... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Mujahidin di Suriah dan Afghanistan Adalah Pasukan Panji Hitam?

Foto: Ustadz Abu Harits (kiri) dan Ustadz Lukaman H. Syuhada (kanan) dalam bedah buku 'Pasukan Panji Hitam' di Masjid Al Mukminun Komp. Depsos Bulak Kapal Bekasi (19/01)

KIBLAT.NET, Jakarta – Membicarakan pasukan Panji Hitam (dalam hadist disebut Ashabu Rayati Sud, yaitu pasukan yang akan bersama Imam Mahdi memerangi Dajjal di Akhir Zaman) tak lepas dari pembahasan tanda-tanda akhir Zaman. Tentunya, pembahasan tentang tanda-tanda hari akhir adalah perkara ghoib, yang tidak boleh setiap orang menduga-duga, tanpa ada berita dari Allah swt melalui Rasul-Nya Muhammad saw.

Kemudian, bagaimana memastikan bahwa mujahidin yang saat ini bertempur di Suriah dan Afghanistan sebagai pasukan Panji Hitam yang dijanjikan dalam hadist Nabi? Menjawab hal itu, pemerhati dunia Islam Ustadz Lukman Hakim Syuhada, menjelaskan bahwa tidak boleh memastikan istilah Nubuwah ke dalam suatu realita atau kelompok tertentu. Namun, “Kita dibolehkan mencoba menerka, menafsiri dan menerjemahkan istilah dalam Nubuwah ke dalam suatu realita tertentu” jelasnya dalam bedah buku “Pasukan Panji Hitam” di Masjid Al Mukminun Komp. Depsos Bulak Kapal Bekasi (19/01/2014).

Alumni Universitas Muhammad Ibnu Su’ud Jakarta atau yang lebih dikenal dengan LIPIA ini berdalil dengan hadist yang dibawakan Ummul Mukminin Aisyah ra. Dalam hadist yang diriwayatkan Bukhori dan Muslim tersebut, jelasnya, para istri Nabi pernah bertanya, siapakah diantara istri-istri Nabi yang meninggal setelah kematian Beliau.

Ustadz yang berdomisili di Bekasi itu melanjutkan, Nabi pun menjawab bahwa istri beliau yang pertama kali meninggal, setelah beliau wafat adalah yang paling panjang tangannya. “Setelah mendengar jawaban itu, dalam riwayat lain, para istri nabi berkumpul dan mengukur tangan mereka masing-masing” jelasnya.

BACA JUGA  Tak Ingin Ada Perang Saudara, GNPF-MUI Tawarkan Rekonsiliasi

Singkat cerita, setelah Nabi wafat dan para istri beliau menunggu siapa di antara mereka yang paling dulu menyusul, para istri nabi terkejut dengan meninggalnya Zainab binti Jahs, salah satu istri Nabi. Padahal, kata Lukman, Zainab binti Jahs adalah istri Nabi yang tangannya paling pendek dari istri-istri yang lain.

“Maka, pada saat itu para istri Nabi baru menyadari bahwa maksud dari perkataan ‘adalah yang paling panjang tangannya’ merupakan istri yang paling dermawan dan paling banyak sedekah” jelas Ustadz Lukman seraya menunjukkan bahwa Zainab adalah istri nabi yang suka menjulurkan tangannya untuk memberi sedekah.

Dari cerita ini, tambah beliau, menunjukkan bahwa kita dibolehkan menerka-nerka istilah Panji Hitam ke dalam realita suatu kelompok saat ini, tanpa memastikan. Di samping itu, kita juga tidak bisa memastikan apakah Panji Hitam merupakan makna kiasan ataukah makna secara dhohir.

“Kita tidak boleh mengatakan bahwa pasukan Panji Hitam pasti mereka (Taliban dan Al Qaidah sebagaimana dibahas dalam buku). Akan tetapi kita hanya boleh meraba-raba dari indikasi dan ciri-ciri, bisa jadi yang dimaksud adalah mereka,” ujar Ustadz Lukman di hadapan puluhan hadirin.

Terkait buku yang dibedah, beliau mengomentari bahwa buku itu hanya berisi narasi dari dua pergerakan jihad melawan musuh-musuh Islam di dua tempat, Afghanistan dan Suriah. Buku ini bukan berisi tentang memaknai hadist yang membicarakan tentang pasukan Panji Hitam.  [hunef]

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afghanistan

TPF: Serangan Udara AS Penyebab 14 Warga Sipil Tewas di Parwan

KIBLAT.NET, Kabul – Tim Pencari Fakta Afghanistan telah menemukan bukti bahwa serangan udara AS yang...

Senin, 20/01/2014 12:39 0

Pakistan

Serangan Bom Hantam Konvoi Militer Pakistan

KIBLAT.NET, Bannu – Serangan Bom menghantam sebuah konvoi militer ditargetkan di provinsi Khyber Pakhtunkhwa, menewaskan...

Senin, 20/01/2014 11:16 0

Rohah

Anehnya orang Mu’tazilah, Tidak Mau Keluar dari Neraka

BACA JUGA  Mari Berzakat kepada Keluarga Muallaf, Mujahidin dan Yatim Syuhada Kisah ini terjadi ketika...

Senin, 20/01/2014 09:25 0

Foto

Bantu Korban Banjir: JAT di Semarang, Hilal Ahmar di Jakarta

KIBLAT.NET — Ahad (19/01/2013) Jama’ah Ansharut Tauhid (JAT) Semarang, mengadakan aksi sosial berupa pembagian nasi...

Ahad, 19/01/2014 23:16 0

Afrika

Milisi Kristen Kembali Bantai 22 Muslim Afrika Tengah

KIBLAT.NET, Bagui – Milisi Kristen kembali membantai 22 Muslim termasuk tiga anak-anak dan melukai beberapa...

Ahad, 19/01/2014 14:56 0

Pakistan

Truk Angkut Pasokan NATO Dibakar di Pakistan Barat Daya

KIBLAT.NET, Choto – Gerilyawan bersenjata tak dikenal membakar pasokan kontainer NATO yang membawa peralatan untuk...

Ahad, 19/01/2014 14:27 0

Afghanistan

Serangan Teror Drone AS Bunuh 9 Orang di Afghanistan Timur

KIBLAT.NET, Nuristan – Serangan teror pesawat tanpa awak (drone) AS kembali terjadi di Afghanistan timur,...

Ahad, 19/01/2014 14:09 0

Afrika

Aljazair Klaim Tewaskan 2 Pejuang Islam

KIBLAT.NET, Bouira – Militer Aljazair mengklaim tentaranya berhasil menewaskan dua pejuang Islam di provinsi timur...

Ahad, 19/01/2014 13:54 0

Amerika

Obama Akan Perketat Kegiatan Intelijen AS

KIBLAT.NET, Washington – Dalam pidatonya hari Jumat (17/1), Obama mengatakan ia akan memperketat pedoman pengumpulan...

Ahad, 19/01/2014 11:45 0