... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

LAZIS Dewan Dakwah Layani Info dan Konsultasi Produk Halal

Foto: Sucikan Ramadhan dengan Produk Halal.

KIBLAT.NET – Bulan Suci Ramadhan, seperti dipesankan Nabi Muhammad SAW, adalah bulan pencuci akumulasi dosa-dosa kita selama sebelas bulan sebelumnya. “Siapa yang berpuasa karena iman dan semata-mata mengharap pahala, niscaya diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Tapi, sekadar menahan lapar dan dahaga pada masanya, tak cukup buat menggapai keutamaan Ramadhan tersebut. Yang tak kalah penting adalah berbuka puasa, makan sahur, dengan makanan yang halal. Tanpa ini, bahkan puasa kita sebulan penuh menjadi tiada makna.

Ingatlah firman Allah Swt dalam Surat Al-Maidah ayat 88: ‘’Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepadanya.’’

Rasulullah saw menjelaskan, mencari yang halal adalah kewajiban setiap muslim. Beliau berwasiat, ‘’Menuntut yang halal wajib atas setiap muslim’’ (HR Ibnu Mas’ud).

Suatu ketika seorang sahabat yang bernama Sa’ad bertanya kepada Rasulullah saw, bagaimana caranya agar doanya mustajab (diijabah oleh Allah). Jawab Rasul, ‘’Perbaikilah makanmu, maka Allah akan mengabulkan doamu’’ (HR Ath-Thabrani).
Sebaliknya, Nabi SAW pernah mengisahkan seorang musafir lusuh yang mengangkat tangannya ke langit sambil berdoa, ‘’Wahai Tuhan, Wahai Tuhan (perkenankan doaku)’’ tapi makanan yang dimakannya haram, minumnya haram, pakaian yang dikenakannya haram, diberi makan yang haram. ‘’Bagaimana mungkin dikabulkan doanya?” ujar Nabi (HR. Muslim dari Abu Hurairah).
Rasulullah SAW juga pernah berwasiat kepada shahabat bernama Sa’id: ‘’Duhai Sa’id, perbaikilah makananmu, niscaya kamu akan menjadi orang yang terkabul doanya. Demi Allah yang jiwa Muhammad dalam genggaman-Nya, sungguh orang yang memasukkan sesuap makanan haram ke dalam perutnya, maka tidak akan diterima amal kebajikannya selama empat puluh hari.’’ (HR Thabrani).

BACA JUGA  Jadi Mitra BNPT, Kemendagri Pantau Kelompok Radikal

Mencermati Produk
Nurbowo, Pengasuh Rubrik Halal pada Majalah Tazakka yang diterbitkan LAZIS Dewan Dakwah, menjelaskan, untuk mendapatkan produk yang terjamin kehalalannya, ada beberapa tindakan kritis hal yang harus diperhatikan ketika berbelanja.

Pertama, selalu membaca dan mencermati label yang tertera pada kemasan, yaitu: Logo halal, yang menunjukkan kepemilikan sertifikat halal dari LPPOM MUI; Nomor seri ‘’BPOM MD/ML/SP’’ + 12 digit, untuk jaminan keamanan kesehatan dan keselamatan. MD = makanan produksi dalam negeri; ML = makanan produksi luar negeri; SP = Sertifikat Penyuluhan; dan daftar ingredient.

‘’Hindari produk yang mengandung istilah-istilah yang belum difahami pada daftar ingredientnya atau kemasan minim (tidak lengkap daftar ingredient, nomor seri SP, ML atau MD, apalagi tanpa logo halal),’’ kata Nurbowo dalam pers rilisnya kepada Kiblat.net, Selasa (01/07).

Kedua, untuk produk-produk impor atau yang menggunakan bahasa asing dan belum diterjemahkan serta tanpa label halal, sebaiknya dihindari guna menjauhkan diri dari kemungkinan mengkonsumsi yang haram karena ketidaktahuan.

Deteksi kehalalan juga bisa dilakukan secara manual untuk produk sembelihan utuh. Perhatikan apakah hewan disembelih dengan cara Islam, tidak memiliki bekas tusukan, bukan bangkai dan alat yang digunakan untuk memotong, mengambil dan menimbang, mengambil serta etalase yang digunakan terpisah dengan produk haram.

Selain itu yang terpenting pertanyaan kepada penjual mengenai jaminan kehalalan, seputar asal rumah potong daging, pemisahan alat yang digunakan dan tempat produk halal dan haram. Hal yang sama dapat dilakukan untuk daging giling.

BACA JUGA  PERSIS: Pelarangan Cadar Menyalahi Hukum

Layanan Info
Untuk membantu memudahkan masyarakat, Ramadhan tahun ini LAZIS Dewan Dakwah kembali melayani informasi dan konsultasi tentang Kiat Memilih Produk Halal melalui SMS ke nomor 081317027042 (Bowo).

Layanan juga disediakan dalam bentuk seminar Bincang Halal. Request Bincang Halal untuk Majelis Taklim di Kantor/Perumahan silakan kontak melalui nomor 085796876770 (Robby).

 

 

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Prancis

Mantan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy Ditangkap Polisi

KIBLAT.NET, Paris – Mantan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy pada Selasa, (01/07) ditahan karena diduga ikut campur...

Selasa, 01/07/2014 18:05 0

Iran

PBB: Sepanjang Juni, 2.400 Nyawa Melayang di Irak

KIBLAT.NET, Baghdad – Badan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) di Irak, Selasa (01/07), mengumumkan lebih dari 2.400...

Selasa, 01/07/2014 17:30 0

Amerika

Menlu AS Hadapi ISIS: Tidak Akan Lakukan Serangan Udara

KIBLAT.NET Washington – Menteri Luar Negeri John Kerry beberapa waktu yang lalu menegaskan bahwa AS tak akan melakukan...

Selasa, 01/07/2014 17:08 0

Arab Saudi

Raja Saudi Tunjuk Kepala Badan Intelijen Baru

KIBLAT.NET, Riyadh – Raja Abdullah menunjuk pangeran Khalid bin Bandar sebagai kepala intelijen Arab Saudi,...

Selasa, 01/07/2014 16:30 0

Palestina

Pemukim Yahudi yang Hilang Ditemukan dalam Keadaan Tewas

KIBLAT.NET, Hebron – Militer Israel membenarkan bahwa 3 pemukim Israel yang hilang pada awal bulan...

Selasa, 01/07/2014 16:20 0

Konsultasi

Hukum Menjamak Maghrib dan Isya’ ketika Hujan saat Bulan Ramadhan

Pertanyaan Sekarang kita memasuki Bulan Ramadhan. Terkadang, kita mendapati hari-hari turun hujan. Setahu saya, menjamak...

Selasa, 01/07/2014 16:00 0

Opini

Piala Dunia dan Ramadhan

KIBLAT.NET – Beberapa pemain muslim masih tinggal di Brasil, mereka masih akan terlibat dalam pertarungan...

Selasa, 01/07/2014 15:30 0

Info Event

Ini Jadwal Shalat Tarawih Bersama Imam-imam Palestina dan Suriah untuk Wilayah Jabodetabek.

KIBLAT.NET, Jakarta – Bulan Ramadhan kali ini, Sahabat Al-Aqsha mengundang 4 imam dari Suriah dan...

Selasa, 01/07/2014 15:07 0

Afrika

Nigeria Larang Jamaah Umroh Terbang Melalui Bandara Maiduguri

KIBLAT.NET, Maiduguri – Militer Nigeria mendapat kecaman dari umat Islam setelah pasukannya tiba-tiba melarang penerbangan...

Selasa, 01/07/2014 15:01 0

Palestina

Setelah Temukan 3 Mayat Warganya, Jet Israel Tembakkan 40 Roket ke Gaza

KIBLAT.NET, Gaza – Militer Israel melancarkan puluhan serangan udara ke Jalur Gaza pada Selasa pagi...

Selasa, 01/07/2014 14:21 0

Close