Pejabat AS Usulkan Sistem Anti-Rudal Israel Cakup Wilayah Mesir dan Yordania

KIBLAT.NET, Tel-Aviv – Seorang jenderal AS pada Senin, (10/03) mengusulkan agar Israel segera meng-upgrade sistem anti-rudal agar dapat mencakup wilayah tetangga Yordania dan Mesir. Seorang pejabat Israel dengan hati-hati menyambut baik gagasan itu.

Kedua negara Arab, Mesir dan Yordania, memiliki perjanjian perdamaian penuh dengan negara Yahudi itu terutama atas keprihatinannya mengenai program nuklir yang disengketakan dari Iran dan perang sipil Suriah, sehingga kedua negara tersebut membutuhkan persenjataan rudal jarak jauh.

Pelabuhan Laut Merah Yordania di Aqaba juga kerap berada di bawah ancaman serangan dari roket jarak pendek yang ditembakkan oleh militan Sinai, meskipun mereka lebih sering menargetkan resor Israel di sisi Eilat.

Brigadir Jenderal John Shapland, kepala atase pertahanan Kedutaan Besar AS di Tel Aviv, mengangkat gagasan itu untuk memperluas payung anti-rudal Israel dalam komentarnya di sebuah konferensi keamanan di Tel Aviv.

“Jika kita mampu membangun kemampuan pertahanan regional, katakanlah di Yordania, ini akan menjadi kemampuan yang dapat dengan mudah membela Israel, Yordania dan bahkan Mesir, jika Anda begitu menginginkannya, hal ini akan menambah satu lapis lagi untuk pertahanan multi-lapis Anda,” katanya kepada para pejabat Israel dan ahli yang berkumpul di INSS, lembaga think-tank dan strategi Israel, seperti dikutip dari World Bulletin, Selasa, (11/03).

Shapland mengatakan proposal itu “hanya satu ide untuk dipertimbangkan”.

Yair Ramati, kepala Organisasi Rudal Pertahanan Israel, menyambut terbuka gagasan tersebut.

“Kebijakan Kementerian Pertahanan (Israel) selalu bekerja sama dengan negara-negara di wilayah ini, termasuk negara-negara yang disebutkan tadi,” kata Ramati dalam konferensi tersebut, mengacu ke Yordania dan Mesir.

Para pejabat Yordania dan juru bicara kedutaan Mesir menolak berkomentar langsung. Israel menandatangani perjanjian perdamaian dengan Mesir pada tahun 1979 dan dengan Jordan pada tahun 1994. [sdqfajar]

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat