... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

Mana yang Lebih Berbahaya, Syi’ah atau Khawarij?

Foto: Ust. Anung Al-Hamat

KIBLAT.NET – Syiah dan Khawarij merupakan dua sekte yang muncul secara bersamaan dalam satu waktu bahkan dari sumber yang sama. Meski demikian di antara keduanya ada kesamaan dalam sebagian perkara dan ada perbedaan dalam beberapa perkara lainnya.

Seorang pemerhati dunia Syiah yang berasal dari Mesir, Abdul Malik bin Abdurrahman as Syafi’i dalam bukunya al Fikr at Takfiri ‘Inda as Syi’ah Haqiqah am Iftira’ (Pemikiran Mudah Mengkafirkan Dalam Syiah: Nyata atau Mengada-ada?) menyatakan,  “Syiah dan Khawarij berkolaborasi dalam menebarkan ide-ide takfir dan dalam memusuhi kaum muslimin. Hanya saja kalangan Khawarij melakukan takfir secara terang-terangan dan terbuka. Seperti mereka menyatakan inilah akidah kami. Lain halnya dengan kalangan Syiah yang menyembunyikan pemikiran takfirnya dan tidak memunculkannya di hadapan kaum muslimin. Padahal buku-buku otoritatif mereka penuh dengan riwayat yang begitu mudah mengkafirkan kaum muslimin.”

Meski demikian, ada beberapa poin kesamaan antara Khawarij dan Syiah. Di antaranya, mereka sama-sama berpandangan ekstrem, pola pikir yang pendek, dangkal dalam pemahaman agamanya, mudah mengkafirkan kaum muslimin yang berseberangan dengan mereka, menolak hadits yang shahih meskipun mutawatir, taklid kepada para tokoh dan lain-lain.

Kemudian muncul pertanyaan, manakah yang paling berbahaya antara Syiah dan Khawarij? Jika ditelusuri lebih lanjut kesamaan dan perbedaan antara kedua sekte tersebut maka dapat dipastikan bahwa Syiah jauh lebih berbahaya dari pada kalangan Khawarij.

BACA JUGA  Kabar Siswi di Solo Dikeluarkan karena Ucapan Ultah Hoaks

Di antara karakteristik kalangan Khawarij adalah memerangi kaum muslimin dan membiarkan kaum paganisme. Sementara kalangan Syiah senantiasa membantu kaum kafir dalam memerangi kaum muslimin, mereka tunduk kepada kaum kafir dan mereka menjadi mitra kaum kafir. Sikap kalangan Syiah ini sebagaimana yang bisa kita lihat baik di Iran, Iraq, Lebanon, Yaman, Indonesia dan negara-negara lainnya. Kalangan Syiah begitu mesra berdampingan dengan kaum kafir dari kalangan Yahudi, Nashara, dan sekte-sekte sesat.

Kalangan Khawarij generasi awal mengkafirkan Ali bin Abi Thalib, Mu’awiyah bin Abi Sufyan dan Amr bin ‘Ash. Sementara kalangan Syi’ah mengkafirkan seluruh sahabat kecuali hanya segelintir. Kalangan Syiah mengkafirkan para sahabat yang mulia seperti Abu Bakar, Umar bin Khathtab, Utsman bin Affan dan istri-istri Nabi.

Pengkafiran terhadap sosok-sosok yang mulia bisa dilihat dalam ritual Idul Ghadir yang telah lalu dan bisa ditemukan juga nanti dalam ritual Asyura mereka di bulan Muharram.

Dengan demikian, Syiah lebih berbahaya dari pada Khawarij, penyimpangan mereka lebih banyak dari pada penyimpangan Khawarij. Kelompok Syiah dipenuhi dengan kemunafikan dan ini tidak ditemukan dalam Khawarij dan pengkafiran yang mereka lakukan pun jauh lebih dahsyat dibandingkan dengan vonis kafir yang dilakukan kalangan Khawarij.

Yang jelas, kita berlindung dari dua sekte yang menyimpang ini, dan tidak bisa berharap banyak dari mereka dalam meninggikan kalimat Allah di muka bumi.

BACA JUGA  Dubes Inggris untuk Iran Ditangkap Saat Hadiri Unjuk Rasa

Ustadz Anung Al Hamat.

Penulis : Dr. (cand) Anung Al-Hamat, Wakil Ketua Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) Wilayah DKI dan Ketua Forum Studi Sekte-sekte Islam (FS3I).

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Sumber Kurdi: Pejuang Daulah Mundur dari Pusat Kota Kobani

KIBLAT.NET, Kobani – Para pejuang Daulah Islamiyah, Jumat (17/10), dikabarkan menarik diri dari pusat kota...

Sabtu, 18/10/2014 06:02 0

Irak

Milisi Syiah Iraq Ancam Bunuh Tawanan Saudi Jika Nimr An-Nimr Dieksekusi

KIBLAT.NET, Baghdad – Sekjen Milisi Syiah Iraq Brigade Hizbullah, Abbas Muhammadawi, Kamis (16/10), mengancam akan membunuhi warga...

Sabtu, 18/10/2014 05:26 0

Indonesia

Ini 20 Posko Sedekah Air ACT di 20 Provinsi

KIBLAT.NET, Jakarta – Posko Darurat Kekeringan Aksi Cepat Tanggap (ACT) telah disiapkan di 20 di...

Jum'at, 17/10/2014 23:02 0

Irak

Pejuang Daulah “Kirim Pesan” ke Kampung Syiah di Jantung Kota Baghdad

KIBLAT.NET, Baghdad – Serangkaian serangan bom dan roket, Kamis (16/10), menghantam sejumlah kampung Syiah di...

Jum'at, 17/10/2014 22:41 0

Indonesia

Yogyakarta Siap Suplai Air Bersih untuk Wilayah Kekeringan

KIBLAT.NET, Yogyakarta – Sebanyak 15 truk tanki air bersih telah disiapkan Aksi Cepat Tanggap (ACT)...

Jum'at, 17/10/2014 21:54 0

Irak

47 Orang Tewas Akibat Serangan di Baghdad dan Sekitarnya

KIBLAT.NET, Baghdad – Serangan bom dan mortir di wilayah Syiah di Baghdad dan di lingkar...

Jum'at, 17/10/2014 21:29 0

Australia

Dari Diludahi, Ditendang, Hingga Diancam Dibunuh, Serangan Terhadap Muslim Australia

KIBLAT.NET, Sydney – Para pemimpin Muslim Australia baru-baru ini menyusun daftar serangan-serangan yang bermotif rasial...

Jum'at, 17/10/2014 21:03 0

Mesir

Gerakan Pro-Mursi Serukan Pembelaan kepada Masjid Al-Aqsha

KIBLAT.NET, Kairo – Pendukung mantan Presiden Mesir Muhammad Mursi pada hari Kamis (16/10) menyerukan protes...

Jum'at, 17/10/2014 20:29 0

Inggris

Inggris Akan Kirim Drone Ke Iraq untuk Hadapi Daulah

KIBLAT.NET, London – Inggris pada hari Kamis (16/10) mengatakan akan mengirim pesawat nirawak bersenjata (drone) ke Iraq...

Jum'at, 17/10/2014 19:43 0

Indonesia

Sebelum Mengebom, Israel Teror Penduduk Gaza via Telepon

KIBLAT.NET, Jakarta – Dalam perang Gaza pada Ramadhan lalu, ada peristiwa tidak umum yang dilakukan...

Jum'at, 17/10/2014 19:14 0

Close