Senator Nigeria Tertembak Dalam Demonstrasi Anti Presiden

KIBLAT.NET, Port Harcourt – Seorang anggota parlemen Nigeria ditembak dalam sebuah demonstrasi menentang Presiden Goodluck Jonathan  di Port Harcourt , ibukota Negara Rivers, pada hari Minggu (12/1).

“Senator Magnus Abe terkena peluru karet dan telah dilarikan ke rumah sakit,” kata ajudan Kehormatannya, Siranwo kepada Anadolu Agency.

“Saya tidak bisa mengatakan apakah posisinya sangat penting atau tidak untuk saat ini.” Tambahnya.

Abe mewakili Negara Bagian Rivers di Senat Nigeria. Dia adalah sekutu Gubernur Negara Rivers Chibuike Amaechi, salah satu lawan utama Presiden Jonathan.

“Senator Magnus Abe ditembak di dada oleh polisi di sebuah demonstrasi dan kebaktian gereja di Port Harcourt,” kata Celestine Akpobarie, seorang aktivis hak-hak lingkungan kepada AA.

Akpobarie mengatakan ia tengah berada di gereja yang dikenal sebagai CAS, saat penembakan itu terjadi tapi dia tidak yakin apakah Abe ditargetkan atau ia terkena debit senjata yang tidak disengaja.

“Abe dan lain-lainnya sedang menghadiri demonstrai sekaligus program thanksgiving ketika polisi menyerang tempat itu. Demonstrasi ini digelar ini oleh Gerakan Save Rivers,” tambahnya.

Gerakan Save Rivers adalah koalisi politisi yang setia kepada Gubernur Amaechi dan bertentangan dengan Menteri Pendidikan Nyesom Wike, anak didik Presiden Jonathan.

Juru bicara kepolisian Mohamed Ahmed belum dihubungi untuk memberikan komentar.

Laporan resmi dari kepolisian mengenai insiden tersebut belum dikeluarkan.

Nigeria merupakan negara yang tengah dilanda pertempuran dengan pejuang Islam Boko Haram, Boko Haram menilai Nigeria menjadi antek barat. Goodluck Jonathan memberlakukan keadaan darurat dibeberapa negara bagian seperti Borno untuk menghadapi gerilyawan Boko Haram. (qathrunnada)

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat