Pejuang Sunni Raih Kemenangan di Timur Falujah, Irak

KIBLAT.NET, Anbar – Pertempuran antara pejuang Sunni dan pasukan pemerintah Syiah Nuri Al-Maliki terus berlanjut di kota Falujah, provinsi Anbar. Dilaporkan, pejuang Sunni berhasil memperluas wilayah mereka di timur kota Sunni tersebut.

Koresponden kantor berita Al-Arabiya, Selasa (28/1/2014), melaporkan, pejuang Sunni berhasil mengontrol daerah Al-Buulwan, timur Falujah, setelah terlibat pertempuran sengit dengan pasukan pemerintah. Koresponden itu menambahkan, pejuang Sunni saat ini terus menuju ke Barat, ke ibukota Baghdad.

Di tempat berbeda di Falujah, pejuang Sunni melancarkan operasi penyerbuan ke sebuah markas polisi Nasaf di kota tersebut. Dalam operasi itu, pejuang Sunni menyeru para aparat kepolisian yang terkepung dengan pengeras suara untuk menyerahkan senjata mereka, dan mereka akan selamat sebagai gantinya.

Seiring dengan perkembangan tersebut, pemerintah AS terus berupaya menyakinkan anggota konggres AS untuk mempersenjatai tentara Irak dalam memerangai pejuang Sunni yang telah bergabung dengan pejuang Al-Qaidah. Seperti diketahui, pemerintah AS berencana menjual 24 heli tempur canggih Apache kepada pemerintah Irak.

Sementara itu dalam konteks terkait, ketua Dewan Provinsi Anbar Shabah Al-Kurhut mengungkapkan kekhawatirannya atas situasi yang berkembang di Anbar. Ia memperingatkan, kampanye militer besar-besaran yang digulirkan Perdana Menteri Syiah Nuri Al-Maliki di provinsi Sunni itu akan mendorong Anbar menjadi Suriah kedua.

Shabah juga menyeru Nuri Al-Maliki untuk tidak menggunakan cara-cara radikal untuk menghadapi pejuang Sunni di Irak, sehingga semakin memperkeruh keadaan. [hunef]

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat