Berikut Tuntutan Pelajar Muslim Bali kepada Kepala Sekolah SMAN 2 Denpasar

KIBLAT.NET, Denpasar – Atas perlakuan diskriminatif Kepala Sekolah SMAN2 Denpasar yang melarang siswi muslimah mengenakan jilbab di kawasan sekolah, maka Tim Advokasi Pelajar Muslim Bali kepada Kiblat.net, menyatakan tuntutannya kepada pihak sekolah.

Berikut ini Tuntutan Hak dan Keadilan Siswi Muslimah di SMAN 2 Denpasar, berdasarkan pertimbangan hukum sebagaimana diberitakan sebelumnya, bahwa:

1) Larangan penggunaan jilbab/seragam muslimah bagi murid/siswi beragama Islam secara lisan maupun kebijakan tertulis dan tidak tertulis oleh Kepala Sekolah merupakan pelanggaran terhadap hak murid/siswa dalam menuntut ilmu dan menjalankan kewajiban agamanya serta bertentangan dengan Undang-undang Dasar 1945 dan Undang-undang lainnya yang berkaitan sebagaimana disebut di atas.

2) Peraturan Tata Tertib Siswa SMA Negeri 2 Denpasar (Nomor: 421/959/SMAN.2. Tanggal 14 Juni 2012) PERIHAL PAKAIAN DAN BERHIAS tidak berlaku bagi murid/siswi muslim, setiap murid/siswi muslim berhak menjalankan kewajiban agamanya menggunakan jilbab/seragam muslim di sekolahnya dan haknya menuntut pendidikan di sekolah manapun (Negeri/Swasta) dan pada jenjang pendidikan apapun. Untuk itu pihak sekolah wajib memfasilitasi atau membebaskan siswi muslim menggunakan seragam muslimahnya dalam Kegiatan Belajar Mengajar dan pada setiap aktivitas di sekolah.

3) Setiap murid/siswa muslim berhak melakukan aktivitas kerohanian di lingkungan sekolah dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaannya kepada Tuhan Yang Maha Esa serta akhlak mulia sebagaimana dijamin oleh UUD 1945 Pasal 31 selama tidak mengganggu aktivitas Kegiatan Belajar Mengajar.

4) Kepala Sekolah akan dituntut ke Pengadilan berdasar peraturan perundangan-undangan yang berlaku jika masih melarang murid/siswi muslim menjalankan kewajiban agamanya dan kewajibannya menuntut ilmu di SMA Negeri 2 Denpasar, baik larangan secara lisan, penggunaan kebijakan dan atau aturan tak tertulis lainnya, serta sikap-sikap psy war dan diskriminatif yang bermaksud melemahkan mental dan atau psikologis murid/siswi serta membuat murid/siswi merasa terasing karena menggunakan jilbab/seragam muslimahnya. [sdqfajar]

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat