Tekan Pejuang di Kota Samarra, Militer Irak Kerahkan Pasukan Udara

KIBLAT.NET, Shalahudin – Militer Irak, Kamis (05/06), membombardir kota Samarra di provinsi Shalahudin, Irak, untuk memaksa para pejuang bersenjata yang menduduki kota itu beberapa jam sebelumnya. Pasukan Perdana Menteri Nuri al-Maliki itu mengerahkan pasukan udara selama operasi tersebut.

Komando militer operasi kota Samarra mengaku berhasil merebut kembali kota itu dan membunuh puluhan pejuang serta memaksa lainnya menarik diri. Pejuang berhasil masuk kota itu pada Rabu malam (04/06).

Operasi itu mengerahkan sejumlah helikopter  tempur.  Menurut pengakuan militer, heli itu membombardir daerah-daerah di kota Samarra yang menjadi titik berkumpul para gerilyawan.

Puluhan pejuang bersenjata, Rabu, masuk ke kota Samarra setelah meledakkan sebuah markas militer di pintu masuk kota. Puluhan polisi tewas dan puluhan lainnya luka-luka akibat serangan bom tersebut.

Para pejuang yang diperkirakan berjumlah 150 orang bersenjata itu terus masuk ke dalam kota dengan mengendarai puluhan mobil dan kendaraan militer serta senjata berat. Mereka melumpuhkan setiap pos militer yang ditemui di sepanjang jalan menuju Samarra.

Kepolisian setempat mengatakan bahwa mereka segera mengontrol gedung-gedung penting dan masjid agung di pusat kota. Mereka masuk dari arah timur dan barat.

“Para gerilyawan dilengkapi dengan senjata pelontar roket dan pasukan sniper untuk menargetkan markas-markas komando militer,” kata seorang pejabat di provinsi Shalahudin.

kepala dewan provinsi Shalahudin Ahmad al-Kariyim mengaku dalam sebuah percakapan telepon dengan al-Arabiya bahwa pihaknya telah memperingatkan sebelumnya akan rencana penyerbuan itu. Namun, militer Samarra tidak mengindahkannya.

“Kemarin kami telah memperingatkan dinas keamanan akan rencana Da’ish (sebutan untuk ISIS) menyerbu kota Samarra,” ujarnya.

Editor: Hunef
Sumber: Sky News Arabia

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat