... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Suara Pembaca

Hukum Menjamak Maghrib dan Isya’ ketika Hujan saat Bulan Ramadhan

Pertanyaan

Sekarang kita memasuki Bulan Ramadhan. Terkadang, kita mendapati hari-hari turun hujan. Setahu saya, menjamak shalat ketika turun hujan ada tuntunan dari Nabi SAW. Di bulan Ramadhan juga ada sunnah melaksanakan shalat tarawih berjamaah di masjid. Yang saya tanyakan, bagaimana hukum menjamak Maghrib dengan Isya’ ketika pada waktu itu turun hujan (jamak mathar), sedangkan setelah Isya’ kaum Muslimin sudah terbiasa melaksanakan shalat tarawih? Apakah hukum jamak mathar tersebut masih berlaku? Jika masih berlaku, bagaimana dengan kedudukan shalat tarawihnya, apakah dilaksanakan sendiri-sendiri di rumah atau melaksanakan bersama-sama ketika hujan reda? (Ibnu Ismail)

 

Jawaban

Untuk mengetahui hal ini, kita harus mengetahui 2 hal terlebih dahulu. Yang pertama, adalah waktu QiyamulLail itu sendiri. Kedua adalah hukum dari shalat jamak mathar atau menjamak karena turun hujan.

Pertama: Waktu QiyamulLail

Waktu shalat tarawih, atau biasa disebut shalat tahajud adalah waktu nasyi’ah. Para ulama berbeda pendapat tentang apa yang dimaksud dengan nasyi’ah seperti yang disebutkan dalam surat Al-Muzammil.

Dalam tafsir Fathul Qodir karya Imam Asy-Syaukani disebutkan beberapa makna dari ‘nasyi’ah’. Ikrimah dan Atha’ mengatakan bahwa nasyi’ah adalah permulaan malam. Sebagaimana Al-Jauhari dalam Ash-Shihah juga memaknai demikian. Sementara itu, Mujahid memaknai nasyi’ah adalah sepanjang malam. Lain lagi dengan Ibnu Kaisan, menurutnya nasyi’ah adalah QiyamulLail di akhir malam. Sedangkan Al-Hasan berpendapat nasyi’ah adalah waktu sesudah Isya’ hingga Shubuh.

Kedua: Hukum Jamak Mathar atau Jamak Karena Hujan

Adapun menjamak shalat karena hujan, maka jumhur ulama’ sepakat bahwa hal tersebut adalah rukhshah (keringanan). Hal ini didasarkan pada hadits riwayat Ibnu Abbas RA.

BACA JUGA  Khutbah Jumat Hagia Sophia: Hari Penuh Kehormatan dan Kerendahan Hati

جمع رسول الله –صلى الله عليه وسلم – بين الظهر و العصر , و المغرب و العشاء بالمدينة في غير خوف ولا مطر

“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjamak antara zuhur dan asar, maghrib dan Isya’ di Madinah, tanpa alasan khauf (takut/perang) dan hujan.” (HR. Muslim 705)

Dalam hadits di atas dapat dipahami bahwa menjamak shalat karena hujan sudah lazim dilakukan oleh Nabi, sehingga Ibnu Abbas menjelaskan bahwa Nabi pernah menjamak shalat tanpa dua alasan yang lazim tersebut.

عن نافع: ” أن ابن عمر كان إذا جمع الأمراء بين المغرب و العشاء في المطر جمع معهم “

Dari Nafi’ bahwa Ibnu Umar apabila para amir menjamak antara maghrib dan Isya’ karena hujan, maka Ibnu Umar ikut jamak bersama mereka.” (HR. Malik dan Baihaqi dengan sanadsahih).

Sudah menjadi kebiasaan umat Islam hari ini mengadakan shalat tarawih selepas Isya’. Maka apabila imam menjamak antara Maghrib dan Isya’ dengan jamak mathar atau jamak yang lainnya ketika turun hujan, maka tidak apa-apa melakukan shalat tarawih setelah shalat Isya’ yang dijamak pada waktu Maghrib. Hal ini dikarekan 2 hal:

  1. Keumuman makna nasyi’ah. Jika nasyi’ah diartikan sepanjang malam, maka shalat tarawih sah karena dilakukan pada waktunya, yaitu nasyi’ah yang bermakna seluruh malam. Dan shalat tarawihnya sah karena dikerjakan setelah shalat Isya’.
  2. Disebutkan oleh Al-Buhuti dalam Kasyaful Qina’

ويستحب التنفل بين العشاءين، وهو أي التنفل بين العشاءين من قيام الليل، لأنه أي الليل من المغرب إلى طلوع الفجر الثاني، لقول أنس ـ رضي الله عنه ـ في قوله تعالى: تَتَجَافَى جُنُوبُهُمْ عَنِ الْمَضَاجِعِ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ خَوْفاً وَطَمَعاً وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ {السجدة:16} قال: كانوا يتنفلون بين المغرب والعشاء يصلون. رواه أبو داود

BACA JUGA  Kiblatorial: Hagia Sophia dan Sinar Terang Erdogan

Dan disunahkan melakukan shalat nafilah di antara Maghrib dan Isya’. Hal tersebut termasuk Qiyamul Lail, karena sejatinya malam itu dimulai dari Maghrib sampai terbitnya fajar. Hal ini didasarkan pada perkataan Anas RA dalam memaknai firman Allah “Lambung-lambung mereka jauh dari tempat tidur mereka. Mereka berdo’a kepada Rabb mereka dengan rasa khauf (takut) dan penuh pengharapan. Dan mereka mendermakan rizki yang kami berikan kepada mereka” (As-Sajadah: 16). Maksudnya adalah, mereka melaksanakan shalat nafilah antara maghrib dan isya’.

Dengan dua argumentasi di atas, maka diperbolehkan bagi imam untuk melakukan shalat tarawih setelah shalat Isya’ yang dijamak dengan shalat Maghrib.

Akan tetapi, mengingat kurang populernya hal tersebut dikalangan masyarakat Indonesia, dan bisa saja hal ini akan berakibat pada berkurangnya jumlah jamaah shalat tarawih secara signifikan, maka sebaiknya bagi para imam rawatib untuk tidak mengambil rukhshah jamak mathar. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi fitnah di kalangan masyarakat. Juga, agar jumlah jamaah yang melakukan shalat tarawih bersama imam semakin banyak. Dimana, hal tersebut memiliki keutamaan yang amat sangat mulia. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

من قام مع الإمام حتى ينصرف كُتب له قيام ليلة  رواه أبو داود والترمذي والنسائ

“Barangsiapa yang shalat bersama Imam sampai imam selesai, maka baginya pahala shalat semalam suntuk. (HR. Abu Daud, Tirmizi dan An Nasa’i).

Referensi: Fathul Qadir, Sahih Fiqih Sunnah, Kasyaful Qina’, Fatwa di Islamweb.net (http://fatwa.islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=31638 )

Wallahu a’lamu bis shawab.

Oleh Ustadz Miftahul Ihsan LC


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Opini

Piala Dunia dan Ramadhan

KIBLAT.NET – Beberapa pemain muslim masih tinggal di Brasil, mereka masih akan terlibat dalam pertarungan...

Selasa, 01/07/2014 15:30 0

Indonesia

Optimalkan Maslahat ZIS Ramadhan, Dewan Dakwah Gencar Kirimkan Da’i ke Pedalaman

KIBLAT.NET – Salah satu wasiat Rasulullah SAW adalah: “Siapa yang memberi berbuka orang puasa, baginya...

Selasa, 01/07/2014 15:27 0

Info Event

Ini Jadwal Shalat Tarawih Bersama Imam-imam Palestina dan Suriah untuk Wilayah Jabodetabek.

KIBLAT.NET, Jakarta – Bulan Ramadhan kali ini, Sahabat Al-Aqsha mengundang 4 imam dari Suriah dan...

Selasa, 01/07/2014 15:07 0

Afrika

Nigeria Larang Jamaah Umroh Terbang Melalui Bandara Maiduguri

KIBLAT.NET, Maiduguri – Militer Nigeria mendapat kecaman dari umat Islam setelah pasukannya tiba-tiba melarang penerbangan...

Selasa, 01/07/2014 15:01 0

Indonesia

Sahabat Al-Aqsha Datangkan Imam-imam Tarawih dari Suriah & Palestina

KIBLAT.NET, Jakarta – Seperti tahun-tahun sebelumnya, Sahabat Al-Aqsha sebuah  jaringan silaturrahim keluarga-keluarga Indonesia yang bekerja sukarela...

Selasa, 01/07/2014 14:59 0

Palestina

Setelah Temukan 3 Mayat Warganya, Jet Israel Tembakkan 40 Roket ke Gaza

KIBLAT.NET, Gaza – Militer Israel melancarkan puluhan serangan udara ke Jalur Gaza pada Selasa pagi...

Selasa, 01/07/2014 14:21 0

Indonesia

HUT 68 Bhayangkara, Seorang Anggota Brimob Dibunuh Kawanan Pria Berambut Cepak

KIBLAT.NET, Jakarta – Tepat pada peringatan HUT ke-68 Bhayangkara/Polri, seorang anggota Brimob berpangkat Bharada dibunuh...

Selasa, 01/07/2014 14:08 0

Asia

AS Batalkan Visa Biksu Srilanka Garis Keras

KIBLAT.NET, Colombo – Amerika Serikat membatalkan visa seorang biksu garis keras Buddha Sri Lanka, yang...

Selasa, 01/07/2014 14:00 0

Palestina

Biro Politik Hamas dan Menlu Turki Bicarakan Eskalasi Israel

KIBLAT.NET, Gaza – Kepala Biro Politik Hamas Khalid Misyaal mengadakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri...

Selasa, 01/07/2014 13:30 0

Indonesia

Hina Tokoh-tokoh Islam, Wimar Witoelar Enggan Minta Maaf Secara Terbuka

KIBLAT.NET, Jakarta – Pemuda Muhammadiyah melaporkan Wimar Witoelar ke Mapolda Metro Jaya terkait pengunggahan foto...

Selasa, 01/07/2014 13:15 0

Close