Serangan Bom Hantam Kantor Pemerintah di Thailand Selatan

KIBLAT.NET, Pattani – Lima orang tewas dan lima lainnya terluka dalam sebuah serangan tembakan dan bom di Pattani, Thailand Selatan pada Kamis (11/09).

Serangan yang menghantam sebuah kantor pemerintah di distrik Khok Pho tersebut terjadi sebelum tengah hari. Menurut seorang polisi Khok Pho, Surin Chhomwarathayee, korban tewas dan terluka berasal dari aparat pemerintah dan warga sipil.

Surin mengatakan, tidak diketahui jumlah pelaku penembakan ke kantor Organisasi Pemerintah Magood Tambon, yang kemudian melakukan peledakan di dekatnya. Akibatnya gedung kantor rusak sebagian.

Pada hari yang sama, sekelompok gerilyawan dilaporkan melancarkan serangan serupa di kantor pemerintahan lain di distrik Yaring, tapi tidak ada korban tewas maupun terluka.

Sejak Januari 2004, aksi penyerangan berulang kali terjadi di ujung selatan Thailand, termasuk tiga provinsi di selatan yang didominasi Muslim Melayu yaitu Yala, Pattani, Narathiwat dan empat distrik di Songkhla.

Menurut militer Thailand serangan gerilyawan di selatan Thailand telah menewaskan lebih dari 5.900 orang dan 10.600 orang terluka dalam satu dekade terakhir.

Pemerintahan baru Thailand yang dipimpin perdana menteri Prayuth Chan-ocha telah merencanakan untuk melanjutkan pembicaraan perdamaian dengan pejuang di selatan.

Sebelumnya pembicaraan antara pemerintahan Yingluck dan kelompok pejuang telah dimulai awal tahun lalu, dipimpin oleh Barisan Revolusi Nasional. Namun setelah lima putaran, pembicaraan tersebut terhenti pada bulan Oktober.

Editor : Imam S.

Sumber : Xinhua

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat