... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

KH Hafizh Utsman, Ketum MUI Jabar Tutup Usia

Foto: KH Hafizh Utsman

KIBLAT.NET, Bandung – Inna lillaahi wainna ilaihi rajiun. Jawa Barat kembali kehilangan putra terbaiknya dengan meninggalnya Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jabar, KH. Hafizh Utsman (75), Senin (20/10/2014) sekitar pukul 13.30.

Almarhum baru pulang dari beribadah haji yang tergabung dalam Kloter 25 Kota Bandung dan baru menginjakkan kaki di Bandung lagi sehari sebelumnya, Ahad (19/10/2014).

Menurut Sekretaris Umum MUI Jabar, KH. Rafani Achyar, Almarhum meninggal dunia setelah menderita sakit setelah pulang dari tanah suci. “Almarhum jatuh sakit juga mendadak karena katanya selama di tanah suci selalu sehat,” katanya saat ditemui di rumah duka Komplek Perumahan DPRD Jabar Jln. Ciwastra, Margacinta, Kota Bandung.

Hal itu dibenarkan pengurus KBIH Darul Hikam, KH. Djadja Djahari, karena Almarhum berada dalam satu kloter dengan KBIH Darul Hikam selama beribadah haji. “Sesuai dengan sifat Almarhum yang memang suka bergurau sehingga selama di tanah suci juga selalu gembira, tidak terlihat sakit bahkan sehat sekali. Saya juga terkejut ketika mendengar informasi KH. Hafizh Utsman meninggal dunia,” kata Djadja yang juga ketua MUI Jabar bidang kerukunan hidup beragama.

Menurut Djadja, Almarhum yang lahir di Pandeglang, Banten, merupakan orang yang “unik” karena bisa diterima siapa saja meskipun latar belakangnya adalah nahdliyyin. “Almarhum tercatat menjadi pengurus di berbagai organisasi di antaranya Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), pengurus MUI pusat, Badan Wakaf Indonesia, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jabar, dan lain-lain. Almarhum kerap membalikkan usianya saat ditanya berapa usianya sehingga usia 75 tahun menjadi 57 tahun,” katanya yang menambahkan jenazah Almarhum akan dibawa ke kampung halamannya untuk dimakamkan pada Selasa (21/10/2014).

BACA JUGA  Penusukan Syekh Jaber, Menag Minta Masyarakat Tetap Tenang

Sedangkan Ketua Umum MUI Kota Bandung, KH. Miftah Faridl mengatakan, Almarhum aktif sebagai pengurus MUI dalam tiga periode baik saat pemerintahan Orde Lama, Orde Baru, maupun Orde Reformasi.

“Almarhum merupakan sosok ulama yang amat jarang tandingannya karena mudah akrab dan diterima semua kalangan. Almarhum juga terkenal dengan humor-humornya dan pengetahuan kitab kuning yang luas,” ucapnya.

Bagi Ketua Dewan Penasihat Syarikat Islam (SI) Jabar, KH. Nandang Koswara, Almarhum merupakan figur ulama yang istiqomah, sabar, lugas, penyantun, dam berakhlak mulia sehingga bisa menjadi panutan bagi umat Islam. “Walaupun Almarhum berlatar belakang NU dan istiqomah dalam menjalankan ajaran ahlussunnah waljamaah termasuk di setiap acara MUI Jabar, namun tetap diterima ormas-ormas Islam lain yang secara pemahaman fikihnya berbeda,” katanya.

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jabar, KH. Zulkarnaen menyatakan, sosok almarhum merupakan pribadi yang sederhana dan berupaya melayani dengan baik kepada alim ulama maupun pengurus ormas Islam yang datang ke kantornya di Jln. LL RE Martadinata.

“Kalau Almarhum sedang makan siang terutama selepas salat Jumat, maka akan mengajak alim ulama yang kebetulan sedang bertamu ke kantornya. Sikap ramah yang dilakukan Almarhum juga makin kentara karena di setiap pembicaraan menyelipkan humor-humor segar khasnya,” katanya.

Khusus dalam menjalankan amar maruf nahyi munkar (perintah kebaikan dan mencegah kemungkaran), menurut Zulkarnaen, Almarhum memiliki gaya tersendiri karena tidak terlalu frontal dan tetap berlandaskan kepada ajaran Islam yang rahmatan lil-alamin.

BACA JUGA  Komisi III DPR: Preman untuk Pendisiplinan Protokol Kesehatan Bisa Repot

“Setiap mengutarakan pendapatnya selalu mengacu kepada latar belakang ilmu yang luas dari gemblengan pondok pesantren,” katanya.

 

Sumber: Pikiran Rakyat, mui.or.id

Penulis: Fajar Shadiq


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Info Event

Auction4Humanity: Meraih Berkah Dalam Ukhuwah

Auction4Humanity adalah gerakan yang fokus pada kegiatan lelang barang-barang layak jual yang hasilnya dialokasikan untuk...

Selasa, 21/10/2014 06:00 0

Irak

Lawan Daulah, Iraq Izinkan Pasukan Khusus Australia Bertempur di Negaranya

KIBLAT.NET, Baghdad – Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop pada Ahad (19/10), menyatakan bahwa negaranya...

Selasa, 21/10/2014 05:10 0

Afghanistan

Imarah Afghan Bantah Penjelasan Kabul Terkait Penangkapan 2 Mahasiswa

KIBLAT.NET, Kabul – Imarah Afghanistan mengeluarkan pernyataan mengenai penangkapan dua mahasiswa yang dituding terkait Jaringan Haqqani....

Selasa, 21/10/2014 00:25 0

Australia

Parlemen Australia Cabut Larangan Memakai Cadar

KIBLAT.NET, Canberra – Parlemen Australia, pada Senin (20/10), mencabut larangan memakai cadar, termasuk burqa dan niqab yang...

Senin, 20/10/2014 23:14 0

Suriah

Pejabat AS: Dalam Beberapa Hari Kobani Akan Jatuh ke Tangan Daulah

KIBLAT.NET, Kobani – Amerika Serikat mengaku mengirim bantuan senjata, amunisi dan pasokan medis kepada milisi...

Senin, 20/10/2014 22:51 0

Palestina

Brigade Al-Qassam Konfirmasi Gugurnya 2 Komandan Lapangan Mereka

KIBLAT.NET, Gaza – Sayap bersenjata Hamas Palestina, Brigade Izzudin Al-Qassam mengkonfirmasi bahwa dua komandan lapangan...

Senin, 20/10/2014 22:24 0

Yaman

Pejuang Anshar Al-Syariah Yaman Pertahankan Wilayah Strategis dari Milisi Syiah Houtsi

KIBLAT.NET, Baidha – Pertempuran sengit meletus antara pejuang Anshar Al-Syariah (Al-Qaidah) dan milisi Ansharullah (Syiah...

Senin, 20/10/2014 22:08 0

Afghanistan

Imarah Islam Afghan Rilis Pernyataan Terkait Penangkapan Anas Haqqani

KIBLAT.NET, Kabul – Beberapa waktu lalu, santer diberitakan penangkapan yang dilakukan oleh pasukan Amerika terhadap...

Senin, 20/10/2014 21:00 0

Afghanistan

AS Klaim Bunuh Komandan Senior Al-Qaidah di Afghanistan, Abu Bara Al-Kuwaiti

KIBLAT.NET, Kunar – Serangan udara Amerika Serikat (AS) dilaporkan telah membunuh seorang pemimpin senior Al-Qaidah...

Senin, 20/10/2014 14:45 0

Video Dokumenter

Jabhah Nushrah Bebaskan Kota Tal Harah, Suriah

KIBLAT.NET – Mujahidin Jabhah Nusrah melalui media resminya Al-Manaroh Al-Baidho’ merilis video penyerangan membebaskan kota...

Senin, 20/10/2014 14:10 0

Close