Wisuda Akbar Penghafal Al-Quran di Senayan Berjalan Khidmat, Tapi…

KIBLAT.NET – Parade perwakilan Rumah Tahfidz PPPA Daarul Qur’an dari 26 provinsi di Indonesia membuka kemeriahan acara puncak Wisuda Akbar V yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada Sabtu malam (25/10). Ini merupakan wisuda kelima yang digelar Daarul Qur’an berturut-turut selama lima tahun terakhir.

Sorakan meriah puluhan ribu santri dan jamaah memecah GBK saat parade yang dipimpin oleh aksi Marching Band asuhan PPPA Daarul Qur’an satu persatu memasuki stadion. Dengan seragam warna-warni khas Rumah Tafidz masing-masing, para peserta parade sesekali melambaikan tangan kepada puluhan ribu hadirin.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pertunjukan-pertunjukan dari anak-anak santri Darul Qur’an. Mulai dari bela diri, pembacaan puisi, tarian khas Sumbar Indang Minangkabau dan berbagai kesenian lainnya, satu-persatu ditampilkan para santri.

Acara pun berlanjut dengan menghadirkan para tamu undangan beberapa imam masjid yang didatangkan langsung dari Timur Tengah ke atas panggung. Dipandu Ustadz Yusuf Manshur (pimpinan Darul Qur’an) dan Syaikh Ali Jaber,keduanya melantunkan bacaan ayat Al-Qur’an di hadapan para peserta.

Para peserta terlihat khusyuk mendengarkan merdunya bacaan kedua Syaikh tersebut. Suasana khidmat pun menyelimuti Stadion Gelora Bung Karno seketika itu.

Acara yang dimulai pukul 20.00 WIB itu semakin meriah ketika tiga santri cilik asal Gaza naik ke panggung. Mereka adalah Husen Albasliqy (15), Salem Emadduddien Al Amasy (12) dan Omar Muhammad Abu AlHusna (13). Ketiganya merupakan santri Darul Qur’an Gaza yang beberapa waktu lalu gedungnya hancur oleh serangan Israel. Ketiganya telah hafal 30 juz.

BACA JUGA  Ustadz Abu Bakar Baasyir Bebas Jumat Pekan ini

Tak kalah pentingnya dari puncak acara tersebut adalah apresiasi 20 santri terbaik. Mereka diberikan langsung penghargaan oleh para petinggi-petinggi PPPA Daarul Qur’an.

Yang patut disayangkan, dari seluruh rangkaian acara tersebut, Kiblat.net tidak melihat pertunjukkan bacaan Al-Qur’an dari salah satu peserta wisuda yang sebagaimana biasa dilakukan ketika acara wisuda para penghafal Al-Qur’an. Acara lebih didominasi pertunjukan-pertunjukan kesenian dan pertunjukkan lagu religi oleh Opick.

Tahun lalu, pihak penyelanggara bahkan mendapat kecaman keras karena ada atraksi barongsai dalam peserta pawai Wisuda Akbar Tahfidz Quran ini.

 

Reporter: Hunef

Editor: Fajar Shadiq

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat