25.000 Penghafal Al-Quran Mengetes Hafalannya di Stadion GBK

KIBLAT.NET, Jakarta – Sebanyak 25.000 penghafal Al-Qur’an mengikuti tes hafalan Al-Qur’an yang diselenggarakan oleh PPPA Daarul Qur’an pimpinan Ustadz Yusuf Mansur pada Sabtu (25/10), di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Mereka datang dari berbagai provinsi di seluruh Indonesia.

Tes hafalan tersebut merupakan rangkaian dari acara Wisuda Akbar V PPPA Darul Qur’an. Acara yang diikuti puluhan ribu peserta itu dimulai sejak pukul delapan pagi hingga sebelas malam.

Kepada Kiblatnet, ketua panitia acara, Dicky Alaudin, mengatakan bahwa para peserta datang dari 26 provinsi di Indonesia. Mulai dari pulau Sumatera hingga provinsi Papua.

Untuk tahun ini, lanjut Alaudin, para peserta yang mayoritas santri Darul Qur’an hanya dites hafalan surat Muhammad dan Al-Baqarah ayat 50 sampai 100. Sedikitnya 500 penguji dilibatkan dalam tes hafalan tersebut.

Alaudin menjelaskan, puluhan ribu peserta tersebut memiliki hafalan yang bervariasi. Dari mulai hafal lima juz sampai 30 juz penuh.

“Adapun yang hafal 30 juz dari santri kita ada sekitar 6 ribu santri,” jelasnya di sela-sela acara. Ia menunjukkan bahwa para santri yang hafal seluruh Al-Qur’an akan diwisuda secara khusus.

Ia menambahkan bahwa para peserta yang ikut dalam ujian ini juga mendapatkan sertifikat. Selain itu, sejumlah peserta terbaik diberikan penghargaan khusus. Ada sekitar 20 santri yang menjadi terbaik.

 

Reporter: Hunef

Editor: Fajar Shadiq

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat