... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Harta dan Keindahan Fisik Tidak Menjamin Terwujudnya Keluarga Sakinah

Foto: Tri Asmoro Kurniawan dalam kajian bedah buku 'Suamiku Dengarkan Curhatku' di Masjid Islamic Centre Al-Islam, Kampungsawah, Pondok Gede, Bekasi

KIBLAT.NET, Bekasi – Keluarga Sakinah tidak identik dengan ketampanan, kecantikan, kekayaan, kepintaran dan keterkenalan. Pada sejumlah kasus, pasangan yang sudah memiliki faktor tersebut malah mengalami kegagalan rumah tangga.

Kesimpulan itu diungkapkan Konsultan Nasional Keluarga Sakinah Ustadz Tri Asmoro Kurniawan dalam kajian bedah buku ‘Suamiku Dengarkan Curhatku’ di Masjid Islamic Centre Al-Islam, Kampungsawah, Pondok Gede, Bekasi, pada hari Minggu 16 Februari2014.

“Ada Banyak orang yang sangat tampan dan sangat cantik justru keluarganya bercerai, saya menemukan seorang istri menggugat cerai suaminya justru karena terlalu tampan” katanya.

Menurut Tri, untuk menciptakan keluarga sakinah dibutuhkan faktor-faktor tambahan, yaitu faktor kepemimpinan dan sensitifitas. Bukan sekedar ketampanan, kecantikan, keilmuan, keterkenalan, dan harta.

“Persoalan rumah tangga berhubungan dengan ilmu yang mencukupi agar tindakan dalam berkeluarga tidak ngawur, tapi berdasarkan panduan yang jelas. Tetapi ini juga berhubungan dengan leadership, kemampuan suami agar dapat memimpin dan memanage keluarga dengan baik. Dan ini juga masalah kepekaaan hati karena keluarga itu intinya sakinah, dan sakinah itu adanya di hati,” ujarnya

Lanjutnya, dalam menjalankan keluarga dibutuhkan juga keberanian untuk memimpin keluarga secara tegas sesuai syari’ah dan kepekaan untuk memahami pasanganya yang merupakan manusia.

“Selebar apapun kerudung istri kita, segelap apapun warnanya, setebal apapun cadarnya plus kacamata. Pada dasarnya mereka perempuan biasa, kalau tidak diperhatikan suaminya tetap menderita” ucap da’i yang biasa mengisi kajian di radio RDS FM Solo ini.

BACA JUGA  Psikolog Forensik: Tulisan Denny Siregar Soal Anak Calon Teroris Bentuk Stigmatisasi

Mengkaji hal tersebut, Tri mengingatkan bahwa seorang suami harus memahami dua hal mendasar. Pertama, ia harus mengetahui bahwa seorang wanita memiliki perbedaan yang mendasar dan fitrah dengan laki-laki, sebagaimana tersirat dalam hadis Bukhari-Muslim tentang penciptaan wanita dari tulang rusuk yang bengkok. Bila tidak memahami perbedaan itu, dapat memicu kesalahpahaman pasangan dalam menjalankan keluarga.

Perbedaan yang lahir dari pengertian tulang rusuk yang bengkok, adalah pertama sifat wanita yang tidak kuat memendam masalah berlama-lama. Bila seorang suami tidak bijak menyikapi karakter ini, tentu akan menimbulkan persoalan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, seorang suami dituntut memiliki waktu untuk mendengarkan curhatan istrinya.

Selain itu, ketika perempuan tidak memiliki tempat bercerita di lingkungan keluarganya, mereka dapat menceritakannya kepada orang lain. Apalagi kerapkali mereka hanya sekedar ingin menceritakan bukan untuk mencari solusi. Akibatnya,  masalah internal dikeluarga wantia itu dapat diketahui orang lain.

“Pesannya, seorang suami dituntut punya waktu untuk mendengarkan curhat istrinya, jika tidak ingin masalah rahasia rumah tangganya tersebar”

Pengertian kedua, perempuan memiliki karakter moody (sikap berubah-ubah), terutama ketika terjadi perubahan hormon karena faktor haidh, hamil, ataupun nifas yang akan mempengaruhi kondisi fisik dan psikologisnya.

“Di sini, seorang suami diminta agar mengurangi sedikit tuntutan pelayanan dari Istri, karena ketika Istrinya sedang, haidh atau hamil muda, ia sedang berperang dengan perubahan hormonnya dan tidak bisa memberikan pelayanan seperti dalam kondisi biasanya,”

BACA JUGA  Pencabutan Asimilasi Habib Bahar Digugat ke PTUN

Pengertian ketiga, Perempuan itu perspektif, perempuan ketika melihat sesuatu dan merasa benar, maka akan sulit untuk diberitahu.Oleh Karena itu, ia menganjurkan kepada laki-laki untuk selektif memilih pasangan sebelum menikah.

“Solusinya, jika kita memilih pasangan pilihlah perempuan yang memiliki landasan imaniyah, jika mereka wanita yang tidak terbiasa mencari kebenaran melalui Qur’an dan sunnah, maka akan sulit memberitahu mereka ketika mereka sedang melakukan kesalahan atau pelanggaran syariat.

Selanjutnya, hal mendasar yang harus difahami seorang suami ialah  suami harus bergaul secara ma’ruf (patut) kepada istrinya sebagaimana diungkapkan QS.An-Nisa: 19.  Ia mengutip perkataan Ibnu Katsir bahwa tafsir dari bergaul secara ma’ruf (patut) adalah memperbaiki ucapan kepada istrinya.

“Karena, ada laki-laki yang meneror istrinya melakukan kekerasan rumah tangga kepada istrinya, tapi bukan dengan fisik, tetapi meneror dengan ucapan-ucapan mematikan,” tegas. (qathrunnada)


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Info Event

Hadiri! Bedah Buku ‘Pasukan Panji Hitam’ di Semarang

Assalaamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh Undangan : Kepada segenap umat Islam di Semarang dan sekitarnya untuk menghadiri...

Senin, 17/02/2014 13:49 0

Video News

Massa dan Milisi Kristen Membantai Muslim di Afrika Tengah

KIBLAT.NET, Bangui – Massa dan milisi Kristen mengancam akan membunuhi Muslim, meskipun keadaan sudah relatif...

Senin, 17/02/2014 12:52 0

Mesir

Para Pengacara Mengundurkan Diri, Pengadilan Mursi Ditunda Hingga 23 Februari

KIBLAT.NET, Kairo – Pengadilan Mesir pada hari Ahad, (16/02) memutuskan untuk menunda  pengadilan presiden terguling...

Senin, 17/02/2014 12:16 0

News

Muqtada Sadr Berhenti Berpolitik, 6 Anggota Parlemen Loyalis Syiah Mengundurkan Diri

KIBLAT.NET, Baghdad – Pemimpin Syiah Irak, Muqtada al-Sadr telah mengumumkan bahwa ia berhenti dalam kegiatan...

Senin, 17/02/2014 11:29 0

Turki

Turki Bantah Kabar Penghentian Bantuan ke Somalia

KIBLAT.NET, Ankara – Kementerian Luar Negeri Turki pada Ahad, (16/02) membantah bahwa mereka telah menghentikan...

Senin, 17/02/2014 11:08 0

Mesir

Bus Wisatawan Asing di Perbatasan Sinai-Israel Jadi Sasaran Bom, 4 Tewas

KIBLAT.NET, Sinai – Sebuah ledakan di sebuah bus wisata di Semenanjung Sinai Mesir membunuh tiga warga...

Senin, 17/02/2014 10:54 0

Yordania

7 Warga Suriah Terluka dan 3 Ditangkap Ketika Berusaha Masuk ke Yodania

KIBLAT.NET, Jordan – Sebuah sumber militer Angkatan Bersenjata Yordania, Sabtu malam (15/02) mengkonfirmasi, setidaknya 7...

Senin, 17/02/2014 10:42 0

Mesir

Tuduh Mursi Lakukan Spionase Bersama Hamas, Pengadilan Mesir Dikecam

KIBLAT.NET, Al-Quds – Gerakan perlawanan Palestina Hamas pada Ahad, (16/02) mengkritik pengadilan Mesir yang menuduh Presiden...

Senin, 17/02/2014 10:36 0

Rohah

Rubah Cerdik Akali Ulama

Ada satu kisah menarik dari salah satu imam madzhab. Beliau Imam Syafi’i Rahimahullah menceritakan kisah...

Senin, 17/02/2014 10:08 0

Inggris

Pasukan Khusus Inggris-AS Akan Intervensi Suriah Hadapi Kelompok ‘Jihadis’

KIBLAT.NET, London – Sebuah surat kabar Inggris, Sunday People, Ahad (16/02), mengungkap bahwa negara Inggris...

Senin, 17/02/2014 10:01 0

Close