... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Benarkah Al-Baghdadi Dipecat?

Foto: Abu Bakar Al-Baghdadi

KIBLAT.NET — Sebuah berita kontroversial terkait pemimpin IS Al-Baghdadi, menyeruak di media sosial. Diberitakan oleh beberapa media online bahwa Dewan Syuro IS telah memakzulkan (mencopot) Khalifah Al-Baghdadi. Dewan Syuro juga dikabarkan telah mengangkat pemimpin baru berkebangsaan Saudi.

Sejak pagi tadi redaksi kiblat.net menerima beberapa permintaan klarifikasi tentang kabar ini. Beberapa sumber yang masuk, dinilai redaksi belum cukup kuat untuk diangkat sebagai sebuah berita. Sampai ketika malam ini ada sebuah analisis pembanding yang bisa dijadikan titik tolak menyingkap benar-tidaknya berita pemakzulan Al-Baghdadi—paling tidak menjadi tahap awal menguak kontroversi ini.

Agus Abdullah, redaktur senior kiblat.net menghadirkannya untuk Anda dari kereta yang mengantarnya malam ini menuju ibukota Jakarta:

adnani

Jubir ISIS, Abu Muhammad Al-Adnani

Informasi penting ini dinisbatkan berasal dari juru bicara IS, Abu Muhammad Al-Adnani, di mana disebutkan ia telah mengumumkan pemakzulan tersebut dalam rekaman audio yang menyebar di media online yang dekat dengan IS.

Al-Adnani juga disebutkan telah menuduh Al-Baghdadi tidak mendukung kaum muslimin dan meninggalkan jihad di lapangan. Hal itu didukung oleh beberapa informasi yang mengalir dari sumber-sumber media Turki yang katanya dekat dengan ISIS, bahwa: “Saudara Al-Baghdadi dan tangan kanannya telah bersembunyi sejak awal bulan Oktober lalu.” Selain juga disebutkan bahwa Al-Baghdadi telah melarikan lebih dari 300 juta dollar Amerika yang diinvestasikan kepada para pebisnis  Teluk.

kabar tentang pencopotan Al-Baghdadi

kabar tentang pencopotan Al-Baghdadi

Namun, setelah diteliti dan diperiksa, tidak ada temuan apa pun tentang rekaman ini di situs yang disebut-sebut telah menerbitkannya.

BACA JUGA  Serangan Udara Meningkat, Sekolah-sekolah di Idlib Diliburkan

Kabar tersebut telah memancing reaksi para pendukung ISIS melalui situs jejaring sosial untuk memastikan kebenarannya dan apa sebabnya. Terutama bahwa ada kondisi atau syarat-syarat tertentu untuk memakzulkan seorang khalifah, berdasarkan literatur Islam. Dalam kasus ini syarat-syarat itu menurut mereka tidak terlihat. Karena itulah, para pendukung ISIS melihat ini adalah bagian dari perang di dunia maya, juga menunjukkan bahwa apa yang dikaitkan dengan Al-Baghdadi juga tidak benar.

Para pendukung ISIS langsung melakukan “invasi” terhadap hashtag:

# داعش_يخلع_البغدادي_ويبايع_خليفة_سعودي

terutama setelah hashtag tersebut menyebar secara dramatis. Tetapi kemudian berubah menjadi semacam kontroversi sarkasme, yang mengarah kepada satu hasil bahwa subjek pemakzulan itu tidak benar.

Para pendukung ISIS di dunia maya menuduh orang-orang Syiah dan juga sebagian warga Arab Saudi berada di belakang isu ini. Beberapa dari mereka melontarkan celaan kepada bangsa Saudi dan menyatakan bahwa tidak ada warga Saudi di ISIS.

Kabar pemakzulan tersebut, seperti dilansir oleh media Lebanon elnashra, menyebar setelah ada kabar Abu Bakr al-Baghdadi mengonfirmasi bahwa IS telah mengalami kerugian besar dalam periode terakhir di Irak. Ia juga mengakui bahwa dinas intelijen dan antiterorisme Irak telah melakukan infiltrasi di jajaran ISIS. Selain itu, ia menyerukan untuk tidak menerima elemen baru Irak yang ingin bergabung dengan organisasi dengan alasan infiltrasi.

Isu yang datang lebih awal ini rupanya bersumber dari sebuah dokumen yang dikaitkan dengan Al-Baghdadi. Menurut temuan media elnashra, dokumen tersebut awal penyebarannya berasal dari beberapa situs online di Irak.

BACA JUGA  Rusia Kontrol Bekas Basis ISIS di Suriah Pasca Penarikan Tentara AS

Dokumen itu ditandatangani oleh Abu Hafshah Al-Muhajiri, namun tidak disebutkan apa jabatannya di IS. Ia menyebarkan dokumen tersebut tertanggal 2 Muharram 1436 H. (akhir Oktober lalu). Sayangnya, ia masih memakai nama Daulah Islam Irak (ISI) padahal ISIS telah berganti dari nama itu sejak lama. Tepatnya pada deklarasi Daulah Islam Irak dan Syam (ISIS) April 2013 lalu. Kemudian, setelah deklarasi Khilafah, Jubirnya mengganti namanya sebagai Daulah Islam saja, tanpa tambahan Irak dan Syam.

Selain itu, berdasarkan isinya, dokumen tersebut  tergolong “Seruan resmi (At-Ta’mim As-Syar’i), tetapi isinya tidak membahas perkara legalitas sama sekali.

Penulis: Agus Abdullah

Sumber: http://www.elnashra.com

Editor: Hamdan

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Rohah

Jawaban Brilian Seorang Imam

Seorang imam memberikan ceramah dan menjelaskan hadits tentang larangan memelihara anjing dan memajang gambar makhluk...

Senin, 03/11/2014 16:09 0

Philipina

Militan Abu Sayyaf Tembak Mati 6 Tentara Filipina

KIBLAT.NET, Sulu – Enam tentara Filipina ditembak mati pada hari Ahad (02/11), oleh kelompok jihad Abu...

Senin, 03/11/2014 15:33 0

Indonesia

Sebut Syiah Bukan Ancaman NKRI, Ulil Diminta Jangan Kebanyakan Teori

KIBLAT.NET, Jakarta – Aktivis Jaringan Islam Liberal (JIL) Ulil Abshar Abdalla kembali mengeluarkan pernyataan kontroversial,...

Senin, 03/11/2014 15:07 1

Indonesia

Ada Kristenisasi Terselubung di Car Free Day Jakarta

KIBLAT.NET, Jakarta – Ada yang berbeda pada acara Car Free Day pada Ahad pagi (2/11) di...

Senin, 03/11/2014 14:06 2

Foto

Ini Aksi GIBAS Tolak Perayaan Asyura di Semarang

KIBLAT.NET – Sekelompok massa yang menamakan dirinya GIBAS, (Gerakan Bela Ahlulbayt & Shohabat) menggelar aksi demonstrasi...

Senin, 03/11/2014 11:34 0

Indonesia

MIUMI: Belokkan Isu, Syiah Tuding Kelompok Sunni Bersikap Takfiri

KIBLAT.NET, Jakarta – Ketua Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) mengungkapkan bahwa ada isu...

Senin, 03/11/2014 11:00 0

Indonesia

Ribuan Warganya Tewas dalam Penjara, Rezim Suriah Paksa Pihak Keluarga Tandatangani Surat Palsu

KIBLAT.NET, Damaskus – Kejahatan rezim Bashar Assad terhadap warga Suriah belum berhenti. Baru-baru ini, lembaga...

Senin, 03/11/2014 10:27 0

Tarbiyah Jihadiyah

Kancah Perjuangan Menantimu !!!

Dominasi Barat menggenggam dan menguasai dunia telah berlangsung lama, setidaknya sejak berakhirnya perang dunia ke-2....

Senin, 03/11/2014 09:50 0

Indonesia

LAZIS Dewan Dakwah Gelar Pelatihan Kepemimpinan

KIBLAT.NET, Bogor – ‘’Sudahlah, silakan isi sendiri saja, pokoknya semuanya sangat baik,’’ ujar Encik Mohd...

Senin, 03/11/2014 09:36 0

Indonesia

Ratusan Massa GIBAS Gelar Aksi Tolak Asyura di Semarang

KIBLAT.NET, Semarang – Ratusan orang dari berbagai ormas Islam yang tergabung dalam GIBAS (Gerakan Bela...

Senin, 03/11/2014 08:36 0

Close