... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Forum Klarifikasi Isu Syiah Terhadap Imam Masjid Ngruki Batal Digelar

Foto: Jumpa Pers soal batalnya Forum Klarifikasi Isu Syiah di Masjid Al-Huda, Ngruki pada Sabtu (25/01). Foto: Arrahmah

KIBLAT.NET, Sukoharjo – Jama’ah Masjid Al Huda pada hari Sabtu 25 Januari, menggelar jumpa pers yang diwakili oleh Yan Sugiarto. Jumpa pers ini diselenggarakan terkait adanya semumlah jama’ah masjid yang menolak menjadi makmum di belakang salah seorang imam yang juga merupakan jama’ah Ustadz Mudzakir, salah satu tokoh Islam terkemuka di kota Solo dan sekitarnya.

Abdurrazaq, Imam Masjid yang ditolak oleh sejumlah jamaah di masjid Al Huda, Cemani, Sukoharjo, memiliki kedekatan dengan sosok Ustadz Mudzakir. Yang seiring pemberitaan mengenai konflik di Suriah, menjadi pertanyaan bagi umat Islam di Surakarta karena penjelasan Ustadz Mudzakir mengenai konflik di Suriah cenderung mengambang dan tidak jelas. Sehingga ada beberapa kalangan yang menuduh bahwa Ustadz Mudzakir membela ajaran syiah. Abdurrazaq itu sendiri tidak hanya memiliki kedekatan dengan sosok ustadz Mudzakir, beliau juga telah berinteraksi dan belajar bersama Ustadz Mudzakir kurang lebih selama 30 tahunan.

Tugas yang diamanatkan kepada Abdurrazaq untuk menjadi imam masjid Al Huda berlaku mulai 3 Sya’ban 1433 H bertepatan dengan tanggal 23 juli 2012, terjadwal untuk menjadi imam pada hari Kamis dan Jum’at kata seorang jama’ah masjid. Mulanya kondisi jama’ah masjid saat itu masih kondusif, namun seiring dengan menguatnya tuduhan syiah yang mengarah kepada ustadz Mudzakir semenjak acara di Masjid Istiqlal Solo, yang bertemakan “Keunggulan Ahlus Sunnah dengan Syiah” pada 12 Juli 2013 lalu, permasalahan ini mulai timbul.

BACA JUGA  Ketuhanan yang Maha Esa Tak Bisa Diganti Ketuhanan Berkebudayaan

Saat itu, Ust Mudzakir tidak memberikan klarifikasi yang jelas terhadap tuduhan yang mengarah padanya. Sehingga hal itu berdampak pada suasana jama’ah masjid Al Huda yang kurang kondusif, hingga berujung pada penolakan sebagian jamaah terhadap posisi pak Imam. “Bagaimana mungkin kami di pimpin oleh imam yang terindikasi syiah?” Begitulah diantara komentar jama’ah. Hingga pada suatu ketika saat sholat mau didirikan sebagaian jama’ah membubarkan diri dan pindah ke masjid lain saat mengetahui akan diimami oleh salah seorang yang punya kedekatan dengan ustadz Mudzakir.

Mengetahui jama’ahnya bubar usai sholat, pak Imam bertanya pada salah seorang jama’ah yang ikut sholat, mengapa mereka membubarkan diri. Kemudian dijawab bahwa ada persoalan yang terkait dengan isu syi’ah dan kedekatan pak Imam dengan ustadz Mudzakir di Gumuk, yang kemudian di klarifikasikan oleh Pak Yan sapaan dari Yan Sugiarto, yang termasuk jama’ah Al Huda.

Seperti dikutip dari muslimdaily.net, untuk menghindari tuduhan Syiah itu, maka pihak takmir masjid membuat forum kecil yang dihadiri pak Imam, Takmir Masjid, Seksi Dakwah Al-Huda besert Pak Yan. Dalam forum tersebut pak Imam menyatakan bahwa dirinya bukan syiah, ustadz Mudzakir juga bukan syiah. Dengan pernyataan tersebut kemudian bagian takmir mengambil inisiatif untuk mengklarifikasi kepada ustadz Mudzakir dengan pihak yang terkait, dan dijanjikan akan bisa dipertemukan dengannya. Dengan ketentuan :

  1. Forum klarifikasi dilakukan secara tertutup
  2. Berada di tempat yang kondusif
  3. Waktu yang disepakati Sabtu 25 Januari 2014, jam 09.00 WIB
BACA JUGA  Pencabutan Asimilasi Habib Bahar Digugat ke PTUN

Dengan ketentuan yang ada di pastikan acara akan dapat berlangsung dan mendapat jawaban yang jelas terkait tuduhan syi’ah Namun, hingga kemarin Jum’at(24/1) sore, pihak masjid Al Huda masih mencoba menawarkan alternatif tempat yang bisa diposisikan netral,yakni  gedung MUI di Semanggi Solo. Namun, agenda yang sudah dirintis dan sepakati, ternyata tidak bisa terlaksana karena ada permintaan sepihak yang di sampaikan kepada Tim mediasi dari masjid Al Huda, agar pertemuan tersebut diadakan di Gumuk tempat Ustadz Mudzakir tinggal. Sehingga klarifikasi yang direncanakan pada hari Sabtu kemarin akhirnya batal. [sdqfajar]


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Khawatir Ancaman Al-Qaeda, Israel Pertimbangkan Dukung Assad

KIBLAT.NET, Tel Aviv – Israel mengatakan saat ini mereka siap untuk memberikan dukungan kepada salah...

Ahad, 26/01/2014 13:24 0

Palestina

Hamas Kecam Kampanye Mesir Menyerang Gaza

KIBLAT.NET, Gaza – Gerakan perlawanan Palestina Hamas pada hari Sabtu (25/1) mengecam kampanye sengit media...

Ahad, 26/01/2014 13:01 0

Pakistan

Tiga Pejuang Gugur di Pakistan

KIBLAT.NET, Mastung – Tiga pejuang dilaporkan gugur dalam kontak tembak dengan pasukan keamanan Pakistan di...

Ahad, 26/01/2014 12:43 0

Pakistan

Mengaku Nabi, Seorang Pria Inggris di Pakistan Divonis Mati

KIBLAT.NET, Rawalpindi – Pengadilan di kota Rawalpindi di Pakistan menjatuhkan vonis mati terhadap seorang pria...

Ahad, 26/01/2014 10:00 0

Mesir

Apache Militer Mesir Jatuh di Sinai, 5 Tentara Tewas

KIBLAT.NET, Sinai – Helikopter tempur canggih militer Mesir jenis Apache, Sabtu siang (25/1/2014), jatuh di...

Ahad, 26/01/2014 08:28 0

Suriah

Milisi Loyalis Asad Pukuli Nenek Berumur 100 Tahun Hingga Terbunuh di Aleppo

KIBLAT.NET, Aleppo – Perlakuan kejih milisi Shabihah, milisi loyalis rezim Bashar Al-Asad, kembali ditunjukkan kepada...

Sabtu, 25/01/2014 23:00 0

Mesir

Mesir Tangkap Pemimpin Milisi Libya

KIBLAT.NET, Kairo – Badan-badan keamanan Mesir menangkap pemimpin milisi Libya Revolutioner Operation Room di daerah...

Sabtu, 25/01/2014 21:36 0

Arab Saudi

Syaikh Al-Thuraifi: Mencela Syari’at Jihad Sama Saja Mencela Syari’at Sholat

KIBLAT.NET, Riyadh – Jihad merupakan salah satu syari’at yang telah Allah Swt wajibkan kepada para...

Sabtu, 25/01/2014 21:20 0

Afrika

Mantan Menteri Muslim Afrika Tengah Dibunuh Massa Kristen

KIBLAT.NET, Bangui – Seorang mantan menteri Muslim menjadi salah satu korban terbaru dari kekerasan sektarian...

Sabtu, 25/01/2014 21:06 0

Philipina

Filipina Capai Kesepakatan Damai Dengan MILF

KIBLAT.NET, Manila – Pemerintah Filipina mengaku telah menandatangani kesepakatan dengan kelompok gerilyawan Muslim terbesar di...

Sabtu, 25/01/2014 19:14 0

Close