Slogan Syiah Ditemukan di Bom Birmil yang Gagal Meledak di Anbar, Irak

KIBLAT.NET, Anbar – Pejuang Sunni Irak beberapa hari lalu menyita sebuah bom Birmil yang gagal meledak di provinsi Anbar. Yang mengherankan, pejuang menemukan tulisan-tulisan sektarian di bom yang berbentuk tong tersebut.

Dalam sebuah rekaman video yang diunggah pejuang melalui situs Youtube pada Sabtu, 3/5/2014 lalu, bom tersebut hanya terlihat ringsek. Di dalamnya masih terdapat  puluhan kilo gram bahan peledak berwarna putih.

“Insyallah ini akan kami jadikan bom ranjau,” kata sebuah suara dalam rekaman berdurasi 2 menit 24 detik itu.

Yang menarik, di bagian luar Birmil itu ditulis slogan-slogan Syiah, seperti Ya Zahra, Ya Ali dan Labbaik Ya Zainab. Bukti ini semakin memperkuat bahwa pertempuran yang digulirkan PM Irak Nuri Al-Maliki di provinsi Anbar adalah pertempuran melawan Ahlu Sunnah.

Sebagaimana diberitakan beberapa waktu lalu, pemerintah Irak mulai menggunakan bom Birmil untuk menghadapi pejuang Ahlu Sunnah di wilayah Anbar. Bom yang dinilai sangat efektif itu sering digunakan rezim Suriah untuk menggempur warga sipil.

“Pasukan militer mulai menggunakan Birmil untuk menyerang warga sipil di daerah Karamah,” kata Ketua Dewan Revolusi Suku di kota Falujah, provinsi Anbar, Syaikh Rafi’ Muhshin, bulan lalu.

Sementara itu, pemerintah Suriah mengelak dan mengaku tidak pernah menggunakan bom tersebut selama pertempuran di Anbar. Namun, bukti-bukti yang disebarkan pejuang Sunni melalui dunia maya menegaskan bahwa bom tersebut digunakan militer Irak untuk menggempur Anbar. [hunef]

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat