Pentagon: Biaya Perang Lawan Daulah Mencapai $424 Juta

KIBLAT.NET, Washington – Departemen Pertahanan Amerika Serikat mengaku bahwa negaranya sampai saat ini telah menggelontorkan uang sebesar 424 juta dollar dalam operasi militer memerangi Daulah Islamiyah di Iraq dan Suriah. Hal itu disampaikan John Kirby, sekretaris media Pentagon, kepada media pada Selasa (21/10).

Kirby mengatakan bahwa Pentagon menghabiskan rata-rata 7,6 juta perhari dalam operasi melawan Daulah. Uang itu dikeluarkan untuk biaya serangan udara dan misi pendukung lainnya, seperti pengintaian udara.

Ia menunjukkan bahwa pasukan keamanan lokal mampu meraih sejumlah kemajuan di Iraq. Ini merupakan kesuksesan operasi yang didukung senjata udara AS.

Di sisi lain, Kirby mengungkapkan bahwa situasi di kota Kobani, Suriah, masih rapuh. Kendati Kobani dikepung Daulah, kata Kirby, milisi Kurdi yang didukung AS masih mengontrol sebagian besar kota yang berbatasan dengan Turki itu.

“Situasi di Kobani masih rapuh. Namun, kami memuji milisi Kurdi yang mengontrol sebagian besar kota,” ujar Kirby.

Ia menambahkan bahwa tekanan dari udara dan darat menghambat milisi Daulah mengontrol seluruh Kobani. Akan tetapi, hal itu tidak berarti bahwa pertempuran tersebut akan berakhir dengan kemenangan.

Kirby juga mengakui bahwa pasukannya mengalami kemajuan lambat. Hal itu akibat pertempuran alot di lapangan. Sehingga, sulit memprediksi kapan terjadinya titik balik dari pertempuran.
Sumber: Sky News Arabia/alyaum.com
Penulis: Hunef

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat