Roket dan Birmil Militer Irak Hujani Pemukiman Sipil di Utara Falujah

KIBLAT.NET, Falujah – Militer Suriah, Ahad (01/06), menghujani sejumlah pemukiman penduduk di utara Falujah dengan berbagai mortir, roket dan birmil. Akibatnya, sejumlah warga sipil terbunuh dan banyak rumah warga hancur.

Dilaporkan kantor berita al-Jazeera, melansir dari sejumlah sumber medis di Falujah, sedikitnya enam warga sipil terbunuh dan enam lainnya luka-luka akibat gempuran itu. Di antara korban tewas tersebut adalah dua perempuan, sementara delapan dari seluruh korban merupakan satu keluarga.

“Militer menggempur lingkungan-lingkungan sipil di utara Falujah dengan tembakan artileri berat dan bom birmil sehingga rumah-rumah warga, toko dan gedung sekolah hancur,” kata warga setempat, sebagaimana dilansir al-Jazeera.

Sejumlah foto yang diperoleh al-Jazeera melihatkan kerusakan cukup parah di bangunan-bangunan milik warga akibat gempuran itu. Sejumlah orang juga terlihat terluka dan terbunuh, sementaranya hampir seluruh warga mengungsi ke daerah yang lebih aman.

Sehari sebelumnya, sumber medis di kota Falujah menyebutkan sedikitnya 15 orang tewas, delapan di antaranya pasukan keamanan dan empat pejuang, serta sembilan lainnya luka-luka dalam serangan yang dilancarkan militer pada Sabtu pagi. Para warga melaporkan bahwa pejuang berhasil memukul mundur para tentara Nuri al-Maliki itu.

Sebuah sumber di dalam wilayah Falujah mengatakan bahwa serangan militer itu dimulai dari front timur kota Falujah. Seperti diketahui, militer Irak selama enam bulan terakhir berusaha masuk dan merebut kembali kota Falujah, namun usaha itu gagal.

Editor: Hunef
Sumber: Al-Jazeera.net

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat