... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

DR Saiful Islam: Banyak Orang Awam Ikut Syiah Karena Tidak Tahu

Foto: DR. Saiful Islam

KIBLAT.NET, Bandung – Peluncuran Buku ‘Mencari Titik Temu Syiah dan Sunni’ karya DR. Saiful Islam Mubarak pada hari Ahad (22/2/2014) di Bandung yang diselenggarakan oleh PIMPIN Bandung dan MAQDIS mengundang banyak pertanyaan di antara ratusan hadirin yang datang. Salah satunya adalah pertanyaan ‘Ustadz, Syiah itu Islam apa bukan?’

“Orang syiah atau pun sunni banyak tidak tahu apa itu syiah, apa itu sunni. Orang-orang syiah pun tidak tahu hendak dibawa kemana mereka nantinya. Kalau tokoh-tokohnya seperti Bashar Assad yang mengaku Tuhan, memaksa orang sunni mengucapkan Laa ilaha illa Bashar, bahkan meminta sujud orang sunni, maka itu jelas, ia seperti Fir’aun,” ujar Saiful seperti dilansir dari Al-hikmah.

Menurut DR. Saiful Islam, banyak masyarakat awam yang mengikuti syiah tak tahu bahwa kelak mereka akan sampai tahap mencela sahabat. “Tapi yang dibawah-bawah ini, orang tertarik syiah karena diajak mencintai Ahlulbait, belum sampai mencaci para sahabat,” tambahnya.

“Karenanya jangan ditanya apakah Syiah Islam atau tidak, tapi orang syiah Islam apa tidak? Semua tergantung pemahaman mereka. Kalau tingkatan pemimpinnya seperti Khumaini yang bilang bahwa tingkatan Imam Syiah tidak terjangkau oleh Malaikat bahkan para rasul, maka itu sudah sangat jelas. Tak bisa diharapkan,” tegasnya lagi.

Tapi, bagi orang-orang yang hanya ikut-ikutan saja seperti anak sekolah, mahasiswa, warga awam, yang menurut DR. Saiful tidak tahu apa-apa, diusahakan sikap ahlusunnah menyayangi mereka. “Kita tampil di hadapan mereka sebagai orang yang menyayangi mereka. Kita doakan agar mendapat hidayah, dan jangan terbawa arus sejarah,” pungkasnya.

BACA JUGA  Bosan di Rumah? Berkemah Bisa Jadi Alternatif Hindari Corona

Menurutnya, sikap ahlusunnah terhadap penganut Syiah yang awam ialah dengan cara menyayangi mereka. “Kita sayangi mereka. Kalau ada anak kecil mau ke tengah jalan, kita cegah dengan lembut. Kalau sudah dijalan, hampir kesenggol mobil, tentu sayangnya kita dengan mengambil (menyelamatkan) anak tersebut kan?” ungkap penulis buku.

Sementara, apa yang orang syiah lakukan seperti mencaci maki para sahabat, melaknat orang yang dicintai Allah dan RasulNya, merupakan kondisi yang membuat mereka ada dalam ancaman Allah. Meski demikian, kita seyogyanya tetap mendakwahi mereka dengan lembut dan memohon kepada Allah supaya mereka dibukakan pintu hidayah.

“Kita tampil menyayangi mereka. Diawali dengan permohonan kepada Allah agar diberikan hidayah pada mereka. Lalu mulai datangi mereka dengan wajah yang sayang pada mereka. Atas hidayah Allah, mudah-mudahan mereka tak berat menerima kita,” tuturnya.

Dr. Saiful Islam mencontohkan bagaimana Abdullah bin Salam, seorang Yahudi yang tak mengenal Rasul, langsung menganggap bahwa Rasulullah orang yamng baik dan jujur, dari hanya melihat wajahnya. Hal ini terjadi atas pertolongan Allah. “Ketika hati sudah kita pasrahkan pada Allah. Hati saling terpaut. Rasululullah seperti itu, karena rasul sangat menyayangi umatnya,” katanya.

Mengenai ancaman yang membahayakan diri mereka, orang-orang syiah tentang ritual memukul badan, menurut Dr. Saiful Islam, ritual bersimbah darah tersebut pasti tidak diperintahkan Rasulullah, bahkan oleh Husein radhiyallahu anhu itu sendiri. [sdqfajar]


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

One comment on “DR Saiful Islam: Banyak Orang Awam Ikut Syiah Karena Tidak Tahu”

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Bedah Buku ‘Mencari Titik Temu Syiah dan Sunni’ Disambut Antusias Warga Bandung

KIBLAT.NET, Bandung – Insititut Pemikiran Islam dan Pembinaan Insan (Pimpin) Bandung bekerjasama dengan Mahad Al...

Senin, 24/02/2014 11:05 0

Indonesia

Ustadz Anung Al-Hamat: Kepergian Syaikh Abu Khalid As-Suri Membuat Sedih Para Pejuang

KIBLAT.NET, Jakarta – Maraknya berita perselisihan dan pembunuhan para tokoh jihad yang bercita-cita menegakkan syari’at...

Senin, 24/02/2014 09:58 0

Eropa

Gereja Katolik Coba Privatisasi Masjid Agung Cordoba

KIBLAT.NET, Cordoba – Seorang profesor Spanyol terkemuka di University of Cordoba menuduh gereja Katolik berusaha...

Sabtu, 22/02/2014 20:50 0

Info Event

Milad Kedua, ITJ Jogja Bagi-bagi Jilbab, Gelar Kajian dan Donor Darah

KIBLAT.NET – #IndonesiaTanpaJIL adalah sebuah gerakan kreatif dari pemuda muslim Indonesia. Lahir pada pertengahan Februari...

Sabtu, 22/02/2014 18:09 0

Indonesia

UIN Sunan Kalijaga Adakan Seminar Nasional Pemikiran Islam Kontemporer

KIBLAT.NET, Yogyakarta – Lembaga Dakwah Kampus (LDK) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada Kamis, (20/02) mengadakan...

Sabtu, 22/02/2014 17:48 0

Indonesia

Ribuan Umat Islam Kota Solo Tolak Raperda Miras

KIBLAT.NET, Solo – Ribuan umat Islam Solo Raya yang terdiri dari seluruh komponen ormas, pesantren...

Sabtu, 22/02/2014 17:23 0

Indonesia

Ketua Pansus Raperda Miras DPRD Solo Tolak Perda Miras

KIBLAT.NET, Solo – Rancangan Perda Miras yang telah menuai kecaman dari seluruh komponen umat Islam...

Sabtu, 22/02/2014 17:03 0

Artikel

Trik Hindari Kamera Pemindai Wajah

BACA JUGA  Bosan di Rumah? Berkemah Bisa Jadi Alternatif Hindari Corona Kelompok peretas, Anonymous, memberikan...

Sabtu, 22/02/2014 12:03 0

Indonesia

Mendagri: E-KTP Bisa Lacak Teroris dan Pencucian Uang

KIBLAT.NET, Jakarta – Aksi terorisme dan pencucian uang saat ini sudah bisa dilacak lewat e-KTP....

Jum'at, 21/02/2014 08:46 0

Close