Pasukan Israel Bunuh Pria Palestina di Tepi Barat

KIBLAT.NET, Ramallah – Pasukan keamanan Israel pada hari Senin, (10/03) membunuh seorang pria Palestina di perbatasan antara Tepi Barat dan Yordania , kata seorang pejabat Palestina .

Pria yang diidentifikasi sebagai Raed Alaaddin, 38 tahun dari Nablus, Tepi Barat. Ia bekerja di Kehakiman Yordania dan terbunuh di persimpangan Karameh ketika kembali dari Yordania, ujar Mustafa Dawbsheh, direktur penyebrangan Palestina seperti dilansir dari Anadolu Agency.

Otoritas Palestina berbasis di kota Ramallah, Tepi Barat mengecam aksi “tembakan dari jarak dekat” oleh pasukan Israel dan menuntut diadakannya penyelidikan.

Seorang pejabat militer Israel mengatakan militer sedang memeriksa laporan tentang identitas pria itu.

“Seorang tentara Israel menembaki Raed Alaaddin dengan dalih bahwa Alaaddin telah mencoba untuk mengambil senjatanya di pos pemeriksaan perbatasan Israel,” kilahnya.

Upaya pengambilan jenazah Alaaddin dari pemerintah Israel sedang dilakukan, ujar Dawbsheh, seraya menambahkan bahwa persimpangan tetap ditutup dari kedua belah pihak.

Dua pekan lalu, tentara Israel membunuh seorang warga Palestina yang tengah berusaha untuk ditangkap di kota Tepi Barat, Bir Zeit.

Bulan lalu, Amnesty International mempublikasikan sebuah laporan yang mengatakan bahwa pasukan Israel menggunakan kekerasan yang berlebihan di Tepi Barat, membunuh puluhan warga Palestina selama tiga tahun terakhir dalam apa yang kelompok hak asasi laporkan sebagai tindakan kejahatan perang.

Israel yang merebut Tepi Barat dalam perang Timur Tengah 1967, menandatangani perjanjian damai dengan Yordania pada tahun 1994. Mereka mempertahankan terminal transit, untuk warga Palestina dan pengunjung asing di jembatan Allenby. Sebuah perlintasan bagi warga Israel untuk pergi ke arah selatan. [sdqfajar]

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat