Gerilyawan Tak Dikenal Serang Perusahaan Iran di Provinsi Kirkuk, Irak

KIBLAT.NET, Kirkuk – Sebuah perusahaan penjernihan air milik negara Syiah Iran yang berada di selatan kota Kirkuk, Irak, Selasa pagi (11/03), mengalami serangan bersenjata oleh sejumlah orang tak dikenal. Meski tidak ada korban jiwa, serangan itu menimbulkan kerusakan bangunan dan kepanikan para pekerja.

Dilaporkan kantor berita Irak, Alsamuria News, sebuah sumber kepolisian di provinsi Kirkuk mengatakan para penyerang mengendarai dua motor. “Mereka menembakkan senapan mesin ke arah kantor perusahaan Iran yang bekerja dalam bidang pemurnian air dan limbah di distrik Taza (15 km selata Kirkuk),” ujarnya dalam wawancara dengan kantor berita tersebut. Ia menambahkan bahwa serangan itu hanya menimbulkan kerugian material, tanpa korban jiwa.

Sumber yang minta tidak disebutkan namanya itu mengatakan bahwa pasukan keamanan segera mengepung daerah tersebut dan melakukan pencarian untuk menangkap pelaku penyerangan.

Pemerintah daerah provinsi Krikur pada 17 Juli 2013 lalu meresmikan pembangunan sungai raksasa dan bendungan di distrik Taza dengan nilai proyek 170 millar dinar (mata uang Irak). Proyek besar itu ditangani oleh sebuah perusahaan Iran.

Perlu diketahui, pejuang Sunni yang beberapa bulan terakhir terlibat konfontrasi dengan pemerintah menuduh negara Iran membantu Nuri Al-Maliki dalam membantai rakyat Ahlu Sunnah. Nuri Al-Maliki yang merupakan pengikut sekte Syiah telah berulang kali melakukan kunjungan ke Iran, di saat pejuang Sunni mengangkat senjata melawan pemerintah. [hunef]

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat