... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

LPPOM MUI Selenggarakan Pelatihan Internasional untuk Auditor Halal Mancanegara

Foto: Training Internasional bagi para auditor halal dari Lembaga-lembaga Sertifikasi Halal Mancanegara.

KIBLAT.NET, Bogor – Dalam rangkaian acara Pameran Halal INDHEX 2014, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) kembali menyelenggarakan Training Internasional bagi para auditor halal dari Lembaga-lembaga Sertifikasi Halal Mancanegara (Halal Certifying Bodies).

“Kesempatan training ini sebagai ajang untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman dalam proses sertifikasi halal bagi sesama lembaga-lembaga sertifikasi halal. Sehingga dengan cara ini dapat memperkaya dan meningkatkan kualitas maupun kapasitas layanan dalam melindungi umat proses sertifikasi halal yang dilakukan,” tutur Direktur LPPOM MUI, Ir. Lukmanul Hakim, M.Si., pada pembukaan training yang diikuti 13 lembaga SH luar negeri dari 11 negara.

Pada pelatihan yang dilangsungkan dari 15-22 Oktober 2014 ini, materi-materi pendalaman yang terkait dengan proses sertifikasi halal, audit halal dan Sistem Jaminan Halal (SJH), disajikan dalam bentuk teori serta praktek dan simulasi. Materi disampaikan oleh para Trainer dari LPPOM MUI yang telah profesional di bidangnya. Diantaranya adalah: Prof.Dr.Ir. H. Khaswar Syamsu, M.Sc., Prof.Dr.Ir. Hj. Purwantiningsih, M.S., dan yang lainnya.

Selain itu, pelatihan ini juga dimaksudkan untuk memfasilitasi lembaga-lembaga Sertifikasi Halal Mancanegara itu agar dapat memperoleh pengetahuan dasar tentang proses sertifikasi halal dan audit halal sesuai dengan Sistem Jaminan Halal (Halal Assurance System) HAS 23000 yang telah disusun dan ditetapkan oleh LPPOM MUI.

Persyaratan untuk Mendapat Pengakuan dari MUI

BACA JUGA  HNW Khawatir Pelibatan BNPT dan BPIP dalam Sertifikasi Dai

Seperti diberitakan dalam situs LPPOM MUI, pelatihan ini juga dimaksudkan untuk memperluas sistem sertifikasi halal yang dilakukan LPPOM MUI agar juga diimplementasikan oleh lembaga-lembaga sertifikasi halal mancanegara.

Terutama bagi lembaga-lembaga SH mancanegara untuk mendapatkan pengakuan dari MUI, sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Yakni bahwa Lembaga Sertifikasi Halal yang diakui oleh MUI harus memiliki Standar Operating Procedures (SOP, Prosedur Operasional/Kerja Standar).

Setidaknya, SOP ini harus memiliki ketentuan/prosedur pendaftaran, administrasi dan pemeriksaan/audit halal ke pabrik (proses produksi), laporan audit, dan rapat Komisi Fatwa untuk penetapan fatwa.

Selain itu, lembaga sertifikasi halal tersebut harus mengirimkan delegasinya untuk mengikuti Training Halal Internasional yang diselenggarakan oleh LPPOM MUI. Setelah memenuhi semua peryaratan yang ditentukan, MUI akan menetapkan dan mengeluarkan surat keputusan persetujuan dan pengakuan secara tertulis bagi lembaga SH dimaksud. Demikian dijelaskan Ketua MUI yang menangani bidang Ekonomi dan Sertifikasi Halal, K.H.Drs. Amidhan Shaberah.

 

Sumber: halalmui.org

Penulis: Fajar Shadiq


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Iran

Tiba di Iran, PM Iraq Haidar Abadi Bahas ISIS

KIBLAT.NET, Teheran – Perdana Menteri Iraq Haidar Abadi tiba di Teheran pada Senin malam (19/10)....

Selasa, 21/10/2014 17:31 0

Iran

Iran: Kami Siap Membantu Rakyat, Militer dan Gerakan Perlawanan yang Sejalan dengan Iran

KIBLAT.NET, Teheran – Pemerintah Iran, pada Senin (20/10), menegaskan kesediaannya untuk memberikan bantuan senjata kepada...

Selasa, 21/10/2014 16:13 0

Suriah

Jatuh di Tempat yang Salah, Logistik AS untuk Kurdi Dihancurkan

KIBLAT.NET, Kobani – Jet tempur Amerika Serikat menghancurkan bantuan logistik yang jatuh di lokasi yang...

Selasa, 21/10/2014 14:59 0

Afrika

Parlemen Libya Umumkan Beraliansi dengan Khalifah Haftar

KIBLAT.NET, Tobruk – Parlemen Libya menyatakan telah beraliansi secara formal dengan mantan jenderal Khalifah Haftar,...

Selasa, 21/10/2014 13:46 0

Suriah

Pejuang ISIS Lancarkan Dua Serangan Bom Mobil di Kobani

KIBLAT.NET, Kobani – Pejuang Daulah Islam Iraq dan Syam (ISIS) melancarkan serangan dua bom mobil...

Selasa, 21/10/2014 12:00 0

Palestina

Israel Diam-diam Perluas Wilayah Pemukim Yahudi di Al-Quds

KIBLAT.NET, Al Quds – Pemukim Yahudi menyerbu dan mengambil alih dua bangunan tempat tinggal di...

Selasa, 21/10/2014 11:39 0

Mesir

Aksi Protes Mahasiswa di 6 Universitas di Mesir Diwarnai Bentrok

KIBLAT.NET, Kairo – Pasukan keamanan Mesir membubarkan paksa protes mahasiswa anti-pemerintah di enam universitas sekaligus...

Selasa, 21/10/2014 11:05 0

Lebanon

Emoh Disetir Syiah Hizbullah, Tentara Lebanon Membelot ke Jabhah Nusrah

KIBLAT.NET, Tripoli –  Enggan dikendalikan organisasi Syiah Hizbullah kembali menjadi alasan bagi tentara Lebanon untuk membelot....

Selasa, 21/10/2014 10:14 0

Suriah

Al-Qaidah Lancarkan Serangan Bertubi-tubi terhadap Milisi Syiah Houtsi

KIBLAT.NET, Baidha – Pejuang Al-Qaidah Yaman melancarkan serangan bertubi-tubi menargetkan milisi Syiah Houtsi yang terus...

Selasa, 21/10/2014 09:43 0

Rohah

Canda Rasul: Di Balik Seekor “Anak Unta”

جاء رجل من الصحابة إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم وطلب منه دابة يسافر...

Selasa, 21/10/2014 09:09 0

Close