Pejuang Al-Qaidah Kontrol Distrik di Yaman Barat

KIBLAT.NET, Hadidah – Mujahidin Al-Qaidah Yaman, pada Sabtu (01/11), mengontrol distrik Jabal Ras di provinsi Hadidah. Sebelumnya, para pejuang Al-Qaidah terlibat pertempuran sengit dengan militer pemerintah.

Al-Jazeera melaporkan, puluhan militer Yaman tewas dalam pertempuran mengontrol distrik tersebut. Mujahidin Al-Qaidah mampu melumpuhkan militer dan mengontrol penuh keamanan di distrik yang terletak di barat Yaman itu.

Perlu diketahui, ibukota provinsi Hadidah saat ini dikontrol milisi Syiah Houtsi. Para pemuka suku menuduh militer pemerintah sengaja membiarkan milisi dukungan Iran itu mengontrol provinsi di barat Yaman tersebut.

Di sisi lain, mujahidin Al-Qaidah bekerja sama dengan pejuang suku berusaha merebut daerah-daerah yang masih dikuasai militer pemerintah. Mereka khawatir daerah-daerah tersebut diserahkan kepada milisi Syiah Houtsi secara cuma-cuma.

Dalam perkembangan lain, pertempuran antara pejuang suku dan milisi Syiah Houtsi kembali meletus pada Sabtu malam di daerah Shabirah, timur kota Radha, provinsi Baidha. Dilaporkan sejumlah milisi Syiah Houtsi tewas dalam pertempuran itu.

Menurut keterangan saksi mata, pertempuran itu meletus setelah pejuang suku menyerbu pos pemeriksaan militer yang didirikan milisi Houtsi. Pejuang suku berusaha menekan Houtsi untuk keluar dari wilayah mereka.
Sumber: Al-Jazeera
Penulis: Hunef

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat