30 Tentara Irak Tewas dalam Bentrokan Terbaru di Kota Falujah

KIBLAT.NET, Anbar – Sedikitnya 30 tentara Irak tewas, dua di antaranya berpangkat perwira, dan 50 lainnya luka-luka dalam pertempuran terbaru antara militer pemerintah dan pejuang Sunni di selatan kota Falujah, provinsi Anbar, sebagaimana disebutkan sejumlah sumber keamanan dan medis kepada kantor berita Sky News Arabic pada Jum’at (28/03).

Faishal Al-Isawi, direktur dinas keamanan distrik Amuriyah kota Falujah, mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa telah terjadi gempuran artileri yang menargetkan daerah Zawba hingga ke wilayah selatan Falujah yang merupakan basis gerilyawan Sunni, sepanjang Kamis malam. Kemudian disusul dengan pertempuran sengit pada Jum’at siang.

Ia menambahkan, para gerilyawan pun membalas gempuran tersebut dan melancarkan penyerbuan ke sejumlah titik militer. Gerilyawan berhasil mengontrol sebagiannya dan juga mengontrol sebuah jembatan penting di daerah tersebut.

Daerah Zawba terletak sekitar 15 km arah selatan kota Falujah. Pejuang Sunni memperkuat posisi mereka di wilayah itu sejak akhir Desember 2013 lalu.

Isawi menunjukkan bahwa beredar informasi korban tambahan dari kedua belah pihak akibat gempuran dan pertempuran yang masih terus berlanjut hingga berita ini diturunkan pada Jum’at malam pukul 19.06 waktu Abu Dhabi.

Sementara itu, militer pemerintah masih memberlakukan blokade ketat terhadap kota Sunni tersebut. Militer negara yang dikendalikan oleh Syiah itu menjaga seluruh akses masuk dan keluar ke kota tersebut. [hunef]

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat