... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Milisi Larikan Minyak Mentah, Parlemen Libya Pecat PM Ali Zeidan

Foto: Mantan PM Libya, Ali Zeidan

KINLAT.NET, Tripoli – Parlemen Libya melengserkan Perdana Menteri Ali Zeidan pada hari Selasa, (12/03) setelah milisi bersenjata negara itu mempermalukan pemerintah dengan memuat minyak mentah pada kapal tanker dan berhasil melarikan diri dari angkatan laut Libya, kata para pejabat.

“Kapal perang Libya kemudian mengejar kapal tanker sepanjang pantai Mediterania timur Libya dan melepaskan tembakan,” kata seorang jurubicara militer, seperti dikutip dari World Bulletin, Rabu.

“Kapal angkatan laut Italia yang membantu memindahkan kapal tanker ke pelabuhan yang dikendalikan pemerintah Libya,” katanya. Tapi Italia membantah kapalnya yang berada di daerah pada waktu itu dan insiden penembakan yang dilaporkan tidak bisa dikonfirmasi.

Negara-negara Barat khawatir negara Afrika Utara yang luas bisa terpecah, tatkala pemerintahan terus berjuang untuk mengendalikan milisi bersenjata dan anggota suku yang membantu menggulingkan diktator Muammar Gaddafi pada tahun 2011 tetapi ingin merebut kekuasaan dan pendapatan minyak.

PM Ali Zeidan, merupakan figur pemimpin liberal yang melemah selama berbulan-bulan oleh pertikaian dengan kelompok Islam. Sementara ini, posisinya akan digantikan oleh Menteri Pertahanan Abdallah al-Thinni, yang telah dilantik oleh parlemen pada Selasa malam.

Zeidan , yang berkuasa pada tahun 2012 setelah  pemilihan parlemen pertama secara bebas di Libya menyusul empat dekade pemerintahan tunggal yang dipimpin oleh rezim Gaddafi. Pemerintahan Ali Zeidan telah menghadapi perlawanan dari kelompok Islamis dan masyarakat yang menyalahkan dia atas transisi anarkis di Libya sejak 2011.

Deputi mengatakan mereka telah memutuskan untuk mengeluarkan mosi tidak percaya setelah kapal tanker milisi berhasil berlayar dari pelabuhan Es Sider, salah satu dari tiga terminal ekspor utama pemerintah yang telah jatuh ke tangan milisi bersenjata.

BACA JUGA  Beef Teriyaki, Menu Olahan Daging Kurban Paling Maknyus

“Pemerintah telah melemah untuk sementara waktu dan kami membutuhkan kepribadian yang baru,” kata Sharif al-Wafi, seorang anggota parlemen independen. “Seorang perdana menteri baru akan dipilih oleh deputi dalam waktu dua minggu,” tambahnya.

Jaksa Agung, Abdel Qader-Radwan mengatakan ia telah melarang Zeidan bepergian ke luar negeri karena dia menghadapi penyelidikan atas dugaan penyimpangan keuangan.

Zeidan menyatakan kepada Reuters, Senin malam dalam sebuah wawancara bahwa pasukan angkatan laut telah menghentikan tanker dan mengawal ke pelabuhan yang dikontrol pemerintah di Libya barat.

Namun, pemimpin milisi, Ibrahim Jathran mengejek Zeidan dengan muncul di televisi sejam kemudian sambil berdiri di kapal, seraya bersikeras bahwa pasukannya masih menguasai kapal tanker bermuatan 37.000 ton itu, kilah Zeidan.

Ketika pejabat Libya bangun pada keesokan paginya, mereka harus mengakui tanker berbendera Korea Utara itu telah melarikan diri saat fajar, sehingga penjualan pertama minyak mentah telah melangkahi pemerintah Tripoli. [sdqfajar]


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Wilayah Lain

Diduga Rekrut Pejuang ke Suriah, 7 Warga Albania Ditangkap

KIBLAT.NET, Tirana – Pemerintah negara Albania, Eropa Tenggara, Selasa (11/03), mengumumkan telah menangkap tujuh warganya...

Rabu, 12/03/2014 08:45 0

Indonesia

Latihan Renang, Santri Ngruki Tenggelam Hilang

KIBLAT.NET — Kabar duka tersiar dari Pondok Al-Mukmin, Ngruki, Solo. Siang tadi (11/03/2014) beberapa santri...

Selasa, 11/03/2014 21:53 0

Wilayah Lain

Pejabat AS Usulkan Sistem Anti-Rudal Israel Cakup Wilayah Mesir dan Yordania

KIBLAT.NET, Tel-Aviv – Seorang jenderal AS pada Senin, (10/03) mengusulkan agar Israel segera meng-upgrade sistem...

Selasa, 11/03/2014 19:00 0

Indonesia

Minum Air Bekas Cuci Kaki Megawati, Pria Ini Dicela di Dunia Maya

KIBLAT.NET, Jakarta – Aksi kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Cecep Ondon Iskandar, yang meminum...

Selasa, 11/03/2014 18:25 0

Indonesia

MUI Terbitkan Fatwa Terkait Konservasi Alam dan Perlindungan Satwa

KIBLAT.NET, Jakarta – Majelis Ulama Indonesia (MUI) menerbitkan fatwa tentang konservasi satwa langka yang menitik...

Selasa, 11/03/2014 17:48 0

Manhaj

Iqamatuddin, antara Ifrath dan Tafrith

Dalam proses pembangunan kekuatan menuju kesuksesan ber-iqomatuddiin, para muqimuddiin akan senantiasa berhadapan dengan konsekuensi, antara ...

Selasa, 11/03/2014 15:58 0

Wilayah Lain

Sekitar 300 Warga Jerman Bertempur di Barisan Pejuang Suriah

KIBLAT.NET, Berlin – Bumi jihad Suriah masih menjadi tujuan utama bagi mujahidin-mujahidin asal benua Eropa....

Selasa, 11/03/2014 10:30 0

Rohah

Kisah Si Bakhil: “Tidak ada Bedanya antara Ada dan Tiada”

Dahulu kala, ada seorang yang kaya namun bakhil. Agar harta yang dimilikinya itu tidak terlihat...

Selasa, 11/03/2014 06:15 0

Wilayah Lain

Ketegangan Rusia-Ukraina Meningkat, AS Kirim Selusin Pesawat Tempurnya

KIBLAT.NET, Warsawa –  Di tengah meningkatnya ketegangan antara Ukraina dan Rusia, Amerika Serikat mengirim selusin jet tempur...

Senin, 10/03/2014 21:47 0

Close