... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Suara Pembaca

Hari ini Adakah Penghuni Surga dan Neraka?

Foto: Ilustrasi

Pertanyaan:

Saya masih bertanya-tanya ustadz, apakah surga dan neraka itu sudah berpenghuni? Kalau dari nash-nash yang pernah saya baca, di neraka sudah ada orang-orang yang disiksa, sebagaimana kabar dari Rasullah Shallallahu ‘alahi wa sallam ketika naik ke Mi’raj. Bagaimana kejelasan tentang hal ini? Mohon diterangkan berdasarkan dalil-dalil yang sahih.

 

JAWABAN

Surga adalah tempat yang disediakan Allah bagi hamba-hamba yang dicintai dan taat kepada-Nya. Di dalamnya penuh dengan kesenangan dan kenikmatan tanpa ada yang dapat mengurangi dan mengusik kesuciaannya. Kenikmatan Surga bersifat kekal. Belum pernah dilihat oleh mata, belum pernah didengar oleh telinga, dan tidak pernah terlintas dalam pikiran seorang pun manusia.

Neraka adalah tempat tinggal yang disediakan Allah untuk orang-orang yang tidak beriman kepada-Nya, yaitu mereka yang menentang aturan-aturan-Nya, dan tidak mempercayai para rasul-Nya. Di dalamnya terdapat siksaan yang paling hina sebagai hukuman bagi musuh-musuh-Nya.

Surga dan neraka telah diciptakan oleh Allah Ta’ala. Keberadaan keduanya tidak akan pernah berakhir. Allah Ta’ala menciptakan surga dan neraka sebelum menciptakan yang lain, sekaligus menciptakan penduduk di dalamnya. Demikianlah yang dikatakan oleh Imam Thahawi Rahimahullah dalam bukunya yang berjudul Al ‘Aqidah At Thahawiyah.

Ibnu Abdil Izz Al Hanafi Rahimahullah memberi komentar keterangan di atas, ia mengatakan ‘mengenai pernyataannya bahwa Allah Ta’ala telah menciptakan surga dan neraka, ahlus sunnah sependapat bahwa surga dan neraka memang telah diciptakan dan sudah ada sekarang.’

Al Qur’an telah mengabadikan keberadaan surga di beberapa surat. Diantaranya Surat Ali Imron ayat 133 ,

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Rabbmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa” (QS. Ali Imran: 133)

Surat An Najm ayat 13-15.

“Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain, (yaitu) di Sidratil Muntaha,Di dekatnya ada surga tempat tinggal.” (QS. An Najm: 13-15)

Imam Muslim Rahimahullah meriwayatkan dari  ‘Aisyah Radhiyallahu ‘anha, telah terjadi sebuah gerhana matahari pada zaman Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Aisyah memberi kabar bahwa Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Ketika Aku berdiri di sini aku melihat semua yang dijanjikan kepadamu. Aku bahkan melihatku sendiri memetik beberapa buah di surga, ketika engkau melihat aku melangkah ke depan. Dan aku  melihat api neraka, beberapa bagiannya mamakan bagian-bagian yang lain, ketika engkau melihat aku melangkah ke belakang.”

Imam Bukhari Rahimahullah menyediakan bab khusus dalam shahihnya mengenai hadits-hadits diskripsi surga dan tentang telah diciptakannya surga. Beliau mengutip banyak hadits yang menunjukkan bahwa surga telah diciptakan. Diantaranya adalah hadits yang menyatakan bahwa pada saat mayit dimasukan ke dalam kubur, Allah Ta’ala memperlihatkan kepada mayit itu tempatnya di surga atau di neraka. Ada lagi hadits bahwa nabi melihat tempat Umar bin Khatab di surga.

Seputar Penghuni Surga Dan Neraka

Sebagaimana yang kita telah ketahui bersama bahwa surga dan neraka telah diciptakan, lalu siapa penghuninya sekarang ini……. ?

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam banyak menceritakan tentang para penghuni jannah atau neraka, baik ketika melaksanakan mi’roj maupun ketika bermimpi atau dari mimpi para sahabat yang dibenarkannya.

Imam Bukhari Rahimahullah meriwayatkan dari Asma’ bahwa Rasulullah Shallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Surga berada begitu dekat denganku sehingga, jika aku mau, aku dapat memetik beberapa buahnya. Neraka juga didekatkan sekali kepadaku sehingga aku berkata ‘Ya Allah, bahkan aku masih bersama mereka, aku melihat seorang dari mereka sedang dicakar oleh seekor kucing, dan aku bertanya mengapa ini? Mereka mengatakan kepadaku, ia menyekap kucing tersebut sampai mati kelaparan, ia tidak memberinya makan, atau melepaskannya supaya kucing tersebut dapat memakan tikus-tikus yang berkeliaraan di muka bumi.”

Dalam hadits yang lain ditambahkan,”Aku juga melihat Abu Thumamah, Umar bin Malik yang sedang ditarik batang tenggorokannya di dalam neraka.”

Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan bahwa Rasulullah Shallahu ‘alaihi wa sallam melihat Amir bin Amir Al Khuja’i dikeluarkan isi perutnya didalam neraka.

Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa Nabi Shallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda dalam khutbahnya ketika gernaha matahari, “Aku melihat neraka, dan aku melihat sebagian isinya adalah wanita.”

Mengenai surga, Rasulullah Shallahu ‘alaihi wa sallam menceritakan dalam hadits yang telah diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Usamah bin Zaid,“Aku berdiri di depan pintu surga dan melihat bahwa sebagian besar dari orang-orang yang masuk surga adalah orang-orang miskin dan papa, sedangkan yang kaya tertahan, sementara penduduk neraka diperintahkan untuk dibawa ke dalam neraka.”

Imam Tirmidzi meriwayatkan dengan sanad yang hasan dari Abu Hurairah bahwa Nabi Shallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Telah diperlihatkan kepadaku tiga orang pertama yang akan masuk surga: seorang mati syahid, seorang yang beramal sholih, dan seorang budak yang menyembah Allah dengan penuh keyakinan dan pengabdian serta tulus dan setia kepada tuannya.”

Rasulullah Shallahu ‘alaihi wa sallam juga menyebut bahwa Beliau melihat beberapa sahabat di dalam jannah, diantaranya sahabat Ja’far bin Abdil Muthalib, Hamzah bin Abdul Muthalib, Zaid bin Haritsah, Zaid bin Amir bin Nufail, Haritsah bin An Nu’man, dan Bilal bin Rabah.

Orang-orang yang Masuk Surga Sebelum Hari Kiamat

Ada beberapa orang atau golongan yang masuk surga sbelum datangnya Hari Akhir, yaitu:

  1. Nabi Adam ‘alahis salam

Manusia pertama yang masuk surga adalah bapak umat manusia, Adam as dalilnya qs2;35, tetapi adam melanggar perintah Allah Ta’ala dengan memakan buah dari pohon yang telah dilarang, lalu Aloh mengirim adam dari surga ke dunia yang penuh penderitaan dan kekurangan.

  1. Nabi Muhammad Shallallahu ‘alahi wa sallam

Imam Muslim meriwayatkan dari ‘Aisyah, telah terjadi sebuah gerhana matahari pada zaman Rasulullah Shallallahu ‘alahi wa sallam. ‘Aisyah memberi kabar bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alahi wa sallam bersabda,”Ketika aku berdiri di sini aku melihat semua yang dijanjikan kepadamu. Aku bahkan melihatku sendiri memetik beberapa buah di surga, ketika engkau melihat aku melangkah ke depan. Dan aku  melihat api neraka, beberapa bagiannya mamakan bagian-bagian yang lain, ketika engkau melihat aku melangkah kebelakang.”

  1. Para Syuhada

Diantara orang yang akan masuk surga sebelum hari kiamat adalah para syuhada fi sabilillah. Imam Muslim meriwayatkan bahwa Masruk bertanya kepada Abdullah bin Mas’ud tentang ayat 169 dari Surat Ali Imran, Ia berkata kami juga menanyakan hal itu, dan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Arwah mereka berada dalam perut burung burung berwarna hijau dan mereka mempunyai cahaya yang datang dari Arsy. Mereka berkeliaraan di surga ke mana saja mereka inginkan, kemudian mereka mencari perlindungan di bawah cahaya itu. Rabb mereka akan datang secara tiba tiba kepada mereka lalu bertanya, apakah kalian menginginkan sesuatu? Mereka menjawab ‘apalagi yang kami inginkan, sementara kami dapat pergi ke mana saja yang kami inginkan di surga’, Allah Ta’ala akan datang dan menanyakan hal tersebut tiga kali. Ketika mereka sadar bahwa mereka tidak diijinkan menjawab tidak, lalu mereka berkata’ Ya Rabb, bisakah kami dikembalikan lagi ke tubuh tubuh kami dan dibunuh sekali lagi di jalanmu ? Ketika Allah Ta’ala mengetahui bahwa mereka tidak mempunyai keinginan atau keperluan apa-apa lagi, maka Allah Ta’ala membiarkan saja mereka.”

  1. Siapa saja dari manusia yang meninggal dunia maka baginya akan diperlihatkan tempatnya di surga atau di neraka, pada waktu pagi dan sore.

Imam Muslim meriwayatkan dari Ibnu Umar bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Apabila seseorang meninggal akan diperlihatkan tempatnya pada pagi dan sore hari. Jika ia calon penghuni surga ia akan menjadi penghuni surga, jika ia calon penghuni neraka ia akan menjadi penghuni neraka, lalu dikatakan kepadanya inilah tempatmu sekarang, sampai Allah Ta’ala memasukanmu kedalamnya pada hari kiamat nanti

Sebagai bahasan terakhir, pernyataan Imam Nawawi di dalam syarh sahih Muslim di bawah ini perlu diperhatikan:

“Orang-orang yang dikabarkan berada di dalam jannah bukan berarti ia sudah berada di jannah, hal itu adalah sebagai kabar gembira bagi para sahabat dengan kesaksian Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, baik di dalam mimpinya maupun ketika mi’roj. Apabila penghuni surga sudah ada sebelum Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, berarti bertentangan dengan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Aku datang ke pintu jannah dan meminta supaya pintu itu dibuka. Penjaga jannah bertanya,”Siapakah engkau”? Aku berkata,”Muhammad.” Penjaga surga berkata lagi,”Aku diperintah untuk tidak membuka pintu ini bagi siapa saja sebelum engkau.”

Beberapa sahabat yang dikabarkan masuk jannah mereka masih hidup dan mustahil mereka ketika itu berada di dalam jannah. Al Kirmani berkata,” Seseorang tidak akan masuk surga kecuali setelah ia mati.” [lihat Syarh Shohih muslim]

Kesimpulan

1. Bahwasannya Rosululloh adala orang yang pertama kali masuk jannah dan tidak ada orang yang mendahuluinya.

2. Orang orang yang dikabarkan didalam jannah atau di neraka adalah wahyu sebagai kabar gembira atau peringatan.

3. Para syuhada akan diizinkan mengunjungi jannah, sebagai keutaman bagi mereka, namun mereka belum menikmati jannah dengan badannya.

Referensi:

  1. Syareh Aqidah Thohawiyah, Muhamad ibnu Abdil Izz, darul ‘alam alkutub, cet ketiga, 1418 H / 1997 M.
  2. Fathul Bary, ibnu hajar asqolani, jilid 2, darul kutub ilmiyah, cet pertama 1410 H / 1989 M.
  3. Surga dan neraka, Sulaiman Al asqor, serambi ilmu semesta, cet kesatu, 1421 H / 2000 M.
  4. Syarh Shohih Muslim, Imam Nawawi.
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

10 comments on “Hari ini Adakah Penghuni Surga dan Neraka?”

  1. jiman

    1.kenapa alloh menyiksa orang dineraka ?
    2.neraka katanya kekal gmn orang bisa keluar dari sana?
    3.dimana belas kasih dan alloh pangampunan alloh kalau masih mengganjar orang dineraka?
    4.dimana keadilan alloh jika dosa ditimbang dengan kebaikan ?
    5.kenapa alloh menuntut keadilan dengan cara seperti itu?

  2. Sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam
    قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: لَمَّا قَضَى اللَّهُ الْخَلْقَ كَتَبَ فِي كِتَابِهِ فَهُوَ عِنْدَهُ فَوْقَ الْعَرْشِ إِنَّ رَحْمَتِي غَلَبَتْ غَضَبِي

    (صحيح البخاري)

    “Ketika Allah SWT selesai membangun Alam semesta, maka Dia SWT mencantumkan diatas Arsy: Sungguh Kasih SayangKu melebihi KemurkaanKu” (Shahih Bukhari)

    Perlu diketahui, kasih sayang Allah subhanahu wata’ala sangat besar, namun Allah juga mempunyai sifat murka, sebagaimana Allah menciptakan surga maka Allah juga menciptakan neraka. Disiapkan sebagai bentuk pertanggung jawaban seseorang atas apa yang telah diperbuatnya di dunia.
    Seseorang yang dapat berfikir, tentunya mengetahui bahwa dunia ini meliputi takdir Allah dan kehendak manusia. Manusia tidak memiliki kehendak dalam penciptaan yang ia tidak mampui, semisal menciptakan tubuhnya sendiri. Namun, dia punya kehendak sempurna dalam hal tertentu seperti makan, minum, bergerak, bekerja, bermain, dsb. Maka dari itu, dia memikul tanggung jawab atas perbuatan-perbuatan yang dapat dilakukannya.
    Berkenaan dengan bagaimana Allah dapat mengeluarkan seorang dari neraka, padahal neraka itu kekal, maka hadits ini bisa menjawabnya.
    Hadits tentang keluarnya penghuni Neraka dengan syafa’at.
    Dibawakan oleh Hammad bin Zaid, ia berkata: Aku bertanya kepada Amr bin Dinar:
    “Apakah engkau mendengar Jabir bin Abdillah Radhiyallahu ‘anhu membawakan hadits dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwa beliau bersabda: (Sesungguhnya Allah mengeluarkan sekelompok orang dari Neraka dengan syafa’at)?”Amr bin Dinar menjawab,”Ya.” [HR Imam Bukhari dan Muslim]
    Allah ta’ala memiliki sifat Pengasih lagi Maha Penyayang. Dia selalu membukakan Rahmat dan pintu maaf pada makhlukNya. Lantas, bagaimana ketika Allah menyiapkan siksaan bagi mereka yang ingkar. Apakah Allah tidak sayang kepada makhluk-Nya. Apakah pada akhirnya makhluk diciptakan hanya untuk disiksa??tidak demikian. Hal itu karena kita ada untuk menjadi pemimpin di bumi ini, menggali setiap pengetahuan, setiap ilmu yang akhirnya mendekatkan kita kepada sang Khalik, sang Maha Pencipta, sehingga kita mampu Tunduk dan ikhlas dengan penuh kesadaran menerima indahnya Iman.
    Alangkah indah jika kita yakin dan tunduk dengan ikhlas tanpa embel-embel apapun didalamnya. Sebagaimana perkataan Umar bin Khatab (lafadznya kurang lebih seperti ini),”Ketika aku diperintahkan untuk beramal, maka aku lakukan amalan itu semampuku tanpa mengharap apapun dari Sang pemberi perintah. Ketika Dia berkehendak membalas amalanku, maka sudah pasti Dia akan membalasnya.”

  3. bima

    di atas pada bagian Orang2 yang akan masuk dalam surga :

    – Manusia pertama yang masuk surga adalah bapak umat manusia, Adam as dalilnya qs2;35, tetapi adam melanggar perintah Allah Ta’ala dengan memakan buah dari pohon yang telah dilarang, lalu Aloh mengirim adam dari surga ke dunia yang penuh penderitaan dan kekurangan.

    sedangkan menurut kesimpulan anda isinya:

    – Bahwasannya Rosululloh adala orang yang perttama kali masuk janah dan tidak ada orang yang mendahuluinya.

    untuk orang awam membacanya pasti bingung, bisa tolong diberi penjelasan lebih tentang 2 hal diatas?

  4. Anon

    Jawaban untuk sodara bima,
    Nabi Adam adalah manusia pertama yang masuk surga (sebelum diturunkan ke bumi). Sedangkan Nabi Muhammad adalah manusia pertama yang masuk Surga “Setelah Kiamat” nanti.

  5. Anon

    Jawaban untuk sodara bima,
    Nabi Adam manusia pertama yang masuk surga (sebelum diturunkan ke bumi).
    Nabi Muhammad manusia pertama yang masuk surga “setelah kiamat” nanti

  6. Suriawan

    Pertanyaan:
    1. Kenapa manusia dilahirkan dgn nasib yang berbeda?
    2. Manusia yg lahir di posisi kaya dan tampan lebih cenderung memiliki kesempatan besar untuk masuk surga daripada yg lahir di posisi melarat dan cacat, terus dimana letak keadilan Tuhan?
    3. Berarti saat ini miliaran manusia yg meninggal dari jaman dulu belum ada yg masuk surga dan neraka saat ini, terus yg disiksa di neraka itu siapa dan yg merasakan neraka itu siapa? Kok bisa mereka mendapatkan posisi seperti itu?
    4. Andai Iblis di neraka,lalu knp ada iblis di Bumi?
    5. Untuk apa diciptakan alam semesta ini termasuk akhirat? Pasti jawabannya hanya Tuhan yang tau pasti,,,

  7. rizkia

    assalamu’alaikum wr wb
    saya akan menjawab utk mas suriawan, saya akan menjawab berdasarkan apa yg sy pelajari dan yg sy tahu.
    1. allah menciptakan makhluknya sudah ada qada dan qadar nya, masalah rezeki itu sudah di atur, ALLAH menciptakan kita ada yg kaya dan ad yg miskin itu semua ada maksudnya, agar kehidupan kita berjalan, si kaya menolong si miskin, dan si miskin bsa bersabar dan bertawakal akan nasibnya sehingga dia mendptkan pahala. dan ingat kita di dunia ini hanya sementara, kekayaan atau kemiskinan itu adalah cobaan bagi kita.
    2. itu salah, kita di buat tampan jelek dan cantik itu juga sudah kodrat nya allah, begitu juga kaya dan miskin, kita sbg manusia harus bersyukur, di buat tampan alhamdulillah, jelek juga bersyukur, bagi org kaya dia bersedekah dgn hartanya dan menolong sesama, dan si miskin harus sabar dan bertawakal dan senantiasa beribadah kpd Allah Swt, dan ingat bung derajat kita di mata Allah itu tidak di liat dr kaya, miskin, tampan atau jelek, ttp dr amal sholeh dan pahala yg kita lakukan di dunia! org cacat bisa lebih berakhlak dari yg si kaya karna amalan nya, begitu juga sebaliknya.
    3.surga dan neraka itu ada, bagi yg amalan nya baik akan masuk surga, dan bagi yg buruk masuk neraka, ingat kita di dunia ini bukan sekedar bersenanh senang, tp kita beribadah, kita mengejar akhirat sembari mengerjakan kegiatan utk dunia, ttp dunia tidaklah sepenting akhirat, karna di dunia ini hanya sebentar, dunia ini merupakan ladang kita utk mencari pahala dan berbuat kebaikan, sehingga kita bsa masuk surga Nya. dan bagi org tidak percaya dan tidak melakukan akan perintah dan larangan Allah akan mendapat balasan neraka, hidup kita harus banyak bersyukur atas nikmat Nya. umat umat terdahulu yg mengikuti ajaran nabi dan rasul yg di utus Allah tentu bakal masuk orang orang yg beriman dan di kehendaki surga Nya, insyaallah wallaualam.
    4. masalah tentang iblis lihat awal mula nabi Adam as. iblis di bumi ada, dia di kehendaki utk menggoda umat agar tersesat di jalan yg lurus, bagi yg beriman beruntunglah, sesungguhnya balasan atas iblis itu nerakah yg pedih di akhirat nanti.
    5. Allah menciptakan dunia dan seisinya bukan tanpa tujuan, semua ada hikmahnya, bumi di ciptakan agar manusia bisa hidup satu sama lain dan berbuat kebaikan, mengikuti perintahnya, mengerjakan amalan soleh, dan percaya akan islam, sehingga manusia bsa belajar dan hidup, mengejar rezeki dan pahala, karna ilmu pengetahuan sejalan dgn islam, bahkan di alquran ada penjelasan tentang alam semesta, bung bsa belajar sendiri.
    jadi kesimpulannya pertanyaan bung itu didasarkan atas ketidaktahuan tentang agama islam, dan kurang keyakinannya, sungguh Allah maha penerima taubat, sungguh merugi kita kalau tidak mau belajar tp sudah menyalahkan sesuatu yg belum kita ketahui, moga bung bsa terbuka pikirannya utk mau lebih tau dan belajar, alhamdulillah. kebenaran hanya milik Allah.

  8. Qbc

    Jadi jawabannya sbenernya ada atau tidak penghuni neraka dan syurga sebelum hari kiamat? Knp harus berbelit2, cukup dijawab kalo ya, ada, penjelasannya apa, kalo tidak ada, penjelasannya juga apa, kok isinya terkesan berbelit2

  9. jawabannya tidak ada.. apa yg di kabarkan rasulullah itu adalah pngetahuan yg di berikan allah tentang masa depan , siapa2 sja yg ada di dalam surga dan siapa2 sja yg ada di dalam neraka, rasulullah sudah melihat rekaman masa depan surga ataupun neraka. semua manusia ada di alam kubur

  10. Noor Adzahar Bin Chik

    Sangat setuju dengan QBC, walaubagaimana tinggi pun ilmu pengetahuan, rujukan, kitab atau sumber,( Adab dan etika menyampaikan ilmu kena mudah, ringkas Dan jelas.( simple question!! Jawab dahulu YES or NO… selepas itu baharu bagi Penerangan NYE… bengong betul.. Ramai orang confius bukan semua orang panda Dan Bijak.,” pening Dan Sakit kepala cari jawapan tak jumpa..,

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Info Event

Hadirilah Bedah Buku Mengenal dan Mewaspadai Penyimpangan Syiah

KIBLAT.NET – Dalam rangka untuk memberikan ilmu pengetahuan secara benar dan aktual tentang siapa syiah...

Senin, 13/01/2014 14:28 0

Afrika

Senator Nigeria Tertembak Dalam Demonstrasi Anti Presiden

KIBLAT.NET, Port Harcourt – Seorang anggota parlemen Nigeria ditembak dalam sebuah demonstrasi menentang Presiden Goodluck...

Senin, 13/01/2014 14:08 0

Palestina

Menlu Hamas Desak Hentikan Blokade Kamp Pengungsi Yarmouk

KIBLAT.NET, Gaza – Kepala Departemen Pengungsi Kementerian Luar Negeri Gaza, Youssef al-Modallal mendesak masyarakat internasional...

Senin, 13/01/2014 13:50 0

Analisis

Problem Akut Penindakan “Terorisme” di Indonesia (Ada Dusta di Ciputat?)

Oleh; Harits Abu Ulya Pemerhati Kontra Terorisme & Direktur CIIA (The Community Of Ideological  Islamic...

Senin, 13/01/2014 13:39 0

Yaman

Serangan Bersenjata Tewaskan Empat Tentara di Tenggara Yaman

KIBLAT.NET, Hadramout – Serangan terbaru menargetkan pasukan bersenjata Yaman, Ahad (12/1/2014), kembali menewaskan empat tentara....

Senin, 13/01/2014 11:17 0

Afghanistan

Bom Syahid Hantam Rombongan Polisi di Kabul, 2 Tewas

KIBLAT.NET, Kabul – Setidaknya dua polisi tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam serangan Syahid yang...

Senin, 13/01/2014 10:20 0

Rohah

Kecil-kecil Cabe Rawit, Walaupun Masih Kecil Ilmunya Selangit

Suatu hari Amirul Mukminin, Umar bin Khatab Radhiyallahu ‘anhu bermajlis dengan sahabat-sahabat ahlu Badr. Tiba-tiba...

Senin, 13/01/2014 10:11 0

Suriah

Jabhah Nusrah Tewaskan 40 Pasukan Rezim di Timur Aleppo

KIBLAT.NET, Aleppo – Sebuah serangan mematikan kembali dilancarkan mujahidin Jabhah Nusrah di kota Aleppo pada...

Senin, 13/01/2014 09:15 0

Irak

Jet Tempur Irak Gempur Rumah Pemuka Suku di Ramadi, 3 Sipil Tewas

KIBLAT.NET, Anbar – Setidaknya tiga warga sipil tewas dan lebih dari tujuh lainnya luka-luka dalam...

Senin, 13/01/2014 08:33 0

Close