Pasukan Mesir Tembak Mati Warga Gaza di Terowongan Rafah

KIBLAT.NET, Rafah – Pasukan keamanan Mesir pada Sabtu (20/09) menembak mati seorang warga Palestina dan melukai dua orang lainnya. Warga Palestina tersebut berusaha memasuki Mesir dari Gaza melalui terowongan di bawah kota perbatasan Rafah.

Para pria yang dipergoki oleh patroli keamanan tersebut, mencoba untuk lari kembali ke dalam terowongan setelah diperintahkan untuk berhenti dan ditembak.

Militer Mesir mengatakan telah menghancurkan lebih dari 1.600 terowongan yang menghubungkan wilayah Mesir di Semenanjung Sinai dengan Jalur Gaza. Pembongkaran itu sebagian besar dilakukan sejak penggulingan Presiden Mohammad Mursi tahun lalu.

Kelompok pejuang Hamas yang menjadi kekuatan utama di wilayah Gaza, menggunakan terowongan-terowongan tersebut sebagai satu-satunya jalan untuk memasukkan senjata, makanan dan uang ke wilayahnya.

Serangan Israel yang dilancarkan pada bulan Juli lalu, salah satu diantaranya bertujuan untuk menghancurkan terowongan-terowongan Hamas, termasuk yang ada di bawah wilayah pendudukan Yahudi.

Pertempuran yang menyebabkan meninggalnya lebih dari 2.140 warga Palestina tersebut, berakhir dengan kesepakatan gencatan senjata pada tanggal 26 Agustus.

Editor : Imam S.

Sumber : Al Arabiya

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat