Serangan Bom Hantam Terminal Bus di Nigeria Utara

KIBLAT.NET, Azare – Sebuah ledakan besar mengguncang terminal bus di wilayah utara Nigeria, ujar saksi mata.

“Kami melihat ledakan besar persis pada pukul 09:45 (20:45 GMT). Kami menyadari itu terjadi di terminal bus,” kata Musa Babale, warga kota Azare di negara bagian Bauchi, tempat terjadinya ledakan itu pada hari Rabu (22/10).

“Seluruh tempat itu berantakan,” tambahnya, dalam sebuah penjelasan oleh beberapa orang lainnya.

Polisi dan militer tidak menjawab permintaan komentar, tapi penduduk lain di daerah yang terkena ledakan dekat jalan Kano mengatakan, pasukan keamanan telah mengepung lokasi kejadian.

“Kami menemukan lokasi kejadian dikepung oleh tentara dan polisi,” kata saksi bernama Mauzu Ibrahim. “Dari tempat aku berdiri aku melihat mayat yang dimasukkan ke dalam sebuah mobil van.”

Saksi-saksi lain juga melaporkan, mereka melihat korban, tapi tidak memungkinkan untuk memperkirakan jumlah korban. Sementara, pekerja unit gawat darurat tidak tersedia untuk berkomentar.

Sedangkan, penyebab ledakan masih belum jelas. Belum ada juga kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

Pengeboman terminal bus ini dituding merupakan ciri khas serangan dari kelompok bersenjata, setelah terjadi serangan bom ganda di sebuah terminal di pinggiran ibukota Abuja pada awal tahun ini yang menewaskan hampir 100 orang.

Stasiun di kota Azare, sekitar 200-km dari ibukota negara kota Bauchi, merupakan titik transit yang banyak digunakan oleh wisatawan yang datang dari Nigeria timur laut. Nigeria Timur Laut sendiri, berada di bawah status keadaan darurat sejak bulan Mei tahun lalu.

Sabtu lalu, Nigeria mengklaim telah mencapai kesepakatan dengan militan bersenjata, tapi kekerasan masih berlanjut setelah kesepakatan itu diumumkan, sehingga meningkatkan keraguan atas klaim terobosan pemerintah.

 

Sumber: Aljazeera

Penulis: Qathrunnada

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat