... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kenapa Densus 88 Harus Menculik Andi Alkautsar?

Foto: Foto Andi Al Kaustar bersama anak-anaknya sebelum hilang (ciia)

Oleh: Harits Abu Ulya
Pemerhati Kontra Terorisme dan Direktur CIIA (The Community Of Ideological Islamic Analyst)

KIBLAT.NET – Tindakan ilegal kembali dilakukan oleh penegak hukum. Pihak yang diharapkan dapat menegakkan keadilan justru menculik seorang warga Sudiang, Makassar, Sulsel. Andi Alkautsar bin Andi Abdul hamid alias Abu Habib, laki-laki kelahiran Pare-Pare Sulsel 36 tahun silam, diketahui hilang oleh pihak keluarga sejak 16 Mei 2014 lalu.

Lelaki yang biasa aktif shalat berjamaah di masjid ar-Ridla Sudiang, Makassar, ini diduga kuat diculik oleh aparat Densus 88 atau Satgas BNPT. Pasalnya, beberapa hari sebelum Andi Alkaustar hilang, ada orang-orang asing mencurigakan yang berseliweran di sekitar komplek perumahan pesantren  tahfidz Qur’an ar-Ridla di Sudiang, Makassar, tempat tinggal Andi. Andi bersama keluarga  belum genap setahun  tinggal dirumah tersebut,  dan sebelumnya di Pare-pare.

Kejadian penculikan serupa juga pernah dialami seorang imam masjid di Sudiang, yang bernama ustad Faruq. Pengurus RT dan masjid, tempat ustad Faruq menjadi imam, mengatakan bahwa ustad muda itu diculik oleh Densus 88 malam hari, sepulang dari Masjid.

Sampai laporan ini dibuat pihak keluarga Andi, yaitu istrinya yang dalam kondisi mengandung dan dua anaknya yang masih kecil, pihak keluarga belum mendapatkan pemberitahuan sama sekali dari pihak-pihak terkait, perihal keberadaan Andi Alkautsar.

Dari informasi  terbatas yang didapat, Kamis malam Jumat 15 Mei  2014, Andi memberitaukan kepada keluarga hendak keluar kota, karena ada keperluan mencari kebutuhan jelang kelahiran anaknya yang ketiga. Kebiasaan Andi, jika hendak bepergian dalam waktu lama ia akan memberitahukan kepada keluarga atau teman-temannya di pesantren. Namun, ketika pergi malam Jumat, Andi berniat keluar sebentar sebatas keperluan. Sejak malam itu, Andi tidak kembali lagi, sampai akhirnya pihak keluarga mendapatkan informasi bahwa Andi ditangkap aparat polisi.

BACA JUGA  Arab Saudi, Visi 2030, dan Sportswashing

Istri Andi baru mengetahui tentang penculikan suaminya, setelah tetangganya beranama Pak Somad, yang juga sama-sama aktif berjamaah di masjid ar-Ridla, memberitahukan perihal penangkapan Andi oleh aparat. Pak Somad mengetahui penangkapan itu setelah ditelpon oleh orang tak dikenal, yang mengaku dari aparat kepolisian. Kepada Pak Ahmad, orang itu menjelaskan sedikit bahwa Andi Alkaustar ditangkap aparat. Kemungkinan, Andi diculik  pada tanggal 16 Mei 2014, tepatnya pada Jumat, ketika Andi menumpang mobil angkutan umum dari arah Belopa Luwu, Sulsel, menuju ke Makassar. Ia diculik di sekitar daerah kampung Kera, Kabupaten Wajo, Sulsel.

Ini satu contoh dari sekian kali kasus tindakan aparat Densus 88 dan Satgas BNPT yang tidak profesional dan membuang  “criminal justice system”. Hanya berdasarkan dugaan atau informasi intelijen yang mentah dan premature, seseorang dapat ditangkap, tanpa ada surat resmi penangkapan (lebih tepat adalah menculik). Dalam kasus terorisme versi Densus 88 dan BNPT, konsistensi atas mekanisme penegakan hukum tidak tertalu penting dan tidak dibutuhkan. Hak-hak korban penculikan (yang ditangkap) sering diabaikan begitu saja, ternasuk terhadap keluarga korban penculikan Densus 88 atau Satgas BNPT. Dari analisa saya, kemungkinan saudara Andi Alkautsar diculik karena dikait-kaitkan dengan kelompok Santoso (Poso). Saudara Andi diduga sebagai kurir, penyuplai logistik pihak Santoso cs.

Andaikan benar tentang peran Andi seperti itu, maka kenapa aparat Densus 88 atau BNPT tidak melakukan penindakan dengan cara-cara yang etis, terukur dan profesional. Mengingat, setiap hari Andi dengan mudah bisa ditemui di komplek tahfidz Qur’an ar-Ridla Sudiang, Makassar. Selain itu, saudara Andi juga sering tampak berjamaah di masjid ar-Ridla. Sampai kapan penindakan hukum dengan cara-cara illegal ini dilakukan oleh aparat Densus88 dan BNPT? [UP.25 Mei/CIIA]


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Rebut Kamp Militer Penting di Hama, Pejuang Suriah Tewaskan 200 Tentara

KIBLAT.NET, Hama – Operasi gabungan yang digulirkan sejumlah brigade pejuang Suriah, Ahad (25/05), di provinsi...

Senin, 26/05/2014 09:07 0

Wilayah Lain

Lagi, Tiga Pemuda Muslim Dibantai dan Dimutilasi di Afrika Tengah

KIBLAT.NET, Bangui – Milisi Kristen Republik Afrika Tengah kembali membantai dan memutilasi tiga pemuda Muslim...

Senin, 26/05/2014 08:50 0

Afghanistan

Pejuang Taliban Bebaskan 27 Tawanan Polisi di Utara Afghanistan

KIBLAT.NET, Dagestan – Pejuang Taliban, Ahad (25/05), melepaskan 27 tawanan dalam pertempuran membebaskan daerah Yamghan,...

Senin, 26/05/2014 07:44 0

Yaman

Yaman Klaim Lumpuhkan Komandan Al-Qaidah, Sang Eksekutor Pemimpin Syiah Hautsi

KIBLAT.NET, Sanaa – Departemen Pertahanan Yaman, Ahad (25/05), mengklaim pasukannya berhasil menewaskan seorang komandan Al-Qaidah...

Senin, 26/05/2014 06:44 0

Mesir

Ansar Bait Al-Maqdis Bantah Kematian Panglima Militernya

KIBLAT.NET, Sinai – Gerakan Jihad Ansar Bait Al-Maqdis membantah kematian salah seorang panglima perangnya Syadi...

Ahad, 25/05/2014 13:00 0

Palestina

80 Tahanan Palestina Bergabung dengan Aksi Mogok Makan

KIBLAT.NET, Ashkelon – Delapan puluh tahanan Palestina pada Minggu (25/5), akan bergabung dengan aksi mogok...

Ahad, 25/05/2014 12:30 0

Turki

Pemimpin Agama Turki Siprus Serukan Pembukaan Masjid Hala Sultan

KIBLAT.NET, Siprus – Menteri Urusan Agama Republik Turki Siprus Utara ( TRNC ) Prof Dr...

Ahad, 25/05/2014 12:00 0

Afrika

Al-Shabaab Serang Gedung Parlemen Somalia

KIBLAT.NET, Mogadhisu – Tentara Somalia dilaporkan tewas pada hari Sabtu (24/5, dalam serangan di gedung...

Ahad, 25/05/2014 11:00 0

Rusia

Rusia akan Pasok Jet Tempur ke Rezim Suriah hingga 2017

KIBLAT.NET, Rusia – Rusia mengumumkan kontrak dengan rezim Suriah atas  pengiriman pesawat tempur yang dijalin...

Ahad, 25/05/2014 11:00 0

Yaman

Al-Qaeda Serang Kota Terbesar Kedua di Hadramaut Yaman

KIBLAT.NET, Seyun – 27 orang dilaporkan tewas dalam serangan malam oleh puluhan mujahidin Al-Qaeda terhadap...

Ahad, 25/05/2014 10:17 0

Close
CLOSE
CLOSE