... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kang Jalal Tulis Disertasi Terkait Kegagalan Nabi SAW Menunjuk Pemimpin

Foto: Kang Jalal (kanan), tokoh syiah Indonesia, di Universitas Paramadina, (16/10).

KIBLAT.NET, Jakarta – Tokoh Syiah Indonesia, Jalaludin Rakhmat, sedang menulis disertasi yang menyebabkan dia diancam akan dihukum mati. Pasalnya, dalam disertasi yang masih dalam tahap penulisan ini Jalal menulis bahwa Nabi Muhammad SAW gagal mengorganisasikan masyarakat sesudahnya.

“Saya sedang menulis sebuah disertasi yang kedua, dan ini mungkin disertasi yang paling lama yang saya kerjakan,” ungkap Jalal, yang mengaku sedang menulis disertasi di UIN Alauddin, Makassar.

“Ini jadi sekian lama karena mungkin satu-satunya disertasi yang mendapat tekanan dari penduduk di sekitarnya. Sudah pernah didemo beberapa kali dan saya mau diancam mau dihukum mati. Kemudian dilaporkan ke polisi karena disertasi itu, yang belum terbit, baru dalam tahap proses pembuatan,” katanya.

Pasalnya, dalam disertasi itu pemimpin organisasi Syiah IJABI ini menulis bahwa Nabi Muhammad SAW gagal mengorganisasikan masyarakat sepeninggalnya. Dia mengaku mengutip tulisan tersebut dari sejarawan Barat, Arnold Joseph Toynbee.

“Ajaib, Muhammad adalah seorang yang cerdas dan seorang manajer yang brilian (sebelumnya ditulis penyihir, red). Ternyata dia tidak berhasil mengorganisasikan masyarakat sesudahnya, karena dia tidak meninggalkan siapa pemimpin masyarakat sesudahnya. Dia pergi begitu saja, tanpa meninggalkan siapa yang dia amanati untuk meneruskan memimpin masyarakat,” demikian ujar Jalal, mengutip pernyataan Arnold Toynbee dalam disertasinya.

Jalal juga mengutip sejarawan Italia, Leone Caetani yang menyatakan, Nabi Muhammad SAW tidak meninggalkan pengganti yang meneruskan kepemimpinannya karena dia tidak sempat melakukannya.

BACA JUGA  Sekjen MUI Heran UGM Tolak Kuliah Umum Ustadz Abdul Somad

“Dia (SAW) tidak mengira bahwa kematiannya datang terlalu cepat. Jadi kematiannya begitu cepat sehingga beliau belum sempat karena beliau lupa menunjuk penerusnya,” pungkas Jalal.

 

Reporter: Imam S.

Editor: Fajar Shadiq

 

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

7 comments on “Kang Jalal Tulis Disertasi Terkait Kegagalan Nabi SAW Menunjuk Pemimpin”

  1. amin

    Kalau mengutip pendapat ahli sejarah yang bener donk, yang kredibel dan yang tidak punya kebencian.
    dan kalau anda mengutip pendapat tersebut, itu artinya anda sama dengan mereka, tanpa pengetahuan dan pemahaman yang benar.

    Kalau anda sama dengan mereka, apakah anda masih bisa disebaut orang Islam atau anda sudah menjadi musuh Islam dan musuh Allah.
    Jangan berkedok “pendapat orang lain” kalau diri anda juga setuju, pada hakekatnya diri anda lah yang ikut tersesat, semoga Allah SWT memberikan hidayah untuk anda

  2. abu+iffah

    Innalillahi, Bahkan Allah Al Aziz dalam Alquran sdh menegaskan bahwa ajaran agama ini sdh sempurna dan dengan himkah yang tinggi, rasulullah diwafatkan di waktu yang tepat, tdk ada keraguan sedikitpun bagi kami terhadap masalah ini.
    Allah Maha Sempurna dalam ketentuan dan taqdirNya

    Bagi jalal, satu hal yang perlu anda tahu, bahwa kisah ummat2 terdahulu yang dibinasakan karena menentang dan mencela NabiNya sangat bisa terulang pada diri anda.
    Wallahu’alam,

  3. Hasbiyallaah

    Jalal, jalal… alangkah beraninya nt menantang Neraka Jahannam !!!… ‘selamat’ untuk ye !!!!

  4. lavon

    Subhanalloh …keji sekali orang ini.. dia menyebut nama Nabi shollallohu alaihi wassalam tanpa penghormatan … dan dia menuduh Nabi shollahu ‘alaihi wassalam lupa menunjuk pengganti… padahal Nabi shollahu ‘alaihi wassalam sudah tahu ajal beliau sudah dekat, bahkan Abu Bakar pun tahu, juga sahabat yang lain rodhiyallohu ‘anhum. Betapa syaithan sudah menyesatkan orang ini ..
    Semoga Alloh memberi kita petunjuk-Nya.

  5. Jaya Abdi Nugroho

    Seharusnya bagi Umat Islam yang mau berpikir apa yang dikutip oleh Kang Jalal itu tidak seharusnya dipertentangkan, tetapi justru kita harus kembali mengoreksi cara pandang kita yang selam ini yang cenderung membela kekeliruan yang dilakukan oleh sahabat-sahabat pasca Rasulullah wafat ? Bukankah paska meninggalnya Rasulullah (Beliau SAW masih belum dikebumikan) yang terjadi di sakifah adalah perebutan kekuasaan antara Kaum Anshar dan Kaum Muahajirin yang kemudian diluruskan sebagai Musyawarah. Ini justru alasan bahwa Rasulullah tidak menunjujk penggantinya setelah wafatnya… Tetapi berbeda bila kita betul-betul mau menerima kenyataan sejarah itu dan kemudian mencari tahu duduk persoalan sebenarnya melalului riwayat-riwayat yang berlimpah tentang pentingnya kepemimpinan dan kemustahilan Rasulullah tidak menunjuk penggantinya.. Kita sudah terlalu lama biasa untuk mempertahankan kebenaran mayoritas ketimbang kebenaran Logika berpikir… Wassalam

  6. Assalamualaikum, saudara, kenapa rasul tidak sempat menunjuk pemimpin? harusnya anda juga berpikir pake logika. tapi logika itu pemikiran anda, bukan pemikiran nabi, pemikiran nabi s.a.w beda sama ente ente, inget itu!. nabi udah percaya sama sahabat sahabatnya, nabi sudah tahu bgaimana sahabat sahabatnya, nabi juga sudah tahu kalau sahabatnya dikabarkan surga, dan nabi juga berpesan jauh jauh, stelah nabi s.a.w wafat suruh mengikut sunnah, qur’an dan tentu sahabat sahabatnya nabi. apa ente tidak baca sejarah? . dan sebelum nabi meninggal juga allah menurunkan ayat, kalau islam sudah sempurna semuanya, dan yang mempelajari penuh akan islam sudah pasti sempurna imannya, jika islam sudah sempurna, mengapa anda meragukan kepemimpinan setelah nabi muhammad? yang disetujui oleh sahabt sahabat nabi sendiri? yang mana kita juga diwajibkan mengikuti sahabat nabi? wassalam!

  7. fauziah kasim

    Itulah nilai demokratis yang ditinggalakn oleh Nabi Muhammad SAW. Beliau bukan gagal melahirkan putra mahkota namun beliau tau dengan pasti bahwa tonggak kepemimpinan sepeninggal beliau pasti tetap alan berjalan sesuai syariah.

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afrika

Mesir Bantu Khalifa Haftar Rebut Benghazi dari Tangan Pejuang Islam

KIBLAT.NET, Benghazi – Pasukan loyalis mantan jenderal Libya, Khalifa Haftar meluncurkan kembali upaya perebutan kota...

Kamis, 16/10/2014 17:31 0

Amerika

Kagum dengan Kepribadian Tahanan Muslim, Mantan Sipir Guantanamo Masuk Islam

KIBLAT.NET, Alabama – Salah seorang mantan sipir penjara Teluk Guantanamo, Terry Holdbrooks Jr, (29 tahun)...

Kamis, 16/10/2014 16:14 0

Afrika

Serangan Bom Mobil Hantam Ibukota Somalia

KIBLAT.NET, Mogadhisu – Sedikitnya empat orang tewas dan beberapa lainnya luka-luka ketika sebuah bom mobil...

Kamis, 16/10/2014 16:02 0

Rilis Syamina

Download Laporan Syamina: Perang Barack Obama di Levant

KIBLAT.NET – Perang yang dideklarasikan oleh Obama untuk menyerang Suriah menandai babak baru dalam perang...

Kamis, 16/10/2014 13:27 0

Rilis Syamina

Download Laporan Syamina: Masalah Suriah Berpotensi Memicu Perang Dunia III?

KIBLAT.NET – Jutaan pikiran manusia di dunia sekarang ini terfokus pada Suriah, di mana pemerintahan...

Kamis, 16/10/2014 13:16 0

Siyasah

Jihad Level Tiga

KIBLAT.NET — Dalam perang, propaganda adalah sebuah alat yang digunakan untuk mendapatkan simpati publik. Propaganda...

Kamis, 16/10/2014 12:00 1

Arab Saudi

Saudi Vonis Mati Tokoh Syiah Karena Perbuatan Makar

KIBLAT.NET, Riyadh – Pengadilan Arab Saudi menjatuhkan hukuman mati kepada tokoh agama Syiah terkemuka, yang...

Kamis, 16/10/2014 10:28 0

Manhaj

Kedudukan Hukum Membantu Orang Kafir dalam Memerangi Kaum Muslimin

Amerika Serikat membentuk dan memimpin langsung koalisi internasional untuk menggempur Daulah Islamiyah (IS) di Irak...

Kamis, 16/10/2014 10:15 1

Yaman

Milisi Syiah Houtsi Perluas Wilayah Kekuasaannya di Yaman

KIBLAT.NET, Ibb – Pemberontak Syiah Houtsi melanjutkan ekspansi mereka ke kota-kota lainnya di Yaman. Milisi...

Kamis, 16/10/2014 09:09 0

Suriah

Jet Tempur Pasukan Koalisi AS Gempur Rekannya Sendiri

KIBLAT.NET, Kobani – Jet tempur koalisi AS kembali melancarkan serangan salah sasaran sehingga menewaskan rekannya...

Kamis, 16/10/2014 08:46 0

Close