheng Ditangkap Polisi AS

KIBLAT.NET, Boston – Pengadilan federal Amerika Serikat mendakwa seorang pria Cina karena telah mengeskpor perangkat yang...

Sabtu, 06/12/2014 08:34 1

Amerika

Mantan Menhan AS yang Dipecat Tak Hadiri Pelantikan Ashton Carter

KIBLAT.NET, Washington – Presiden Barack Obama pada Jumat (05/12) mencalonkan ahli pertahanan kawakan Ashton Carter...

Sabtu, 06/12/2014 08:08 0

News

Hadapi 6 Kelompok Teroris OPM, Kapolres Puncak Jaya Keluhkan Hal Ini

KIBLAT.NET, Jayapura – Minimnya jumlah personel organik Polres Puncak Jaya menjadi salah satu keluhan Kepala...

Sabtu, 06/12/2014 07:48 0

Yordania

Raja Yordania: Perang Lawan ISIS adalah Perang Dunia Ketiga

KIBLAT.NET, Teheran – Pemimpin Yordania Raja Abdullah II memperingatkan bahwa perang melawan pejuang Daulah Islamiyah...

Sabtu, 06/12/2014 07:27 2

Iran

Iran Akui Lakukan Serangan Udara terhadap Daulah di Iraq

KIBLAT.NET, Teheran – Seorang pejabat senior Iran pada Jumat (05/12) menegaskan bahwa negaranya telah melakukan...

Sabtu, 06/12/2014 07:00 0

Analisis

Obama, Presiden “Cinta Damai” yang Kini Doyan Perang

KIBLAT.NET — Seorang jurnalis, John Isaacs,  baru-baru ini melontarkan kritikan kepada Barack Husein Obama, Presiden...

Jum'at, 05/12/2014 22:19 0

Video News

Kaukasus Memanas, 80 Tentara Boneka Rusia Tewas

KIBLAT.NET – ( Grozni ) Sedikitnya 80 tentara boneka Rusia tewas dalam sebuah penyerangan yang...

Jum'at, 05/12/2014 21:27 0

Suriah

Jet Tempur Koalisi dan Militer Suriah Bersatu Hantam Daulah di Deir Zour

KIBLAT.NET, Dier Zour – Jet tempur koalisi AS dan militer rezim Suriah, Jumat pagi (05/12),...

Jum'at, 05/12/2014 18:56 0

Yaman

Setelah Serang Dubes Iran di Sanaa, AQAP Tewaskan 12 Militan Syiah Houtsi

KIBLAT.NET, Baidha – Pejuang Anshar Al-Shariah Yaman, cabang organisasi Al-Qaidah, mengumumkan bahwa pihaknya telah menewaskan...

Jum'at, 05/12/2014 18:39 0

Amerika

Polisi Pencekik Warga Kulit Hitam Hingga Tewas Dibebaskan, Ribuan Warga AS Demo Besar-besaran

KIBLAT.NET, New York – Para pengunjuk rasa selama dua malam membanjiri jalan-jalan di kota Manhattan...

Jum'at, 05/12/2014 18:00 0

Close