Pejuang Terlibat Pertempuran Sengit di Dekat Falujah, Irak

KIBLAT.NET, Anbar – Pertempuran sengit berlangsung sejak Kamis pagi (9/1/2013) antara pasukan pemerintah Perdana Menteri Syiah Nuri Al Maliki dan mujahidin loyalis Al Qaidah di daerah Albopale yang terletak antara kota Falujah dan Ramadi, provinsi Anbar.

“Kekuatan besar menyerang basis-basis Al Qaidah di daerah Albopale yang merupakan wilayah kubu pejuang Al Qaidah. Pertempuran yang berlangsung sejak pagi hari itu berlangsung sengit dan melibatkan tank-tank militer pemerintah” kata sebuah sumber seperti dilansir harian online Mobashernews.net.

Belum diketahui berkembangan lebih lanjut dari pertempuran yang terjadi sehari setelah pasukan pemerintah memperkuat pasukannya di sekitar Falujah tersebut.

Daerah Albopale terletak antara kota Falujah (60 km barat Baghdad) dan kota Ramadi (100 km barat Baghdad). Daerah itu merupakan daerah tandus dan dikelilingi kebun-kebun. Sebelum mujahidin Al Qaidah menarik diri dari provinsi Anbar pada 2007 silam, daerah tersebut merupakan daerah terakhir yang berhasil dipertahankan mujahidin.

Seperti diketahui, pemerintah Irak Sabtu lalu (4/1/2014) secara penuh kelihangan kontrol kota Falujah. Mujahidin Daulah Islamiyah Irak dan Syam (ISIS) bersatu bersama pemuda suku di kota tersebut membersihkan Falujah dari pasukan pemerintah.

Beberapa hari kemudian, pemerintah Irak mengerahkan pasukannya besar-besaran ke sekitar kota Sunni tersebut. Dengan penuh kepercayaan diri, Perdana Menteri Irak, Nuri Al Maliki, yakin pasukannya itu dapat mengusir pejuang dari Falujah. [hunef]

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat