... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

Abu Rusydan: Tokoh Islam Penyeru Demokrasi Harus Segera Bertaubat

Foto: Ustad Abu Rusydan

KIBLAT.NET – Berkenaan dengan datangnya Pemilu 9 April 2014, di kalangan aktivis Islam pembicaraan seputar perlu-tidak, halal-haramnya ikut mencoblos kembali mencuat. Apalagi, di tengah gencarnya kampanye anti Syiah yang mereka lakukan, beberapa tokoh Syiah ikut serta mencalonkan diri sebagai anggota legislatif dengan mendompleng beberapa partai.

Topik yang dibahas bukan lagi masalah halal-haram demokrasi. Mereka sepakat, hukum mutlak demokrasi adalah haram. Perbedaan terjadi di ranah ijtihadi, yaitu ikut serta dalam Pemilu (dan juga parlemen) untuk membentengi (atau meminimalisir) dampak kerusakan yang terjadi seandainya parlemen dikuasai oleh musuh-musuh Islam.

Ustadz Abu Rusydan, salah seorang ideolog dan pemerhati gerakan jihad Islam berkenan menerima wartawan Kiblat.net untuk menjawab kebingungan umat seputar masalah pemilu 2014 .

Beberapa tokoh Islam menyarankan umat untuk memilih caleg yang punya komitmen kuat untuk membela Islam atau menegakkan syariat Islam. Bagaimana pendapat Ustadz?

Kalau mereka sungguh-sungguh, mereka tidak akan menempuh jalan selain apa yang telah dituntunkan oleh Allah dan Rasul-Nya. Maka bagi tokoh-tokoh yang mempunyai satu pikiran seperti itu kemudian melangkah seperti itu, tidak ada kalimat lain kecuali supaya mereka itu istighfar, bertobat kepada Allah SWT. Wa yaaqoumistagfiruu robbakum, harus, dia harus bertaubat.

Tidak ada cara lain, sebab itu bukan cara yang diajarkan oleh Allah dan RasulNya untuk iqomatuddin. Jawaban-jawaban, apa ini, secara politis dan lain-lain, melelahkan. Dan itu tidak akan menemukan suatu penyelesaian.

Adakah tokoh Islam yang seperti itu? Saya kok malah tanda tanya itu. Mereka harus belajar dari sejarah, ya kan? Mereka harus belajar dari sejarah.

Kalau Ustadz Abdullah Azzam rahimahullah mensyaratkan untuk bergabung di dalam parlemen dengan tiga syarat. Satu, dengan niat untuk menentang qonun wad’i, undang-undang bikinan manusia. Adakah hari ini kira-kira?

Kemudian yang kedua, yaitu hendaklah dengan niat untuk melindungi dan menolong dakwah Islamiyyah. Kemudian yang ketiga, dia tidak boleh menyetujui atau membubuhkan tanda tangan untuk satu undang-undang atau tatanan yang menyimpang dari tuntunan Allah SWT. Adakah hari ini?

Politisi yang paling sukses sepanjang sejarah Indonesia itu Dr. Muhammad Natsir, pendiri Dewan Dakwah. Beliau sudah sampai kepada jadi perdana menteri. Orang-orang disekitarnya ada Pak Saf, ada Dr. Sukiman, macam-macam yang berkualitas baik.

BACA JUGA  Sehari Pasca Reuni 212, Ada Ledakan Granat Menyasar Prajurit TNI di Monas

Kita tahu sendiri Pak Natsir tidak memerlukan dunia ketika memperjuangkan itu. Dunia itu disuguhkan di hadapan mereka, di hadapan Pak Natsir, Pak Sukiman, Pak Saf, tapi mereka menghindari dunia itu. Ya, itu fakta sampai hari ini anak turunnya Pak Natsir juga bukan orang-orang yang kaya.

Kita masih punya file-nya, bagaimana debat sengit Pak Natsir dengan Sukarno di konstituante tentang dasar negara. Pak Natsir menyodorkan dengan logika yang bagus sekali, bahwa Islam yang bisa menyelamatkan bangsa Indonesia.

Adakah politisi hari ini yang sekaliber beliau ya? Menurut saya tidak ada. Hari ini yang dikejar dua, al maal wa syarof, harta dan kehormatan.

Padahal, ayyuhal ikhwah, Rasul SAW sudah bersabda di dalam satu hadits, silahkan nanti dicek di Shahih Al Jami’ As Shaghir.

عَنْ كَعْبِ بْنِ مَالِكٍ الْأَنْصَارِيّ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” مَا ذِئْبَانِ جَائِعَانِ أُرْسِلَا فِي غَنَمٍ بِأَفْسَدَ لَهَا مِنْ حِرْصِ الْمَرْءِ عَلَى الْمَالِ، وَالشَّرَفِ لِدِينِهِ “

Dari Ka’ab bin Malik al-Anshari radiyallahu ‘anhu berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda, “Dua srigala lapar yang dilepaskan pada sekawanan kambing itu tidak lebih merusak daripada ambisi seseorang kepada harta dan kemuliaan sehingga merusak agamanya.” (HR. Ahmad no. 15784 dan 15794, At-Tirmidzi no. 2376, An-Nasai dalam As-Sunan al-Kubra no. 11796, Ad-Darimi no. 2772, Ibnu Hibban no. 3228, Ibnu Abi Syaibah no. 34380, Al-Baghawi dalam Syarh as-Sunnah no. 4054, Ath-Thabarani dalam Al-Mu’jam al-Kabir, 19/96 no. 189. Hadits shahih)

Jadi kerusakan yang ditimbulkan oleh orang-orang yang rakus terhadap harta dan kehormatan terhadap dien, terhadap agamanya, itu jauh lebih besar dari pada kerusakan yang ditimbulkan oleh dua serigala yang kelaparan yang dibiarkan hidup di tengah-tengah kambing.

Kita bisa bayangkan, serigala itu kalau sudah kelaparan ya, kita pernah waktu kita di Afghanistan itu kita pernah punya bangkai kambing. Bangkai, karena sakit kemudian kita kubur. Kita gali sudah di dalam tanah yang agak dalam, kemudian kita kubur. Itu malamnya sudah digali oleh kawanan serigala lapar. Jadi sudah kita kubur, ya digali.

BACA JUGA  Pakar Pidana: Granat Meledak di Monas Bikin Orang Ketakutan

Apalagi sekarang dunia dan kemuliaan itu ditawarkan di nampan emas, ya ditawarkan di nampan emas. Saya membayangkan kalau politisi hari ini menerima tawaran dunia seperti Pak Natsir Allah yarham, saya bayangkan rumit lagi kehidupan ini.

Jadi sebaiknya para tokoh Islam, yang menganjurkan siapapun untuk terlibat pada kegiatan demokrasi itu sebaiknya istighfar, bertaubat dan jangan lagi mengulangi perbuatannya. Itu nasihat yang paling baik.
Tapi sekali lagi, kita tidak mengkafirkan kecuali nanti setelah melalui suatu penyelidikan ya. Penyidikan dan penyelidikan yang baik.

Sikap yang harus diambil pada Pemilu 2014?
Jadi begini, cara yang paling sederhana agar tidak terlibat kepada sesuatau yang buruk, cara yang paling sederhana ya, agar tidak terlibat kepada sesuatu yang buruk, kepada sesuatu yang kotor, kepada sesuatu yang syirik, cara yang paling sederhana itu adalah menjauh. Maka Rasullullah SAW mengatakan مَا نَهَيْتُكُمْ عَنْهُ فَاجْتَنِبُوْهُ،.  (Apa-apa yang aku larang, maka jauhilah, red). Jelas itu.

Jadi apa yang dilarang oleh Rasul SAW jelas dilarang, Allah melarang yanha ‘anil fahsya i wal munkar jelas, Allah melarang syirik jelas, ya kan maka itu dijauhi. Sebab jelas sekali.

Kemudian yang kedua, ini juga lanjutan dari hadits itu tadi, ini ada di shahih ya, Imam Al Bukhori. Imam Muslim meriwayatkan hadits ini. Ada di Hadits Arba’in, yaitu sabda Nabi SAW,

ذَرُوْنِيْ مَا تَرَكْتُكُمْ، فَإِنَّمَا هَلَكَ مَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ سُؤَالُهُمْ وَاخْتِلاَفُهُمْ عَلَى أَنْبِيَاءِهِمْ، فَإِذَا نَهَيْتُكُمْ عَنْ شَيْءٍ فَاجْتَنِبُوْهُ، وَإِذَا أَمَرْتُكُمْ بِشَيْءٍ فَأْتُوْا مِنْهُ مَا اسْتَطَعْتُمْ.

“Biarkan aku terhadap apa yang aku tinggalkan pada kalian, karena sesungguhnya orang-orang sebelum kalian binasa oleh pertanyaan dan penentangan mereka kepada nabi-nabi mereka. Jika aku melarang sesuatu terhadap kalian, jauhilah. Dan jika aku memerintahkan sesuatu kepada kalian, kerjakanlah semampu kalian”.

Jadi setiap hal yang menyimpang dari ketentuan yang telah diberikan oleh Rasullullah SAW pasti akan membawa malapetaka. Pasti akan membawa kerusakan. Jadi apa kalimat sederhananya, hindari itu demokrasi.[Imam]

Video lengkapnya bisa anda saksikan di sini

 

 

 

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

7 comments on “Abu Rusydan: Tokoh Islam Penyeru Demokrasi Harus Segera Bertaubat”

  1. hasan007

    setuju ustad…jazakallah khoir

  2. 006

    Alhamdulillah. setelah membaca tulisan ini saya sekarang menjadi lebih mantap dengan pilihan saya ANTI DEMOKRASI.

  3. Anonymous

    mantabb 006

  4. san07

    ok aku setuju sekali

  5. Hasibuan

    Ini dia baru ulama beneran,

  6. abdullah hasan

    hhh

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Irak

Militer Irak Gempur Falujah, 19 Orang Terbunuh

KIBLAT.NET, Anbar – Militer Irak, Selasa (08/04), mengatakan bahwa pasukannya telah melancarkan serangan udara menargetkan...

Selasa, 08/04/2014 15:58 0

Asia

Tentara India Intimidasi Warga Desa Kashmir

KIBLAT.NET, Kunan – Tentara India mencoba menakut-nakuti warga desa Kashmir agar tidak memperjuangkan kasus hukum...

Selasa, 08/04/2014 15:24 0

Pakistan

Taliban Pakistan Luncurkan Situs Resmi

KIBLAT.NET, Islamabad – Gerakan Taliban di Pakistan atau Tehreek-e-Taliban Pakistan meluncurkan sebuah situs resmi. Dalam...

Selasa, 08/04/2014 14:06 0

Lebanon

Perkelahian di Kamp Pengungsi di Lebanon, 8 Terbunuh

KIBLAT.NET. Sidon – Sedikitnya delapan orang terbunuh dalam pertempuran pada hari Senin, (07/04) antara faksi-faksi...

Selasa, 08/04/2014 14:01 0

Mesir

Wakil Syaikh Aiman Azh-Zhawahiri Semasa di Mesir Ditangkap

KIBLAT.NET, Kairo – Wakil Syaikh Aiman Azh-Zhawiri semasa di Mesir, Thirwat Salah Shehata dilaporkan telah...

Selasa, 08/04/2014 13:38 0

Afghanistan

Serangan Bom Kembali Hantam Afghanistan Pasca 2 Hari Pemilu

KIBLAT.NET, Kabul – Sedikitnya 13 warga sipil tewas terkena ledakan bom pinggir jalan di Afghanistan...

Selasa, 08/04/2014 13:01 0

Rusia

Krimea Akan Larang Hizbut Tahrir

KIBLAT.NET, Crimea – Wakil Perdana Menteri Crimea Rustam Temirgaliyev telah mengungkapkan akan melarang kelompok politik...

Selasa, 08/04/2014 12:46 0

Rohah

Gak Jadi Dimarah, Malah Dapat Hadiah

Pada suatu siang Abu Nawas berada di istana Raja Harun Ar-Rasyid. Saat itu Raja sedang...

Selasa, 08/04/2014 12:12 0

News

3 Roket Mujahidin Mali Hantam Kota Kidal, Satu Mendarat di Kamp Prancis

KIBLAT.NET, Kidal – Setidaknya tiga roket Senin pagi (07/04) menghantam kota Kidal, timur laut Mali....

Selasa, 08/04/2014 11:29 0

Amerika

Tangkal Islamophobia, Aktor Muslim AS Rintis ‘Halalywood’

KIBLAT.NET, Washington – Untuk melayani kebutuhan kaum muslim, seorang aktor muslim sekaligus komedian Amerika Serikat,...

Selasa, 08/04/2014 10:49 0

Close