Lagi, Tentara NATO Tewas di Afghanistan

KIBLAT.NET, Kabul – Sebuah serangan bom pinggir jalan kembali memakan korban pasukan koalisi Internasional, NATO, di Afghanistan pada Ahad (30/03). Kali ini, korbannya adalah tentara Rumania, sebagaimana dilaporkan kantor berita Al-Jazeera.

Juru bicara militer NATO, Viv Sbivenz, mengonfirmasi berita tersebut. Ia mengatakan, “Kita bisa memastikan bahwa salah satu anggota tentara NATO tewas akibat bom rakitan di selatan Afghanistan,” katanya dalam sebuah pernyataan. Akan tetapi, ia tidak menyebutkan identitas tentara nahas tersebut.

Seorang pejabat setempat menjelaskan bahwa serangan itu terjadi di jalan raya yang menghubungkan antara ibukota Kabul dan Kandahar. Bom yang ditanam di pinggir jalan tersebut meledak 10 km arah tenggara pangkalan militer di pinggiran kota Qalat, ibukota provinsi Zabul, dekat perbatasan dengan Pakistan.

Sementara itu, kantor berita Rumania mengutip perkataan wakil gubernur Qalat mengatakan bahwa bom yang dikendalikan dari jarak jauh itu menghantam sebuah tank tempur pasukan NATO ketika melintas di distrik Shara Shafa, provinsi Zabul. Akibatnya, seorang tentara NATO tewas dan tiga lainya luka-luka.

Militer Rumania ikut turun ke Afghanistan bersama negara-negara barat lainnya sejak 2002 lalu. Sekitar seribu tentara diturunkan dalam perang melawan pejuang Taliban di bawah pimpinan AS. Sampai saat ini, sedikitnya 23 tentara Rumania tewas dan 130 lainnya luka-luka. [hunef]

BACA JUGA  Ledakan Granat Mengguncang Kabul, Lima Orang Tewas dan Dua Luka-luka

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat