Pasukan Udara Haftar Kembali Serang Markas Brigade Pejuang di Benghazi, Libya

KIBLAT.NET, Benghazi – Jet tempur pasukan Angkatan Udara milisi mantan Mayor Jenderal militer Libya, Khalifah Haftar, Ahad (01/06), melancarkan tiga serangan udara ke sejumlah basis brigade bersenjata di kota Benghazi, Libya. Brigade-brigade itu merupakan brigade pejuang yang terlibat aktif dalam revolusi Libya.

Juru bicara ‘Ruang Operasi Revolusi Libya’, Ahmad al-Jazawi mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa serangan itu hampir mengenai pemukiman penduduk sipil.

“Jet-jet tempur Haftar menembakkan tiga misil yang menargetkan basis brigade pejuang revolusi dan militer nasional, termasuk di antaranya menargetkan basis militer yang berdekatan dengan pemukiman sipil,” katanya.

Ia menjelaskan, jet-jet tempur tersebut menyerang markas brigade ‘Syuhada’ 17 Februari’ di daerah Qawarisyah di pintu masuk bagian barat kota Benghazi dan di daerah Garyounes. Tidak ada korban akibat dua serangan tersebut.

Serangan udara juga menargetkan markas brigade tank tempur 204 milik militer nasional di daerah Rahbah di pusat kota Benghazi.

Perlu diketahui, ‘Ruang Operasi Revolusi Libya’ merupakan gabungan dari seluruh brigade-brigade yang bertempur untuk melengserkan rezim Muammar Gaddafi pada tahun 2011 silam.

Sementara itu, komandan operasi Angkatan Udara milisi Haftar, Saqar Jeroshi, mengklaim serangan tersebut tepat mengenai sasaran dengan akurasi yang tinggi. Ia menambahkan bahwa salah satu brigade yang ditargetkan itu adalah markas pejuang Anshar al-Sharia.

“Operasi ‘karamah’ akan terus berlanjut untuk memerangi ‘teroris’ di Libya,” pungkas Jeroshi.

Haftar yang sempat bersembunyi di Amerika Serikat setelah membelot dari rezim Muammar Gaddafi, 16 Mei lalu menggulirkan operasi ilegal yang diungkapkan dengan operasi ‘Karamah’ untuk menumpas brigade-brigade yang disebut teroris. Haftar yang memiliki ribuan milisi menyerang basis-basis pejuang Anshar al-Sharia di kota Benghazi dengan pasukan udara yang dimilikinya.

Editor: Hunef
Sumber: Sky News Arabia

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat